#explorebima Photo today by  taken at So Dau Beach  Lambu
#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima: Pantai, Danau, Taman Nasional, dan Desa Tradisional

Bima adalah salah satu kota di Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang terletak di pulau Sumbawa ini menawarkan berbagai tempat wisata yang memikat, mulai dari pantai-pantai yang indah hingga wisata sejarah yang menarik. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Bima, berikut adalah daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi.

1. Pantai So Dau Beach
So Dau Beach adalah salah satu pantai terpopuler di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang memberikan pemandangan yang indah. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di pantai ini, seperti berenang, snorkeling, atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar.

2. Danau Tambora
Danau Tambora adalah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Danau ini memiliki air yang hijau kebiruan yang indah. Anda dapat menjelajahi danau dengan perahu atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, Anda juga dapat berkemah di area sekitar danau untuk menghabiskan malam yang menyenangkan.

3. Taman Nasional Gunung Tambora
Taman Nasional Gunung Tambora adalah salah satu tempat wisata alam yang menarik. Di taman nasional ini, Anda dapat melakukan pendakian ke puncak Gunung Tambora yang memiliki ketinggian sekitar 2.850 meter. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi hutan-hutan yang indah dan melihat berbagai spesies flora dan fauna yang langka.

4. Pantai Wasabara
Pantai Wasabara adalah pantai yang terletak di desa Wadu. Pantai ini merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Anda dapat bermain pasir, berjemur di bawah sinar matahari, atau sekadar menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan. Pantai Wasabara juga sering digunakan sebagai tempat pemancingan oleh penduduk setempat.

BACA JUGA :  Jelajah Tempat Wisata Menarik di Bima - Air Terjun, Pantai, dan Danau Unik!

5. Pulau Kenawa
Pulau Kenawa adalah sebuah pulau yang terletak di selat Alas, sekitar 15 menit perjalanan dari Pelabuhan Sape. Pulau ini terkenal dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di pulau ini, Anda dapat snorkeling, berenang, atau sekadar bersantai di bawah rindangnya pohon-pohon kelapa.

6. Desa Adat Wera
Desa Adat Wera adalah desa tradisional yang terletak sekitar 27 km dari kota Bima. Desa ini dikenal dengan warisan budayanya yang kaya, terutama dalam pembuatan kerajinan tenun ikat. Anda dapat mengunjungi desa ini untuk melihat proses pembuatan kerajinan tangan secara langsung dan membeli beberapa hasil kerajinan tradisional sebagai oleh-oleh.

7. Pantai Liang Ndara
Pantai Liang Ndara adalah pantai yang tersembunyi di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Tempat ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga Anda dapat menikmati pantai dengan tenang dan sepi. Jika Anda ingin merasakan ketenangan dan keindahan alam yang alami, Pantai Liang Ndara adalah tempat yang tepat.

8. Desa Sambori
Desa Sambori adalah desa tradisional yang terletak di lereng Gunung Tambora. Di desa ini, Anda dapat melihat rumah adat Sambori yang unik dan mengenal budaya serta kehidupan masyarakat lokal. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi alam sekitar desa yang indah, seperti perkebunan kopi dan cokelat.

FAQ:

Q: Apa yang membuat Bima menarik untuk dikunjungi?
A: Bima menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik, mulai dari pantai-pantai yang indah hingga wisata sejarah dan budaya yang kaya.

Q: Apa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai So Dau Beach?
A: Di Pantai So Dau Beach, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Terbaik di Bima: Pantai Tambora, Danau Satonda, dan Air Terjun Matayangu

Q: Apa yang membuat Danau Tambora unik?
A: Danau Tambora terbentuk dari letusan Gunung Tambora pada tahun 1815, sehingga memiliki latar belakang sejarah yang menarik.

Q: Bagaimana cara menuju Pulau Kenawa?
A: Anda dapat menuju Pulau Kenawa dengan perjalanan menggunakan perahu dari Pelabuhan Sape, yang memakan waktu sekitar 15 menit.

Q: Apa yang membuat Pantai Liang Ndara menarik?
A: Pantai Liang Ndara terletak di lokasi yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga Anda dapat menikmati pantai dengan tenang dan sepi.

Conclusion:

Bima adalah kota yang menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari pantai-pantai indah hingga wisata sejarah dan budaya yang kaya, Anda akan menemukan berbagai pengalaman seru di kota ini. Jadi, kapan lagi Anda akan menjelajahi pesona wisata Bima? Yuk, atur rencana liburan Anda dan nikmati keindahan alam serta budaya yang ditawarkan oleh kota ini.