#explorejogja photo today by  taken at Candi Ijo, Sambirejo, Sleman....

Jelajah Wisata Jogja – Nikmati Pemandangan Spektakuler di Candi Ijo

Jogja memang tak pernah kehilangan pesonanya sebagai salah satu kota tujuan wisata favorit di Indonesia. Dengan kekayaan budaya, wisata alam yang menakjubkan, makanan lezat, dan keramahan penduduknya, Jogja menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan. Salah satu tempat wisata yang bisa menjadi pilihan adalah Candi Ijo di Sambirejo, Sleman.

Candi Ijo merupakan salah satu candi Hindu yang terletak di bukit menjulang tinggi, sehingga menawarkan pemandangan yang memukau. Candi ini memiliki sejarah yang cukup unik. Dibangun pada abad ke-8 Masehi, Candi Ijo awalnya merupakan pusat kegiatan agama Hindu di daerah tersebut. Saat ini, candi ini menjadi tempat yang populer untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Dengan mengunjungi Candi Ijo, pengunjung dapat menikmati panorama Kota Jogja dari ketinggian. Pemandangan yang terbentang luas mulai dari puncak candi ini sangat memukau, terutama saat matahari terbenam. Pemandangan Kota Jogja yang indah dengan Gunung Merapi di kejauhan menjadikan pengalaman ini sangat istimewa.

Selain menikmati pemandangan yang spektakuler, pengunjung juga dapat menjelajahi kompleks candi tersebut. Meskipun kondisi candi ini tidak sebaik candi-candi besar seperti Candi Prambanan, tetapi pengunjung masih dapat melihat reruntuhan dan keindahan arsitektur candi tersebut. Di sekitar candi juga terdapat beberapa bangunan kecil dan patung-patung yang menambah nuansa mistis dan magis.

Bagi yang gemar berpetualang, di sekitar Candi Ijo juga terdapat jalur hiking yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi alam sekitar. Dengan mengikuti jalur pendakian, pengunjung dapat melihat keindahan alam sekitar, seperti pepohonan yang rindang dan panorama pedesaan di sekitar candi. Pastikan untuk membawa perlengkapan hiking yang sesuai dan berhati-hati saat mendaki.

FAQ

1. Bagaimana cara menuju ke Candi Ijo?
Untuk menuju ke Candi Ijo, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti taksi atau ojek online. Lokasinya berada di Sambirejo, Sleman, sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Jogja.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Taman Sari Jogja - Destinasi Wisata Menarik di Jogja!

2. Apakah ada biaya masuk ke Candi Ijo?
Ya, terdapat biaya masuk ke Candi Ijo. Biaya masuk untuk wisatawan domestik adalah sebesar Rp 10.000 per orang, dan untuk wisatawan mancanegara adalah sebesar Rp 20.000 per orang.

3. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ijo?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ijo adalah saat matahari terbenam, karena pemandangan yang spektakuler dapat dinikmati. Namun, pengunjung juga dapat mengunjungi candi ini pada siang hari untuk menjelajahi kompleks candi dan menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

4. Apakah ada tempat parkir di Candi Ijo?
Ya, terdapat area parkir yang cukup luas di Candi Ijo. Pengunjung dapat dengan nyaman memarkir kendaraan pribadi mereka di sekitar candi.

5. Apakah tersedia guide di Candi Ijo?
Saat ini, belum tersedia guide resmi di Candi Ijo. Namun, pengunjung dapat menggunakan aplikasi atau panduan wisata untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang sejarah dan keindahan candi ini.

Conclusion

Jogja selalu menyuguhkan keindahan dan pesona wisata yang tak ada duanya. Salah satunya adalah Candi Ijo, tempat yang menawarkan pemandangan spektakuler dengan panorama Kota Jogja yang indah. Dengan mengunjungi Candi Ijo, pengunjung dapat menikmati keindahan alam, mengelilingi kompleks candi, dan bersantai sambil menunggu matahari terbenam.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajah tempat wisata Jogja yang menakjubkan ini. Candi Ijo akan memberikan pengalaman tak terlupakan dalam perjalanan liburan Anda ke Jogja.