#explorejogja photo today by  taken at Candi Ijo, Sambirejo, Prambanan....

Jelajah Wisata Jogja: Menikmati Keindahan Candi Ijo yang Spektakuler!

Jogja, atau juga dikenal sebagai Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. Kota ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kekayaan budaya dan sejarahnya yang kaya. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja adalah Candi Ijo.

Candi Ijo terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, sekitar 18 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini merupakan salah satu candi Hindu yang terkenal di Yogyakarta. Keberadaannya yang berada di atas bukit membuat Candi Ijo menjadi tempat yang menawarkan pemandangan spektakuler.

Candi Ijo memiliki tiga kompleks candi utama, yaitu candi utama, candi tengah, dan candi bawah. Setiap kompleks candi memiliki arsitektur yang indah dan mengesankan. Pada kompleks candi utama, pengunjung dapat melihat relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah epik dari legenda Ramayana dan Mahabharata.

Salah satu daya tarik utama dari Candi Ijo adalah pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang spektakuler. Karena letaknya yang berada di atas bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas. Matahari terbit adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ijo, karena pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil menyaksikan matahari terbit dari Candi Ijo yang indah.

Selain itu, Candi Ijo juga memiliki taman yang indah di sekitarnya. Pengunjung dapat bersantai di taman sambil menikmati udara segar dan panorama alam yang menakjubkan. Ada juga area tempat duduk yang tersedia untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk dan menikmati pemandangan. Taman ini juga sering digunakan untuk berbagai acara seperti pameran seni dan pertunjukan musik.

Untuk mencapai Candi Ijo, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi. Dari pusat kota Jogja, Anda dapat mengambil jalan ke Prambanan dan kemudian mengikuti petunjuk ke Desa Sambirejo. Candi Ijo terletak di atas bukit yang tinggi, jadi pengunjung juga harus siap untuk mendaki dan menuruni tangga yang curam.

BACA JUGA :  Jelajah Keindahan Tempat Wisata di Jogja: Pantai Wediombo, Candi Borobudur, dan Lainnya

FAQ:

1. Berapa harga tiket masuk ke Candi Ijo?
Harga tiket masuk ke Candi Ijo adalah sebesar Rp. 5.000 per orang.

2. Apakah Candi Ijo memiliki fasilitas parkir?
Ya, Candi Ijo memiliki fasilitas parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung.

3. Apakah ada penginapan di dekat Candi Ijo?
Tidak ada penginapan di dekat Candi Ijo, tetapi ada banyak pilihan akomodasi di pusat kota Jogja yang dapat dijangkau dengan mudah.

4. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ijo?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ijo adalah pada pagi hari untuk menyaksikan matahari terbit, atau sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam.

5. Apakah ada fasilitas makanan dan minuman di Candi Ijo?
Tidak ada fasilitas makanan dan minuman di Candi Ijo. Namun, di sekitar Candi Ijo terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

Kesimpulan:
Candi Ijo adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Dengan arsitektur yang indah, pemandangan yang spektakuler, dan kekayaan budaya dan sejarahnya, Candi Ijo menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jika Anda sedang berencana untuk mengunjungi Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi Candi Ijo dan menikmati keindahan alam dan keajaiban budaya yang ditawarkannya.