#explorejogja photo today by  taken at Candi Sambisari, Kalasan....

Jelajah Keunikan dan Keindahan Candi Sambisari, Destinasi Wisata Populer di Jogja

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia yang menawarkan beragam tempat wisata menarik. Salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi di Jogja adalah Candi Sambisari di Kalasan. Candi Sambisari adalah sebuah candi Hindu yang terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini memiliki keunikan karena terkubur dalam tanah dan baru ditemukan pada tahun 1966. Candi Sambisari menawarkan keindahan arsitektur kuno dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin melihat sisa-sisa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Sambisari memiliki keunikan karena dibangun dengan menggunakan batu vulkanik hitam dan memiliki arsitektur yang khas. Candi ini terdiri dari satu bangunan induk yang dikelilingi oleh empat candi perwara. Bangunan induk candi memiliki bentuk persegi dengan atap bertingkat lima yang menyerupai meru. Di dalam candi induk terdapat ruangan yang dulunya digunakan untuk sembahyang. Beberapa relief yang menggambarkan cerita Ramayana juga ditemukan di dinding candi.

Setelah memasuki kompleks Candi Sambisari, pengunjung akan disuguhi dengan hamparan padang rumput yang mengelilingi candi. Suasana yang sejuk dan tenang membuat pengunjung dapat bersantai sambil menikmati keindahan candi dan sekitarnya. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat pemandangan sawah yang hijau dan perbukitan yang menghijau di sekitar candi.

Candi Sambisari juga merupakan tempat yang cocok untuk belajar sejarah dan budaya. Pengunjung dapat melihat upaya restorasi yang dilakukan untuk mempertahankan kelestarian candi ini. Ada juga pemandu lokal yang siap memberikan penjelasan lebih lanjut tentang sejarah dan makna budaya dari Candi Sambisari.

Selain itu, Candi Sambisari juga menjadi lokasi yang populer untuk pemotretan prewedding atau foto-foto lainnya. Keindahan arsitektur serta latar belakang yang alami membuat Candi Sambisari menjadi pilihan yang tepat untuk mengabadikan momen spesial.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Jogja yang Menakjubkan dan Tak Terlupakan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang Candi Sambisari:

Q: Bagaimana cara menuju ke Candi Sambisari?
A: Untuk mencapai Candi Sambisari, Anda dapat mengambil rute dari pusat kota Jogja menuju ke Kalasan. Candi ini terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Jogja.

Q: Berapa biaya tiket masuk ke Candi Sambisari?
A: Biaya tiket masuk ke Candi Sambisari adalah sekitar Rp 10.000 untuk pengunjung domestik dan Rp 50.000 untuk pengunjung internasional.

Q: Apa yang harus saya persiapkan ketika mengunjungi Candi Sambisari?
A: Ketika mengunjungi Candi Sambisari, disarankan untuk mempersiapkan diri dengan membawa peralatan yang cukup seperti air minum, topi, dan kacamata hitam. Juga, jangan lupa untuk mempersiapkan kamera Anda untuk mengabadikan momen di candi ini.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Sambisari?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Sambisari adalah pada pagi atau sore hari ketika cuaca masih segar dan tidak terlalu panas. Hindari mengunjungi pada siang hari ketika cuaca terlalu panas.

Melihat keindahan dan keunikan Candi Sambisari, tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jogja. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi Candi Sambisari dan mengambil foto-foto yang spektakuler di tempat ini.