#explorebima Photo today by  taken at Toro Maria Beach Sape
#exploreindonesia...

Jelajahi Wisata Bima: Pantai Toro Maria, Air Terjun Dua Warna, dan Danau Tambora!

Liburdulu.com – Destinasi wisata di Indonesia memang tak ada habisnya untuk dieksplorasi. Salah satu destinasi yang patut Anda kunjungi adalah Bima, sebuah kota di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Bima memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda jelajahi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata terpopuler di Bima yang patut Anda kunjungi.

1. Pantai Toro Maria
Pantai Toro Maria adalah surga yang tersembunyi di Bima. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berjemur di pantai atau melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman karena tidak ada penjual makanan di sekitar pantai ini.

2. Air Terjun Dua Warna
Air Terjun Dua Warna adalah destinasi wisata yang sempurna bagi pecinta alam. Air terjun ini terletak di Desa Moyo Hulu, sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bima. Nama “Dua Warna” berasal dari warna air terjun yang terbagi menjadi dua warna, yaitu hijau dan biru. Keindahan alam sekitar air terjun ini membuatnya menjadi tempat yang populer bagi para fotografer untuk mengabadikan momen indah.

3. Danau Tambora
Danau Tambora adalah danau kawah yang terletak di Gunung Tambora. Gunung ini terkenal dengan erupsi dahsyatnya pada tahun 1815 yang menyebabkan kerusakan yang luas. Saat ini, Gunung Tambora menjadi tempat wisata yang menarik karena keindahan danau kawahnya. Anda bisa melakukan trekking untuk mencapai danau ini dan menikmati pemandangan yang luar biasa dari atas kawah.

4. Pantai Keli
Pantai Keli adalah destinasi wisata lain yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Bima. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai atau berjemur sambil menikmati keindahan alam sekitar. Ada juga warung makan yang menyajikan hidangan seafood segar yang lezat di sekitar pantai ini.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima - Temukan Keindahan Alamnya yang Memukau! - Foto Hari Ini di Pantai Oi Fanda Ambalawi...

5. Desa Wisata Mekar Sari
Bagi Anda yang ingin merasakan suasana pedesaan Bima yang khas, jangan lewatkan untuk mengunjungi Desa Wisata Mekar Sari. Desa ini menawarkan pengalaman yang autentik dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Bima. Anda dapat melihat proses pembuatan kerajinan tangan tradisional, mencoba makanan khas Bima, dan berinteraksi dengan penduduk setempat yang ramah.

6. Pulau Satonda
Pulau Satonda adalah pulau yang terletak di Teluk Saleh, Bima. Pulau ini memiliki keunikan karena di tengahnya terdapat sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Api Tambora pada abad ke-19. Pulau ini juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa, sehingga cocok untuk aktivitas snorkeling atau diving. Anda juga bisa melakukan pendakian ke puncak pulau untuk menikmati pemandangan yang spektakuler.

7. Jembatan Legenda
Jembatan Legenda adalah salah satu ikon kota Bima. Jembatan ini memiliki cerita legenda yang menarik, yaitu tentang perjalanan seorang petapa dari Bali yang mencoba melompati pulau dan menciptakan jembatan dengan tongkatnya. Meskipun legenda ini tidak bisa dipercaya sepenuhnya, jembatan ini memiliki keindahan arsitektur yang unik dan menarik bagi para pengunjung.

FAQ

1. Apa yang menjadi makanan khas di Bima?
Di Bima, Anda dapat menikmati makanan khas seperti Ayam Taliwang, Sate Langgur, dan Sop Kambing Bima. Makanan-makanan ini memiliki rasa yang unik dan khas Bima.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan April hingga Juli, ketika cuaca cukup cerah dan tidak terlalu panas. Namun, hindari kunjungan saat musim hujan di bulan Desember hingga Februari karena banyak destinasi wisata yang sulit diakses.

3. Bagaimana cara mencapai Bima?
Anda bisa mencapai Bima dengan pesawat terbang dari beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, atau Denpasar. Selain itu, Anda juga dapat mencapai Bima dengan bus dari kota-kota lain di Pulau Sumbawa.

BACA JUGA :  Menjelajahi Keindahan Wisata Bima - Bima Bàngkit, Bima Kuat, Bima Berbenah

Kesimpulan

Bima adalah destinasi wisata yang indah dan menarik di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dengan tempat wisata yang beragam, mulai dari pantai-pantai yang eksotis hingga danau kawah yang spektakuler, Bima menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Bima dan menjelajahi keindahannya.