#explorebima Photo today by  taken at Tanjung Mariam Lambu

#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima: Temukan Keindahan Alam dan Budaya Loka di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Jelajahi Wisata Bima: Temukan Keindahan Alam dan Budaya Loka

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alam dan budaya. Salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler adalah Bima. Terletak di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Bima menawarkan berbagai tempat wisata yang memukau dan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa tempat wisata populer di Bima, serta mengenal lebih dekat budaya dan tradisi yang unik di daerah ini. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Pantai Tanjung Mariam Lambu

Pantai Tanjung Mariam Lambu adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bima. Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bima, pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih.

Pantai Tanjung Mariam Lambu juga merupakan tempat yang sempurna untuk melakukan kegiatan snorkeling dan berenang. Keindahan bawah lautnya yang memukau menarik banyak wisatawan untuk menjelajahi kehidupan laut yang beragam di sekitar pantai.

2. Air Terjun Waihui

Jika kamu ingin menikmati keindahan alam yang lebih segar, kamu bisa mengunjungi Air Terjun Waihui. Terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bima, air terjun ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan air yang jatuh dari ketinggian sekitar 40 meter.

Air Terjun Waihui dikelilingi oleh hutan hijau yang rimbun, menciptakan suasana yang tenang dan damai. Kamu juga bisa berenang di kolam air terjun yang terbentuk di bawahnya dan menikmati suasana alam yang menyegarkan.

3. Danau Mawi

Danau Mawi adalah sebuah danau alami yang terletak di kaki Gunung Tambora, sekitar 80 kilometer dari pusat kota Bima. Danau ini dikenal dengan keindahan panorama alamnya yang menakjubkan.

BACA JUGA :  Wisata Bima: Menikmati Keindahan Alam dan Petualangan di Destinasi Tersembunyi

Di Danau Mawi, kamu bisa menikmati pemandangan yang spektakuler dengan air yang berkilauan dan dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Kamu juga bisa melakukan kegiatan memancing dan menjelajahi sekitar danau dengan perahu tradisional.

4. Kampung Adat Wawo Muda

Selain keindahan alamnya, Bima juga kaya akan budaya dan tradisi yang unik. Salah satu tempat yang memperkenalkan budaya dan tradisi Bima adalah Kampung Adat Wawo Muda.

Kampung Adat Wawo Muda adalah sebuah kampung tradisional yang terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Bima. Di kampung ini, kamu bisa melihat rumah-rumah tradisional dengan arsitektur khas Bima, serta mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Bima yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional.

5. Benteng Islamaga

Benteng Islamaga adalah sebuah benteng sejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Bima melawan penjajahan Belanda pada abad ke-19. Terletak di pusat kota Bima, benteng ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang harus kamu kunjungi saat berada di Bima.

Dari atas Benteng Islamaga, kamu bisa menikmati pemandangan indah Kota Bima dan melihat bentangan laut yang luas. Selain itu, di dalam benteng ini juga terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi tentang sejarah dan budaya Bima.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Bima dari Jakarta?
– Kamu bisa terbang langsung dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta ke Bandara Sultan Salahuddin, Bima dengan durasi penerbangan sekitar 2,5 jam. Alternatif lainnya adalah dengan naik bus atau kereta api ke Pelabuhan Merak, kemudian menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung menggunakan ferry. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan bus atau kereta menuju Bima.

2. Di mana tempat penginapan terbaik di Bima?
– Ada beberapa penginapan yang bisa kamu pilih di Bima, seperti hotel berbintang, villa, homestay, atau losmen. Beberapa pilihan yang populer adalah Hotel Santika Bima, Grand Wisata Hotel, dan Hotel Mutiara.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam yang Menakjubkan di Destinasi Wisata Bima!

3. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
– Cuaca di Bima cenderung kering sepanjang tahun, sehingga kamu bisa mengunjungi Bima kapan saja. Namun, jika kamu ingin mengunjungi air terjun atau danau, sebaiknya kunjungi pada musim hujan antara bulan November hingga April.

4. Apa kuliner khas Bima yang harus dicoba?
– Beberapa kuliner khas Bima yang harus dicoba adalah peyek kacang ijo, sate rembiga, dan sopi atau tuak Bima.

Conclusion:

Bima adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan budaya yang kaya. Mulai dari pantai yang memukau hingga danau yang indah, serta budaya dan tradisi yang unik, Bima memiliki segalanya untuk membuat perjalananmu menjadi tak terlupakan.

Jadi, ayo jelajahi Bima dan nikmati keindahan alam serta kekayaan budaya yang dimiliki oleh daerah ini!