#explorejogja photo today by  taken at Candi Prambanan....

Jelajahi Keindahan Candi Prambanan dan Tempat Wisata Menarik Jogja!

Liburdulu.com – Jelajahi keindahan Jogja dengan mengunjungi tempat wisata yang menarik. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Candi Prambanan. Candi ini merupakan salah satu warisan budaya dunia yang terkenal dengan arsitektur megahnya. Yuk, jelajahi tempat wisata Jogja ini dan nikmati keindahan serta sejarah yang ada di dalamnya!

Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sanjaya yang saat itu berkuasa di Kerajaan Mataram Hindu. Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama yaitu Candi Shiva sebagai candi utama, Candi Brahma dan Candi Vishnu sebagai candi pendamping, serta ratusan candi kecil lainnya.

Dalam perjalanan menuju Candi Prambanan, Anda akan disambut dengan pemandangan alam yang indah dan hijau. Suasana sekitar yang tenang dan asri membuat perjalanan Anda semakin nyaman. Begitu tiba di kompleks candi, Anda akan terpesona dengan keindahan arsitektur candi yang sangat megah.

Candi Prambanan juga memiliki cerita legenda yang menarik. Konon, candi ini dibangun oleh Bandung Bondowoso, seorang pangeran dari Kerajaan Pengging yang jatuh cinta pada Roro Jonggrang, putri dari Raja Boko. Untuk memenuhi permintaan Roro Jonggrang yang tidak ingin menikah dengannya, Bandung Bondowoso memerintahkan prajuritnya untuk membangun seribu candi dalam satu malam. Namun, saat hampir selesai, Roro Jonggrang membuat suara gaduh dengan cara membakar jerami dan memukul alu. Sehingga, Bandung Bondowoso gagal menyelesaikan tugasnya dan marah. Kemudian ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu, yang kemudian menjadi salah satu candi di Candi Prambanan.

Candi Prambanan juga sering digunakan sebagai lokasi untuk pertunjukan Ramayana Ballet. Pertunjukan ini mengisahkan legenda Rama dan Sinta dalam epos Ramayana. Pertunjukan Ramayana Ballet di Candi Prambanan merupakan salah satu atraksi seni yang sangat terkenal di Jogja. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menonton pertunjukan Ramayana Ballet saat berkunjung ke Candi Prambanan.

BACA JUGA :  Explore Jogja's Tourist Destinations - Yuk Jelajah Tempat Wisata Jogja Ini!! - Foto Hari Ini diambil di Gunung Gentong, Gunungkidul....

Selain Candi Prambanan, ada banyak tempat wisata menarik lainnya di Jogja. Salah satunya adalah Keraton Yogyakarta, tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono dan keluarganya. Di sini, Anda bisa menikmati suasan kerajaan Jawa yang kental, melihat koleksi-koleksi bersejarah, hingga menyaksikan pertunjukan tari tradisional Jawa.

Selanjutnya, Anda juga bisa mengunjungi Taman Sari, sebuah kompleks bangunan peninggalan Kerajaan Mataram. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan kolam dan bangunan-bangunan yang tersimpan dengan baik. Jalan-jalan di area kompleks Taman Sari ini pasti akan memberikan pengalaman berbeda bagi Anda.

Bagi pecinta seni dan budaya, ada juga Museum Affandi yang menjadi rumah bagi karya-karya pelukis terkenal Indonesia, Affandi. Museum ini tidak hanya memamerkan karya-karya Affandi, tetapi juga merupakan karya seni itu sendiri dengan arsitektur yang unik.

Jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi Pantai Parangtritis yang terkenal dengan deburan ombaknya. Anda bisa menikmati sunset yang indah di pantai ini atau mencoba berbagai atraksi seperti berkuda atau naik delman. Pantai Parangtritis juga memiliki keunikan tersendiri karena adanya legenda Nyi Roro Kidul, ‘ratu’ pantai selatan yang diyakini oleh masyarakat setempat.

Nah, itulah beberapa tempat wisata menarik di Jogja yang wajib dikunjungi. Setiap tempat wisata tersebut memiliki keindahan dan cerita yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda mengunjungi tempat wisata Jogja ini saat berkunjung ke Jogja. Selain itu, jangan lupa mencicipi kuliner khas Jogja seperti gudeg, bakpia, dan wedang ronde yang sangat terkenal di sana.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju Candi Prambanan?
A: Candi Prambanan terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Anda bisa menuju ke sana dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Jika tidak membawa kendaraan sendiri, Anda juga bisa menggunakan jasa transportasi online atau angkutan umum seperti bus.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Jogja - #GalaxyJ7Pro dengan Kamera Full HD

Q: Berapa biaya tiket masuk Candi Prambanan?
A: Biaya tiket masuk Candi Prambanan saat ini adalah Rp 30.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 350.000 untuk wisatawan asing. Harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Q: Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Candi Prambanan?
A: Anda bisa mengunjungi Candi Prambanan kapan saja dalam setahun. Namun, jika Anda ingin menonton pertunjukan Ramayana Ballet, maka sebaiknya datang pada malam hari saat pertunjukan berlangsung.

Q: Apakah Candi Prambanan bisa dikunjungi oleh semua usia?
A: Ya, Candi Prambanan bisa dikunjungi oleh semua usia. Namun, perhatikan keamanan dan keselamatan anak-anak serta lansia selama berada di area candi.

Conclusion:
Jogja adalah destinasi wisata yang kaya akan sejarah dan budaya. Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Candi Prambanan. Dengan arsitektur megahnya dan cerita legenda yang menarik, Candi Prambanan menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja. Selain itu, ada juga banyak tempat wisata menarik lainnya seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Pantai Parangtritis yang dapat menambah pengalaman wisata Anda di Jogja. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi wisata Jogja yang indah ini!