#explorebima Photo today by  taken at Songgela Village

#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima: Destinasi Wisata Menarik dan Tips Perjalanan

Liburdulu.com adalah situs yang menyediakan informasi dan inspirasi seputar berbagai destinasi wisata di Indonesia. Salah satu destinasinya adalah Bima, sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kota ini menawarkan beragam tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Artikel ini akan mengenalkan beberapa tempat wisata di Bima yang wajib dikunjungi serta memberikan informasi penting terkait perjalanan Anda ke sana.

## Destinasi Wisata di Bima

### Pantai Ikun

Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Bima adalah Pantai Ikun. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Selain berenang dan berjemur di pantai, Anda juga bisa memancing, snorkeling, atau menyelam di kawasan ini. Tidak ketinggalan, Anda juga dapat menikmati indahnya sunset di Pantai Ikun.

### Pulau Kenawa

Pulau Kenawa adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Saleh, sekitar 30 menit perjalanan dengan perahu dari Bima. Pulau ini merupakan destinasi populer bagi pecinta snorkeling dan diving, karena memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Anda dapat melihat berbagai jenis terumbu karang, ikan-ikan berwarna-warni, dan penyu laut di sekitar pulau ini. Selain itu, pulau ini juga merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam yang masih alami.

### Danauyangu

Danauyangu adalah danau alami yang terletak di Desa Roro, sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Bima. Danau ini memiliki air yang jernih dan tenang, serta dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang indah. Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit atau bersepeda keliling danau. Selain itu, Anda juga dapat berkemah di sekitar danau dan menikmati malam yang tenang di tengah alam.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Rimpu, Budaya dalam Dimensi Busana Masyarakat Bima

### Desa Songgela

Desa Songgela adalah sebuah desa tradisional di Bima yang menawarkan pengalaman budaya yang unik. Di desa ini, Anda dapat melihat rumah-rumah adat yang masih terjaga dengan baik, serta melihat langsung kehidupan masyarakat lokal. Jangan lewatkan pula kesempatan untuk mencicipi masakan khas Bima yang lezat, seperti pelecing kangkung dan sate pusut. Desa Songgela juga terkenal dengan kerajinan tangan seperti anyaman bambu dan kerajinan logam.

## Tips Perjalanan ke Bima

– Cuaca di Bima cenderung panas, jadi pastikan Anda membawa pakaian yang nyaman dan perlengkapan pelindung seperti topi, kacamata hitam, dan sunscreen.
– Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum selama di Bima, Anda dapat menggunakan ojek atau angkot untuk berpindah antar destinasi. Namun, jika Anda lebih nyaman dengan kendaraan pribadi, Anda dapat menyewa mobil atau motor di Bima.
– Pastikan Anda membawa uang tunai secukupnya, karena tidak semua tempat di Bima menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit.
– Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Kenawa, pastikan untuk membawa peralatan snorkeling atau diving sendiri. Meskipun ada penyedia peralatan di pulau ini, namun ketersediaannya terbatas.

## FAQ

### 1. Bagaimana cara mencapai Bima?

– Bima memiliki Bandara Sultan Muhammad Salahudin yang melayani penerbangan dari beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Anda juga dapat mencapai Bima dengan menggunakan transportasi darat, seperti bus atau mobil pribadi.

### 2. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?

– Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan Mei hingga September, ketika cuaca sedang cerah dan tidak terlalu panas. Namun, jika Anda ingin menghindari keramaian, Anda dapat mengunjunginya pada bulan-bulan di luar musim liburan.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima - Pesona Alam, Budaya Kaya, dan Tempat Bersejarah yang Menarik!

### 3. Apakah ada akomodasi di sekitar tempat wisata di Bima?

– Ya, di sekitar tempat wisata di Bima terdapat berbagai jenis akomodasi, mulai dari penginapan sederhana hingga hotel berbintang. Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

## Kesimpulan

Bima adalah destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi di Indonesia. Pantai-pantai yang indah, pulau-pulau eksotis, dan kehidupan masyarakat yang masih menjaga tradisi menjadi daya tarik utama kota ini. Dengan mengikuti tips perjalanan yang telah disebutkan, Anda akan dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan berkesan di Bima. Jangan lupa untuk mencoba masakan khas Bima dan membawa oleh-oleh unik dari desa-desa di sekitarnya. Selamat menjelajah Bima!