#explorejogja photo today by  taken at Candi Ijo, around Prambanan....

Jelajahi Keindahan Candi Ijo di Jogja – Wisata yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Jogja, atau juga dikenal sebagai Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Indonesia. Kota ini menawarkan beragam tempat wisata menakjubkan, mulai dari keindahan alam, warisan budaya yang kaya, hingga kuliner yang selalu menggugah selera. Salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi di Jogja adalah Candi Ijo, yang terletak di sekitar Prambanan.

Candi Ijo adalah salah satu kompleks candi Hindu yang bersejarah di Jogja. Candi ini terletak di Bukit Ijo, yang menawarkan pemandangan spektakuler yang meliputi area sekitar Candi Prambanan. Ketika Anda berada di Candi Ijo, Anda akan dapat menikmati panorama yang menakjubkan, terutama saat matahari terbenam atau terbit. Dengan ketinggian sekitar 410 meter di atas permukaan laut, Candi Ijo menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit.

Selain menikmati pemandangan yang mengagumkan, Anda juga dapat menjelajahi kompleks candi ini. Candi Ijo terdiri dari beberapa bangunan candi dan paviliun yang terletak di sekitar kompleks. Bangunan candi ini dibangun dengan menggunakan batu andesit dan dihiasi dengan ukiran yang indah. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar kompleks candi ini sambil menikmati keindahan arsitektur dan mengeksplorasi bagian dalamnya.

Selama kunjungan Anda, Anda juga dapat berkomunikasi dengan pemandu lokal yang akan memberikan informasi tentang sejarah dan keunikan candi ini. Mereka akan memberikan penjelasan mendalam tentang kehidupan di masa lalu dan budaya yang terkait dengan tempat ini. Anda juga dapat mengambil foto-foto yang menakjubkan di area sekitar candi untuk mengabadikan momen berharga Anda.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju ke Candi Ijo?
Untuk menuju ke Candi Ijo, Anda dapat menggunakan transportasi pribadi atau menggunakan taksi dari pusat kota Yogyakarta. Candi Ijo berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit tergantung kondisi lalu lintas.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Temukan Keindahan dan Keberagaman Budaya di Destinasi Wisata Paling Populer di Indonesia

2. Apakah ada biaya masuk untuk masuk ke Candi Ijo?
Ya, terdapat biaya masuk untuk masuk ke Candi Ijo. Biaya tiket masuk untuk wisatawan domestik adalah sekitar Rp 5.000,- dan untuk wisatawan mancanegara adalah sekitar Rp 10.000,-.

3. Apakah ada waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ijo?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ijo adalah pada pagi hari atau sore hari, ketika cuaca lebih sejuk dan Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam.

4. Apakah ada fasilitas yang tersedia di Candi Ijo?
Di Candi Ijo terdapat area parkir, toilet, dan warung kecil tempat Anda dapat membeli makanan dan minuman ringan.

Kesimpulan:

Candi Ijo merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Jogja. Dengan pemandangan yang menakjubkan dan arsitektur yang indah, tempat ini menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pengunjungnya. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan Candi Prambanan membuatnya mudah diakses dan dapat dikombinasikan dengan kunjungan ke tempat wisata lainnya di sekitar area tersebut. Jadi, jika Anda berencana untuk mengunjungi Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Candi Ijo ini!