#explorebima Photo today by  taken at Tanjung Mariam Sape

In frame 
#exploreind...

Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya di Bima, Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata yang eksotis di Indonesia, Bima adalah pilihan yang sempurna. Kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki keindahan alam yang memukau dan budaya yang kaya. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata terbaik di Bima yang harus Anda kunjungi.

1. Tanjung Mariam Sape

Tanjung Mariam Sape adalah pantai yang indah yang terletak sekitar 9 kilometer dari Kota Bima. Pantai ini menawarkan pemandangan yang spektakuler, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai ini. Yang menarik di Tanjung Mariam Sape adalah batu karang yang membentuk pulau-pulau kecil di tengah laut.

2. Danau Rana

Danau Rana adalah danau air tawar yang terletak di puncak Gunung Sangeangapi. Danau ini memiliki lanskap yang indah, dengan air yang bening dan pepohonan yang rimbun. Anda dapat melakukan trekking ke Danau Rana dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Selain itu, danau ini juga merupakan tempat yang populer bagi para pecinta burung, karena merupakan habitat alami bagi beberapa spesies yang langka.

3. Pantai Tambora

Pantai Tambora terletak di Kecamatan Sape, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Bima. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Anda dapat menikmati panorama pantai yang luas dan pasir putih yang bersih. Pantai Tambora juga populer bagi para peselancar karena ombaknya yang tinggi dan konsisten.

4. Gunung Tambora

Gunung Tambora adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Kecamatan Sanggar, sekitar 50 kilometer dari Kota Bima. Gunung ini terkenal karena meletusnya pada tahun 1815 yang mengakibatkan bencana alam global. Namun, sekarang Gunung Tambora menjadi destinasi pendakian yang populer. Pendakian ke puncak gunung ini akan memberikan pengalaman yang menakjubkan dengan pemandangan alam yang spektakuler.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata di Bima: Pantai Wera, Air Terjun Oi Lobo, Gua Ngelembong, dan Lebih!

5. Desa Adat Wawo Muda

Desa Adat Wawo Muda adalah desa tradisional yang terletak di Kecamatan Belo. Desa ini merupakan tempat tinggal suku Wawo Muda, suku asli Bima dengan budaya yang kuat dan unik. Anda dapat melihat rumah adat tradisional yang masih terjaga, menikmati tarian tradisional, dan mendengarkan cerita-cerita legenda suku Wawo Muda. Ini adalah kesempatan untuk memahami budaya dan sejarah Bima lebih dalam.

6. Pantai Wera

Pantai Wera terletak di Kecamatan Wera, sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bima. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang, berenang, atau sekadar bersantai di bawah pohon-pohon kelapa yang rindang. Pantai Wera juga terkenal dengan perahu tradisional Bajo yang dihiasi dengan warna-warni yang cerah.

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Bagaimana cara menuju Bima?
Anda dapat mencapai Bima melalui penerbangan ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin yang berada di Kota Bima. Bandara ini melayani penerbangan dari beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan transportasi darat dengan bus atau mobil pribadi.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada musim kemarau, antara bulan April hingga Oktober. Pada musim ini, cuaca cenderung kering dan cerah, sehingga lebih nyaman untuk menjelajahi tempat wisata. Namun, jangan lupa mempersiapkan perbekalan dan perlengkapan yang cukup, karena suhu di Bima bisa sangat panas.

3. Apakah ada akomodasi di Bima?
Ya, di Bima terdapat berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan sederhana. Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

BACA JUGA :  Menjelajah Wisata Bima: Pantai, Air Terjun, Gunung, dan Pulau yang Menakjubkan!

4. Apa lagi yang dapat dilakukan di Bima selain kunjungan wisata?
Selain menikmati keindahan alam dan budaya di Bima, Anda juga dapat mencoba masakan khas daerah ini seperti Ayam Tuturuga, Sate Tambora, dan Plecing Kangkung. Selain itu, Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Bima seperti kain tenun, kerajinan tangan dari bambu, atau madu.

5. Apakah ada taman nasional di Bima?
Ya, Bima memiliki Taman Nasional Gunung Tambora. Taman nasional ini merupakan habitat alami bagi berbagai spesies flora dan fauna yang langka. Anda dapat melakukan pendakian ke puncak Gunung Tambora atau menjelajahi trek-trek hiking di sekitar taman nasional ini.

Kesimpulan

Bima adalah destinasi wisata yang menarik dengan keindahan alam yang spektakuler dan budaya yang kaya. Mulai dari pantai-pantai indah seperti Tanjung Mariam Sape dan Pantai Tambora, hingga gunung berapi aktif Gunung Tambora dan desa adat tradisional Wawo Muda, Bima menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jadi, jika Anda mencari liburan yang berbeda di Indonesia, jangan lupakan Bima dalam daftar Anda.