#explorebima Photo today by  taken at Wane Beach Monta...

Jelajah Wisata Bima: Pantai Wane, Danauy Jati, dan Gunung Tambora

Di Bima, Nusa Tenggara Barat, terdapat banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda jelajahi. Salah satu tempat wisata yang menarik perhatian adalah Pantai Wane. Terletak di Kabupaten Bima, Pantai Wane menawarkan pemandangan alam yang indah dan pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Dengan pasir putihnya yang lembut dan airnya yang biru jernih, Pantai Wane menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai, berenang, atau bahkan berselancar.

Selain Pantai Wane, Bima juga memiliki banyak tempat wisata lain yang patut dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata populer di Bima:

1. Danauy Jati
Danauy Jati merupakan danau alami yang terletak di kawasan perbukitan Bima. Danau ini dikelilingi oleh hutan tropis yang rindang dan memiliki air yang jernih. Area sekitar danau ini juga cocok untuk trekking dan hiking.

2. Air Terjun Lantoi
Air Terjun Lantoi adalah salah satu air terjun yang terkenal di Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di tengah hutan pegunungan. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung akan melewati jalan setapak dan menikmati pemandangan alam yang indah.

3. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah salah satu gunung berapi terbesar di Indonesia. Terletak di Pulau Sumbawa, Gunung Tambora menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Pendakian ke puncak gunung ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari, tetapi pemandangan yang Anda temui di puncaknya pasti sebanding dengan usaha yang Anda keluarkan.

4. Pantai Keli
Pantai Keli merupakan pantai yang masih alami dan belum begitu terkenal di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan airnya yang jernih. Anda bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan

5. Desa Adat Bolo
Desa Adat Bolo adalah salah satu desa adat yang masih dilestarikan di Bima. Di sini, Anda dapat melihat rumah tradisional suku Bima yang masih terjaga dengan baik. Desa ini juga menawarkan keindahan pemandangan pegunungan yang hijau.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Pantai Wane?
Untuk menuju Pantai Wane, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Bima. Perjalanan memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.

2. Adakah akomodasi di sekitar Pantai Wane?
Ya, terdapat beberapa akomodasi di sekitar Pantai Wane seperti hotel, homestay, dan vila.

3. Apa kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Wane?
Di Pantai Wane, Anda bisa bersantai di tepi pantai, berenang, bermain seluncur air, atau bahkan snorkeling dan menyelam.

4. Bagaimana cara menuju Gunung Tambora?
Anda dapat mencapai Gunung Tambora dengan menggunakan kapal dari Bima ke Pulau Sumbawa. Dari sana, Anda dapat menggunakan kendaraan darat untuk mencapai kaki gunung.

5. Apakah ada pemandu yang bisa dihubungi untuk mendaki Gunung Tambora?
Ya, ada beberapa pemandu lokal yang dapat dihubungi untuk mendaki Gunung Tambora. Mereka akan membantu Anda dalam perjalanan pendakian dan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Kesimpulan:

Bima adalah tujuan wisata yang menarik di Nusa Tenggara Barat. Dari Pantai Wane yang indah hingga Gunung Tambora yang spektakuler, Bima menawarkan berbagai pilihan liburan yang menarik bagi para pengunjung. Jadi, jika Anda mencari tempat wisata yang belum terlalu ramai dan alam yang memukau, jangan lewatkan Bima sebagai tujuan liburan Anda berikutnya.