#explorebima Photo today by  taken at Sambu Hill 
Wawo

#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima – Temukan Pesona Alam yang Menakjubkan di Bima!

Bima, sebuah kota di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Dengan panorama pegunungan, pantai berpasir putih, dan kehidupan bahari yang kaya, Bima adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan liburan yang menyenangkan. Jika Anda mencari destinasi wisata yang tidak biasa dan jauh dari keramaian, Bima adalah pilihan yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda mengenal lebih dekat tempat-tempat wisata di Bima yang harus Anda kunjungi.

Daftar Isi

1. Bukit Sambu

Bukit Sambu adalah surganya para pecinta hiking dan fotografi. Terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bima, Bukit Sambu menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit. Bersiaplah untuk mendaki sekitar 2 jam sebelum mencapai puncak bukit, tetapi usaha Anda akan terbayar dengan pemandangan yang spektakuler. Di puncak bukit, Anda dapat menyaksikan matahari terbit atau terbenam yang menakjubkan dan mengambil foto-foto yang indah. Selain itu, Bukit Sambu juga merupakan tempat yang sempurna untuk camping dan menikmati alam yang tenang.

2. Pantai Waworada

Jika Anda menginginkan pantai yang tenang dan alami, Pantai Waworada adalah tempat yang tepat. Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bima, pantai ini menawarkan pasir putih yang halus, air jernih, dan pemandangan yang menakjubkan. Pantai ini juga populer untuk aktivitas snorkeling dan diving karena kehidupan bawah laut yang kaya. Anda dapat menyewa peralatan snorkeling atau menyelam di sekitar pantai ini dan mengeksplorasi keindahan bawah lautnya. Bagi pecinta fotografi, Pantai Waworada menyediakan lanskap yang indah dan beragam untuk diabadikan.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya di Bima

3. Air Terjun Puncak Lamba

Untuk pengalaman berlibur yang lebih sejuk dan menyegarkan, kunjungi Air Terjun Puncak Lamba. Terletak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Bima, air terjun ini menawarkan suasana yang alami dan tenang. Air terjun berderas yang jatuh dari atas tebing memberikan pemandangan yang spektakuler. Anda juga dapat berenang di kolam di bawah air terjun yang menyegarkan. Untuk mencapai Air Terjun Puncak Lamba, Anda harus melakukan perjalanan melalui hutan dan track yang menantang. Namun, ketika Anda mencapai tujuan, semua usaha tersebut pasti akan terbayar.

4. Danau Rano

Danau Rano, juga dikenal sebagai Danau di Atas Awan, adalah tempat yang magis di Bima. Terletak di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut, Anda dapat menyaksikan kabut tebal yang menyelimuti danau ini, menciptakan pemandangan yang dramatis dan mempesona. Untuk mencapai Danau Rano, Anda harus melakukan perjalanan melewati jalur yang curam dan berliku-liku. Namun, perjalanan ini pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Anda dapat menyewa perahu dan menjelajahi danau ini, atau hanya duduk dan menikmati keindahannya.

5. Pantai Mananga Aba

Pantai Mananga Aba adalah pantai yang indah dengan pasir putih yang halus dan air jernih. Terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bima, pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang tenang. Anda dapat berenang di air yang jernih dan menyegarkan, berjemur di bawah sinar matahari, atau hanya duduk dan menikmati keindahan alam. Pantai Mananga Aba juga merupakan rumah bagi penyu hijau yang dilindungi, sehingga Anda mungkin akan melihat penyu saat berkunjung ke pantai ini.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan) :

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Menikmati Keindahan Alam dan Budaya di Bima, NTB

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat mencapai Bima dengan pesawat terbang ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau menggunakan kapal feri dari pelabuhan lain di Indonesia.

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah antara bulan Maret hingga November ketika cuaca cukup cerah dan ramah.

Q: Apa saja makanan khas Bima yang harus dicoba?
A: Beberapa makanan khas Bima yang harus dicoba adalah Sate Bima, Ayam Taliwang, dan Ikan Bakar.

Q: Apakah ada akomodasi di sekitar tempat-tempat wisata di Bima?
A: Ya, ada beberapa akomodasi di sekitar tempat-tempat wisata di Bima. Anda dapat memilih dari hotel-hotel yang beragam, villa, atau penginapan budget sesuai dengan preferensi Anda.

Q: Apakah ada transportasi umum di Bima?
A: Ya, ada transportasi umum seperti angkot dan ojek yang dapat Anda gunakan untuk berkeliling di sekitar Bima. Namun, untuk tempat-tempat wisata yang lebih terpencil, disarankan untuk menyewa kendaraan pribadi atau menggunakan jasa tur lokal.

Conclusion (Kesimpulan) :

Bima adalah destinasi wisata yang menarik dengan kekayaan alam yang luar biasa. Dari bukit hingga pantai, air terjun hingga danau, Bima menawarkan berbagai tempat wisata yang dapat memenuhi berbagai minat dan selera. Jadi, jika Anda mencari liburan yang berbeda dan ingin menjelajahi keindahan alam yang belum terjamah, jangan lewatkan Bima dari daftar perjalanan Anda. Yuk, jelajahi tempat wisata Bima dan temukan pesona alam yang menakjubkan!