#explorebima Photo today by  taken at Uma Lengge Wawo 
Model : The Attraction of...

Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya Unik di Bima, Nusa Tenggara Barat

Bima adalah sebuah kota yang terletak di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau serta keunikan budaya dan tradisi yang masih terjaga hingga saat ini. Bagi Anda yang gemar menjelajahi tempat-tempat wisata yang masih alami dan jarang dikunjungi, Bima adalah destinasi yang tepat untuk Anda.

Wisata Bima menawarkan berbagai macam atraksi alam yang mempesona. Salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi adalah Uma Lengge Wawo. Uma Lengge Wawo adalah kampung adat yang terletak di Dusun Wawo, Desa Soromandi, Kecamatan Bima. Kampung ini memiliki keunikan tersendiri karena dihuni oleh suku Bima yang masih mempertahankan adat dan kebudayaan mereka.

Di Uma Lengge Wawo, Anda bisa merasakan sensasi hidup layaknya suku Bima asli. Anda dapat menginap di rumah-rumah adat tradisional yang ada di kampung ini. Rumah adat Bima terbuat dari kayu dengan atap ijuk yang memanjang. Di dalam rumah adat, Anda akan merasakan suasana yang alami dan damai. Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat, serta mempelajari kebudayaan dan adat istiadat mereka.

Selain itu, Uma Lengge Wawo juga menawarkan pengalaman wisata alam yang menakjubkan. Anda bisa melakukan trekking ke lereng gunung, menikmati keindahan hutan tropis, serta melihat langsung kehidupan liar di area sekitarnya. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena ada banyak pemandangan yang indah untuk diabadikan.

Selain Uma Lengge Wawo, masih banyak tempat wisata menarik lainnya di Bima. Salah satunya adalah Pantai Pancing Patahu. Pantai ini terletak di Kecamatan Lambu, sekitar 30 km dari pusat kota Bima. Pantai Pancing Patahu menawarkan keindahan pantai yang masih alami dan belum terjamah oleh banyak wisatawan. Anda bisa berenang, berjemur di pantai, atau menikmati suasana pantai yang tenang dan damai.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Tempat Wisata di Bima - Tips & Panduan Perjalanan

Selanjutnya, Anda juga bisa mengunjungi Danau Tambora. Danau ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora. Danau Tambora terbentuk setelah letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Meski terbentuk sebagai dampak dari letusan gunung berapi, keindahan danau ini sangat mengagumkan. Anda dapat menikmati pemandangan danau yang biru jernih di tengah hamparan hijau pepohonan yang rimbun.

Selain tempat-tempat wisata alam, Bima juga memiliki beragam kegiatan budaya yang menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah upacara adat pasola. Pasola adalah tradisi perang antar desa yang dilakukan oleh suku Bima. Tradisi ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan masih tetap dilestarikan hingga saat ini. Kegiatan pasola dilakukan pada bulan Februari dan Maret setiap tahunnya. Dalam kegiatan ini, para pemuda suku Bima berlomba melemparkan tombak ke arah lawan sambil menunggang kuda. Pementasan pasola akan memberikan pengalaman budaya yang unik bagi para wisatawan.

Dengan segala keindahan alam dan keunikan budaya yang dimiliki, Bima menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menikmati keindahan alam yang masih alami, berinteraksi dengan penduduk setempat, dan merasakan pengalaman budaya yang berbeda. Jadi, jangan ragu untuk meluangkan waktu dan mengunjungi tempat wisata Bima saat berlibur nanti.

FAQ:

1. Apa yang membuat Uma Lengge Wawo menarik untuk dikunjungi?
Uma Lengge Wawo menarik untuk dikunjungi karena kampung ini masih mempertahankan adat dan kebudayaan suku Bima dengan rumah-rumah adatnya. Selain itu, di kampung ini juga terdapat trekking ke lereng gunung serta pengalaman wisata alam yang menakjubkan.

2. Bagaimana cara menuju Pantai Pancing Patahu?
Pantai Pancing Patahu terletak sekitar 30 km dari pusat kota Bima. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti taksi atau ojek online untuk menuju pantai ini.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima - Tempat Wisata Terbaik dan Aktivitas Menarik

3. Apa yang membuat Danau Tambora memiliki keindahan yang khas?
Danau Tambora memiliki keindahan yang khas karena terbentuk sebagai dampak dari letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Keindahan danau ini terletak pada airnya yang biru jernih dan pemandangan alam sekitarnya yang indah.

Conclusion:

Bima menyajikan keindahan alam yang memukau serta keunikan budaya dan tradisi yang masih terjaga. Dari Uma Lengge Wawo dengan rumah-rumah adatnya yang masih terjaga hingga Pantai Pancing Patahu yang belum terjamah oleh banyak wisatawan, Bima menawarkan berbagai macam atraksi alam yang menarik untuk dijelajahi. Tidak hanya itu, kegiatan budaya seperti pasola juga dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi para wisatawan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi tempat wisata Bima yang menarik ini saat berlibur nanti.