Tau ga sih kamu kalo setiap Selasa Wage penanggalan Jawa tidak ada PKL di sepanj...

Jelajah Wisata Jogja – Mengenal Malioboro, Menyaksikan Keunikan PKL yang Tidak Buka Setiap Selasa Wage

Jelajah Wisata Jogja – Mengenal Malioboro, Menyaksikan Keunikan PKL yang Tidak Buka Setiap Selasa Wage

Jogja dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jogja adalah Jalan Malioboro. Jalan ini menjadi pusat perbelanjaan dan juga pusat kegiatan wisata di kota ini. Menariknya, setiap Selasa Wage dalam penanggalan Jawa, wilayah Malioboro menjadi sepi dari para Pedagang Kaki Lima (PKL).

Di Jalan Malioboro, terdapat berbagai macam toko, resto, dan tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan. Namun, ada keunikan tersendiri yang terjadi setiap hari Selasa Wage. Pada hari itu, para PKL di sepanjang Jalan Malioboro tidak membuka lapak jualan mereka.

Mengapa Para PKL Tidak Buka di Hari Selasa Wage?

Hal tersebut terjadi karena pada hari Selasa Wage, para PKL melakukan kerja bakti bersih-bersih jalur pedestrian di Jalan Malioboro. Mereka membersihkan sampah dan mencuci jalur pedestrian agar tetap bersih dan nyaman bagi wisatawan yang berjalan-jalan di Malioboro.

Malioboro merupakan jalan yang sangat populer di Jogja, terutama di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kerapihan jalur pedestrian menjadi prioritas para PKL. Dengan membersihkan jalur pedestrian pada hari Selasa Wage, mereka berkontribusi dalam menjaga keindahan dan kebersihan Malioboro.

Selain toko-toko dan restoran, di Jalan Malioboro juga terdapat beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat tersebut antara lain:

1. Tugu Yogyakarta
Tugu Yogyakarta merupakan salah satu ikon kota ini. Tugu ini dibangun sebagai lambang penyambutan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, yang merupakan bapak pendiri Republik Indonesia. Wisatawan dapat mengambil foto di sekitar Tugu Yogyakarta untuk mengabadikan momen berlibur di Jogja.

BACA JUGA :  Penjelajahan Wisata Jogja: Nikmati Keindahan Ogoh-ogoh dan Destinasi Menarik Lainnya

2. Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta atau Istana Yogyakarta adalah tempat tinggal resmi Sultan Yogyakarta dan keluarganya. Di dalam keraton ini, wisatawan dapat mengunjungi museum yang menyimpan berbagai macam koleksi yang berhubungan dengan sejarah dan budaya Jawa. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti tari Jathilan dan gamelan.

3. Alun-Alun Kidul
Alun-Alun Kidul adalah salah satu tempat populer di Jogja untuk bersantai dan menikmati suasana kota. Di sini terdapat dua pohon beringin yang besar dan menjadi tempat favorit untuk berswafoto. Selain itu, di alun-alun ini juga terdapat berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Mengapa PKL di Malioboro tidak buka setiap Selasa Wage?
– PKL di Malioboro tidak buka setiap Selasa Wage karena mereka melakukan kerja bakti bersih-bersih jalur pedestrian di Jalan Malioboro.

2. Apa tujuan kerja bakti PKL di Malioboro?
– Tujuan kerja bakti PKL di Malioboro adalah menjaga kebersihan dan kerapihan jalur pedestrian Malioboro agar tetap nyaman bagi wisatawan.

3. Apa saja tempat wisata menarik di sekitar Malioboro?
– Beberapa tempat wisata menarik di sekitar Malioboro antara lain Tugu Yogyakarta, Keraton Yogyakarta, dan Alun-Alun Kidul.

4. Apa saja kegiatan lain yang dapat dilakukan di Malioboro?
– Di Malioboro, wisatawan dapat berbelanja di berbagai toko tradisional, mencicipi kuliner khas Jogja, dan menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti tari Jathilan dan gamelan.

5. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Malioboro?
– Waktu terbaik untuk mengunjungi Malioboro adalah saat sore hari menjelang malam, ketika suasana Malioboro menjadi lebih hidup dengan lampu-lampu neon yang menyala.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja: Temukan Keindahan Budaya dan Alam yang Memukau!

Kesimpulan

Malioboro adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Jogja. Uniknya, setiap Selasa Wage, para PKL di Malioboro melakukan kerja bakti bersih-bersih jalur pedestrian, sehingga tidak ada PKL yang buka pada hari tersebut. Selain itu, di sekitar Malioboro terdapat berbagai tempat wisata menarik seperti Tugu Yogyakarta, Keraton Yogyakarta, dan Alun-Alun Kidul.

Mengunjungi Malioboro akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda dan tak terlupakan. Selain berbelanja dan mencoba kuliner khas Jogja, wisatawan juga dapat menikmati kehidupan malam yang ramai di Malioboro. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan Malioboro ke dalam daftar destinasi liburan Anda saat berkunjung ke Jogja!