#explorebima Photo today by  taken at Sambu Hill Wawo

#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima – Temukan Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan di Kota Bima

Wisata Bima merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk dieksplorasi di Indonesia. Kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini menawarkan keindahan alam yang memukau, budaya yang kaya, dan sejarah yang menarik. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Bima, Artikel ini akan memberikan informasi tentang beberapa tempat wisata yang harus Anda kunjungi, serta informasi tambahan yang berguna untuk perjalanan Anda.


![Jelajah Wisata Bima](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2020/10/1601926524_636_Jelajah-Wisata-Bima-Yuk-jelajah-tempat-wisata-Bima-ini.jpg)

Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! – Photo today by @almuarif_ taken at Sambu Hill Wawo

#exploreindonesia

## 1. Gunung Tambora
![Gunung Tambora](https://www.travelspromo.com/wp-content/uploads/2017/12/gununung-tambora-my-fotocopy.jpg)

Gunung Tambora merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bima. Gunung ini dikenal karena letusan dahsyatnya pada tahun 1815 yang menghasilkan letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah. Saat ini, Gunung Tambora menjadi tempat yang populer untuk pendakian. Anda dapat menikmati pemandangan yang spektakuler dari puncak gunung dan menikmati keindahan alam sekitar.

## 2. Pantai Wera
![Pantai Wera](https://i2.wp.com/liburdulu.com/wp-content/uploads/2019/07/pantai-wera-1.jpg)

Pantai Wera merupakan pantai yang indah dan tenang di Bima. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat bersantai di tepi pantai, berenang, atau menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Pantai Wera juga merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati aktivitas air seperti snorkeling atau diving.

## 3. Danau Satonda
![Danau Satonda](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2020/05/danau-satonda-1170×701.jpg)

Danau Satonda adalah sebuah danau kawah yang terletak di tengah pulau Satonda. Danau ini dikenal karena keunikan danau air asinnya yang tidak biasa. Konon, danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Tambora yang menghasilkan tsunami yang memasukkan air laut ke dalam kaldera gunung. Danau Satonda juga dipercaya memiliki kekuatan magis dan dianggap suci oleh penduduk setempat. Anda dapat mengunjungi danau ini dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

BACA JUGA :  8 Tempat Wisata Terbaik di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat | Yuk Jelajahi Bima!

## 4. Desa Penyaring Air Cimantorop
![Desa Penyaring Air Cimantorop](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2019/09/desa-cimantorop.jpg)

Desa Penyaring Air Cimantorop adalah sebuah desa tradisional di Bima. Desa ini terkenal karena kegiatan menyaring air tradisional yang dilakukan oleh penduduknya. Mereka menggunakan bambu dan tanah liat untuk menyaring air melalui sumur-sumur yang ada di desa. Selain itu, Anda juga dapat melihat kehidupan sehari-hari penduduk desa dan belajar tentang budaya mereka.

## 5. Air Terjun Air Pegasus
![Air Terjun Air Pegasus](https://i0.wp.com/liburdulu.com/wp-content/uploads/2019/12/air-terjun-air-pegasus-di-sikka-mapu-sikka.jpg)

Air Terjun Air Pegasus adalah sebuah air terjun yang memukau yang terletak di Desa Sikka Mapu Sikka. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini, berenang di kolamnya yang segar, atau berjalan-jalan di sekitar hutan sekitarnya.

## 6. Pulau Sangeang
![Pulau Sangeang](https://www.guidebali.com/wp-content/uploads/2018/09/PULAU-SANGEANG-1-1.jpg)

Untuk penggemar diving, Pulau Sangeang adalah tempat yang harus Anda kunjungi di Bima. Pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Anda dapat menemukan berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang indah. Selain itu, di Pulau Sangeang juga terdapat beberapa spot diving yang menarik seperti “Hot Rock” yang merupakan tempat penyelaman dengan gelembung air panas bumi.

## 7. Desa Bala Meo
![Desa Bala Meo](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2020/09/balameo.jpg)

Desa Bala Meo adalah sebuah desa adat yang terletak di kaki Gunung Tambora. Desa ini terkenal dengan kebudayaan dan tradisi suku Bima yang masih terjaga. Anda dapat mengunjungi desa ini dan melihat rumah tradisional, tarian tradisional, serta mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat suku Bima. Desa Bala Meo juga merupakan pintu gerbang menuju pendakian Gunung Tambora.

## FAQ
**Q: Bagaimana cara menuju Bima?**
A: Anda dapat mencapai Bima dengan penerbangan langsung dari beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Surabaya, atau Makassar. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan transportasi darat seperti bus atau kereta api menuju Bima.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan alam dan Budaya Unik di Bima - Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi!

**Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?**
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah selama musim kemarau antara bulan Mei hingga September. Selama periode ini, cuaca cenderung cerah dan kering, sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati wisata outdoor dengan nyaman.

**Q: Apakah ada akomodasi di Bima?**
A: Ya, ada berbagai pilihan akomodasi di Bima mulai dari hotel bintang 5 hingga penginapan budget. Anda dapat memilih akomodasi sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

**Q: Apakah ada restoran atau warung makan di Bima?**
A: Ya, di Bima terdapat banyak restoran dan warung makan yang menawarkan berbagai masakan lokal dan internasional. Anda dapat mencoba masakan khas Bima seperti Sate Tambora dan Ayam Taliwang.

**Q: Bisakah saya menyewa mobil di Bima?**
A: Ya, Anda dapat menyewa mobil di Bima untuk memudahkan perjalanan Anda. Beberapa perusahaan sewa mobil di Bima menyediakan layanan sewa mobil dengan sopir atau tanpa sopir.

## Kesimpulan
Bima adalah destinasi wisata yang menarik untuk dieksplorasi di Indonesia. Kota ini menawarkan keindahan alam yang spektakuler, budaya yang kaya, dan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan berbagai tempat wisata menarik seperti Gunung Tambora, Pantai Wera, dan Danau Satonda, Anda akan memiliki pengalaman liburan yang luar biasa di Bima. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan perjalanan Anda ke Bima dan nikmati pesona indahnya.