Nah baru lagi nih dari Bantul buat kalian datangi di libur lebaran nanti...
*
#e...

Jelajahi Keindahan Taman Gumuk Pasir di Jogja, Destinasi Wisata Populer di Bantul

Jogja, atau yang populer disebut dengan Yogyakarta, adalah salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Indonesia. Kota yang terletak di Pulau Jawa ini menawarkan berbagai macam tempat wisata, mulai dari bangunan bersejarah, alam yang indah, kuliner lezat, hingga seni dan budaya yang khas. Tidak heran jika Jogja selalu menjadi pilihan favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Salah satu tempat wisata menarik yang dapat kamu jelajahi di Jogja adalah Taman Gumuk Pasir. Terletak di Bantul, taman ini menawarkan pemandangan pasir yang luas dan indah. Biasanya, warga setempat menggunakan taman ini untuk berkumpul dan bermain bersama keluarga atau teman-teman. Namun, kini taman ini semakin populer sebagai destinasi wisata bagi para pengunjung.

Berikut adalah beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Taman Gumuk Pasir:

1. Melihat keindahan pasir
Taman Gumuk Pasir terkenal dengan pasir putihnya yang membentuk bukit-bukit kecil atau gumuk. Kamu bisa menikmati keindahan pasir tersebut sambil berjalan-jalan atau duduk santai. Bawa matras atau tikar untuk duduk lebih nyaman di atas pasir.

2. Bermain sandboarding
Taman ini juga terkenal sebagai tempat yang cocok untuk bermain sandboarding. Sandboarding adalah olahraga yang melibatkan perosotan di atas pasir dengan menggunakan papan khusus. Pastikan untuk menyewa atau membawa sendiri papan sandboarding sebelum datang ke taman ini.

3. Menikmati sunset
Taman Gumuk Pasir juga menjadi tempat yang populer untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Pemandangan pasir yang luas dan langit yang berwarna kuning keemasan membuat matahari terbenam di sini menjadi pemandangan yang sangat memukau. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tersebut!

BACA JUGA :  Mengapa Jogja adalah Tujuan Wisata Paling Menarik di Indonesia

4. Mengunjungi Bukit Bintang
Di sekitar Taman Gumuk Pasir terdapat Bukit Bintang yang juga layak dikunjungi. Dari puncak bukit, kamu dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas. Jika cuaca cerah, kamu bahkan dapat melihat pantai yang terletak tidak jauh dari taman ini.

5. Menikmati kuliner lokal
Setelah lelah bermain dan menjelajahi taman, jangan lupa mencicipi kuliner lokal yang lezat. Di sekitar Taman Gumuk Pasir, terdapat banyak warung makan atau pedagang kaki lima yang menawarkan hidangan khas Jogja, seperti gudeg, nasi kucing, atau bakpia. Nikmati makanan lezat ini sambil duduk santai menikmati suasana sekitar.

Bagaimana cara menuju ke Taman Gumuk Pasir?

Taman Gumuk Pasir terletak di Bantul, sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai taman ini, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau angkutan kota. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat mengikuti rute dari Yogyakarta menuju Bantul melalui jalan Parangtritis. Setelah itu, ikuti petunjuk arah menuju Taman Gumuk Pasir.

Jika menggunakan transportasi umum, kamu dapat naik bus yang menuju ke Bantul atau menggunakan angkutan kota yang berangkat dari terminal-terminal di Yogyakarta. Setelah sampai di Bantul, kamu masih perlu menggunakan angkutan lain seperti ojek atau becak untuk mencapai Taman Gumuk Pasir.

FAQ tentang Taman Gumuk Pasir

1. Apakah ada tiket masuk untuk masuk ke Taman Gumuk Pasir?
Tidak, Taman Gumuk Pasir tidak memungut biaya tiket masuk. Kamu dapat masuk ke taman ini secara gratis.

2. Apakah ada fasilitas yang tersedia di Taman Gumuk Pasir?
Di taman ini, terdapat beberapa warung atau kios yang menjual makanan ringan dan minuman. Namun, fasilitas umum seperti toilet mungkin terbatas, jadi pastikan untuk mempersiapkan diri sebelum datang.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Yuk jelajah tempat wisata Jogja ini!! - photo today by taken around Bukit Paralayang, Parangtritis, Bantu...

3. Apakah ada waktu yang tepat untuk berkunjung ke Taman Gumuk Pasir?
Taman ini dapat dikunjungi kapan saja dalam sehari. Namun, disarankan untuk datang pada sore hari agar dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Selain itu, hindari kunjungan saat siang hari karena suhu udara bisa sangat panas.

4. Apakah sandboarding tersedia untuk disewa di sekitar Taman Gumuk Pasir?
Ya, terdapat beberapa tempat yang menyewakan papan sandboarding di sekitar taman ini. Kamu juga dapat membawa sendiri papan sandboarding jika memiliki.

Kesimpulan

Jogja selalu menawarkan berbagai macam tempat wisata yang menarik, dan Taman Gumuk Pasir adalah salah satunya. Dengan pasir putih yang indah, taman ini menjadi tempat yang cocok untuk bermain, menikmati pemandangan, atau hanya duduk santai menikmati keindahan alam. Jangan lupa untuk mencoba sandboarding dan menikmati indahnya matahari terbenam di sini. Jadi, jika kamu sedang berada di Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Gumuk Pasir!