#explorejogja photo today by  taken at Candi Abang, Berbah, Sleman....

Jelajahi Wisata Jogja dengan Keindahan Candi Abang di Berbah, Sleman!

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sangat populer. Kota ini menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Jogja adalah Candi Abang, yang terletak di Berbah, Sleman. Candi Abang merupakan sebuah candi Hindu yang memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang menakjubkan.

Candi Abang terletak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini memiliki struktur yang unik, dengan tiga candi utama yang berdiri di tengah kompleks candi dan dielilingi oleh candi-candi satelit yang lebih kecil. Candi utama di Candi Abang dipersembahkan untuk Trimurti, yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa, yang merupakan dewa-dewa utama dalam agama Hindu. Selain itu, ada juga relief-relief yang menceritakan kisah-kisah dari kitab-kitab suci Hindu seperti Mahabharata dan Ramayana.

Salah satu hal yang menarik dari Candi Abang adalah keindahan arsitektur candi ini. Candi ini dibangun dengan menggunakan batu andesit yang diukir dengan sangat indah. Relief-relief yang terdapat di dinding candi ini sangat detail dan menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu. Selain itu, Candi Abang juga memiliki arsitektur yang simetris dan proporsional, sehingga sangat menarik untuk dipelajari.

Selain menikmati keindahan arsitektur dan nilai sejarah Candi Abang, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam sekitar candi ini. Candi Abang terletak di daerah pedesaan yang masih alami, sehingga udara di sekitar candi ini masih segar dan asri. Wisatawan juga dapat melakukan hiking di sekitar candi ini untuk menikmati pemandangan alam yang indah.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Temukan Keajaiban dan Keindahan Tempat Wisata Jogja

Untuk menuju ke Candi Abang, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dapat mengikuti rute yang sudah tersedia di peta. Namun, jika tidak memiliki kendaraan pribadi, wisatawan dapat menggunakan bus atau taksi yang akan membawa mereka ke Candi Abang. Harga tiket masuk ke Candi Abang cukup terjangkau, sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan.

FAQ:

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Abang?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Abang adalah pada pagi atau sore hari, ketika cuaca masih sejuk dan matahari tidak terlalu terik.

Q: Apakah ada restoran atau warung makan di sekitar Candi Abang?
A: Saat ini belum ada restoran atau warung makan di sekitar Candi Abang, jadi disarankan untuk membawa bekal atau mengisi perut sebelum berkunjung.

Q: Apakah ada penginapan di sekitar Candi Abang?
A: Saat ini belum ada penginapan di sekitar Candi Abang. Pengunjung dapat mencari penginapan di pusat kota Jogja yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Candi Abang.

Q: Apa yang harus dibawa saat berkunjung ke Candi Abang?
A: Disarankan untuk membawa air minum, alas kaki yang nyaman, topi, dan kacamata hitam saat berkunjung ke Candi Abang.

Conclusion:
Candi Abang adalah salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Jogja. Dengan keindahan arsitektur dan nilai sejarah yang dimilikinya, Candi Abang menjadi tempat yang tepat untuk mengenal lebih dalam tentang budaya dan sejarah Kerajaan Mataram Kuno. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam sekitar candi ini. Jadi, jika Anda sedang berencana untuk berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi Candi Abang dan menikmati keindahan dan pesona yang dimilikinya.

BACA JUGA :  Jelajah Keindahan Goa Pindul dan Kali Oyo di Jogja - Pengalaman Wisata Seru!