#explorebima Photo today by  taken at Tanjung Mariam Beach Sape
#exploreindonesi...

Jelajah Wisata Bima – Nikmati Keindahan Alam dan Budaya yang Kaya di Kota Bima

Bima, sebuah kota kecil yang terletak di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menawarkan sejumlah tempat wisata yang menarik bagi para pengunjung. Dari pantai yang indah hingga budaya yang kaya, ada banyak hal yang dapat dinikmati ketika menjelajah tempat wisata Bima. Inilah mengapa banyak orang terpikat untuk mengunjungi kota ini. Sebagai panduan untuk perjalanan Anda, berikut adalah beberapa tempat wisata yang layak dikunjungi di Bima.

1. Pantai Tanjung Mariam
Pantai Tanjung Mariam terletak di desa Sape, sekitar 15 km dari pusat kota Bima. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan menikmati kegiatan seperti berenang, berjemur, atau hanya duduk santai menikmati pemandangan pantai yang indah. Anda juga dapat menyaksikan sentuhan budaya lokal, seperti melihat para nelayan lokal melakukan kegiatan sehari-hari mereka.

2. Air Terjun Tabok Selong
Air Terjun Tabok Selong terletak di desa Tabok Selong, sekitar 25 km dari pusat kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan menjadi tempat yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melewati perjalanan pendakian yang menantang, namun pemandangan yang spektakuler di sepanjang jalan membuat perjalanan ini sepadan. Nikmati keindahan air terjun yang menyejukkan dan sempurnakan perjalanan Anda dengan piknik di sekitar area air terjun.

3. Danau Woha
Danau Woha terletak di desa Sangiang, sekitar 30 km dari pusat kota Bima. Danau ini adalah salah satu danau terbesar di pulau Sumbawa. Keindahan danau yang mengagumkan dengan air biru yang jernih dan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai. Anda dapat menyewa perahu untuk menjelajahi danau, atau jika Anda suka berenang, Anda dapat menikmati segarnya air danau yang sejuk. Jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam yang indah di Danau Woha.

BACA JUGA :  Wisata Bima - Jelajahi Destinasi Wisata Terpopuler di Bima

4. Pulau Kanawa
Pulau Kanawa terletak di sebelah barat Lombok, tetapi masih tergolong dalam wilayah Kabupaten Bima. Pulau ini adalah tujuan wisata yang populer di kawasan ini karena keindahan alamnya yang luar biasa. Pulau ini terkenal dengan pantainya yang indah, terumbu karang yang memikat, dan kehidupan bawah laut yang kaya. Anda dapat melakukan snorkeling atau menyelam untuk menjelajahi keindahan bawah lautnya, atau hanya menikmati pantai dan berjemur di bawah sinar matahari yang hangat.

5. Kampong Kolo
Kampong Kolo adalah sebuah kampung tradisional di kota Bima yang menawarkan pengunjung pengalaman yang unik tentang budaya dan kehidupan masyarakat setempat. Di sini, Anda dapat melihat rumah-rumah tradisional yang masih dihuni oleh penduduk asli, dihiasi dengan ornamen khas Bima. Juga tersedia pertunjukan musik tradisional dan tari-tarian khas Bima yang dapat Anda nikmati. Jelajahi jalanan sempit dan jalan-jalan kampung yang menarik sambil merasakan atmosfir yang autentik dari kampung ini.

FAQ

1. Bagaimana cara mencapai Bima?
Anda dapat mencapai Bima dengan pesawat terbang dari Jakarta atau Denpasar ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin yang terletak di Kota Bima. Alternatif lain adalah dengan kapal feri dari pelabuhan Padang Bai di Bali ke pelabuhan Sape di Bima.

2. Apa yang menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah dari bulan Mei hingga September ketika cuaca cukup cerah dan tidak terlalu panas. Bulan-bulan ini juga memiliki sedikit curah hujan, sehingga Anda dapat menikmati kegiatan di luar ruangan dengan nyaman.

3. Apakah tersedia hotel atau penginapan di Bima?
Ya, di Bima terdapat berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan budaya yang lebih tradisional. Anda dapat memilih sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.

BACA JUGA :  Eksplorasi Menakjubkan di Taman Nasional Gunung Tambora Bima

4. Apa yang menjadi makanan khas di Bima?
Makanan khas di Bima antara lain adalah Sate Bulayak, yaitu sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibungkus dengan daun kelapa dan dimasak dengan bumbu khas Bima. Ada juga Sayur Aci yang terbuat dari bahan dasar singkong yang dimasak dengan santan dan berbagai bumbu khas Bima.

Conclusion

Bima, Nusa Tenggara Barat, menawarkan sejumlah destinasi wisata yang menarik bagi pengunjung yang mencari pengalaman baru dan tantangan petualangan. Dari pantai yang indah hingga pemandangan alam yang spektakuler, Bima menawarkan keindahan alam dan budaya yang kaya. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Pantai Tanjung Mariam, Air Terjun Tabok Selong, Danau Woha, Pulau Kanawa, dan Kampong Kolo, Anda dapat menikmati keindahan alam dan merasakan kehidupan masyarakat setempat yang autentik.