#explorejogja photo today by  covering Candi Sambisari, Sleman....

Jelajahi Keindahan Wisata Jogja: Candi Sambisari dan Tempat Wisata Lainnya

Candi Sambisari adalah salah satu tempat wisata yang menarik di Jogja. Terletak di Sleman, candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih detail tentang Candi Sambisari dan tempat wisata lainnya di Jogja yang patut dikunjungi.

## Candi Sambisari: Tempat Wisata Bersejarah di Jogja

Candi Sambisari adalah candi Hindu yang terletak di Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1966 oleh seorang petani ketika menggali tanah untuk membuat sumur. Candi Sambisari diperkirakan berusia lebih dari 1.200 tahun dan menjadi salah satu peninggalan sejarah yang penting di Jogja.

![Candi Sambisari](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2020/10/1602569147_857_Jelajah-Wisata-Jogja-Yuk-jelajah-tempat-wisata-Jogja-ini.jpg)

Candi Sambisari memiliki arsitektur yang unik. Terletak di bawah permukaan tanah, candi ini terdiri dari satu candi induk dan tiga candi perwara. Bangunan candi terbuat dari batu bata merah dengan gaya arsitektur zaman Mataram Kuno. Di dalam candi induk terdapat ruangan kecil yang diduga digunakan sebagai tempat peribadatan.

Bagi pecinta sejarah dan arkeologi, Candi Sambisari adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain dapat melihat bangunan candi yang indah, Anda juga dapat belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya yang ada di Jogja.

## Tempat Wisata Lainnya di Jogja

Selain Candi Sambisari, Jogja juga memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang patut Anda kunjungi saat berada di Jogja:

1. Borobudur – Candi Budha terbesar di dunia. Borobudur adalah salah satu ikon wisata Jogja dan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Keraton Yogyakarta – Istana kerajaan yang menjadi simbol kebesaran dan kebudayaan Jawa. Anda dapat mengunjungi Keraton Yogyakarta dan menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti tari, gamelan, dan wayang.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja: Menikmati Keindahan Budaya dan Alam

3. Pantai Parangtritis – Pantai yang indah dengan pesona alam yang menakjubkan. Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang luas, bermain pasir, atau mencoba olahraga air seperti surfing atau paralayang.

4. Gunung Merapi – Salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Anda dapat melakukan pendakian atau wisata alam di sekitar kawasan Gunung Merapi.

5. Taman Sari – Keraton Yogyakarta juga memiliki kompleks taman yang indah bernama Taman Sari. Anda dapat menjelajahi taman ini dan menikmati keindahan bangunan dan kolam yang ada di dalamnya.

6. Malioboro – Jalan Malioboro adalah pusat perbelanjaan dan wisata kota Jogja. Anda dapat berbelanja oleh-oleh khas Jogja seperti batik, kerajinan tangan, atau kuliner khas Jogja.

## FAQ

### 1. Bagaimana cara mencapai Candi Sambisari?

Candi Sambisari terletak di Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi untuk mencapai lokasi ini.

### 2. Apakah ada tiket masuk untuk mengunjungi Candi Sambisari?

Ya, terdapat tiket masuk yang harus dibayar untuk masuk ke Candi Sambisari. Harga tiket biasanya tergantung pada status pengunjung (wisatawan lokal atau mancanegara) dan bisa berubah sewaktu-waktu.

### 3. Apakah ada waktu tertentu untuk mengunjungi Candi Sambisari?

Candi Sambisari buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Namun, disarankan untuk datang di pagi atau sore hari untuk menghindari cuaca yang terlalu panas.

### 4. Apa yang harus dipersiapkan saat mengunjungi Candi Sambisari?

Saat mengunjungi Candi Sambisari, Anda sebaiknya mempersiapkan perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, sepatu yang nyaman, dan sunblock untuk melindungi diri dari panasnya sinar matahari.

### 5. Apakah ada fasilitas makanan dan minuman di sekitar Candi Sambisari?

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Sunsetan di Jogja di mana ya? Pasti yang terpikir olehmu di Bukit Paralayang ini...

Di sekitar Candi Sambisari, terdapat warung makan dan pedagang makanan kecil. Namun, disarankan untuk membawa bekal sendiri jika Anda ingin makan di sekitar candi.

## Kesimpulan

Jogja memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Sambisari, candi bersejarah yang berlokasi di Sleman. Selain itu, ada juga tempat wisata lainnya seperti Borobudur, Keraton Yogyakarta, Pantai Parangtritis, Gunung Merapi, Taman Sari, dan Malioboro.

Jadi, jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke Jogja, pastikan untuk menjelajahi tempat-tempat ini untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Selamat berlibur!