#explorejogja photo today by  taken at Candi Sewu, around Candi Prambanan Area....

Menjelajah Wisata Jogja: Candi Sewu dan Kompleks Prambanan

Jogja, atau yang lebih dikenal dengan Yogyakarta, adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Kota ini kaya akan budaya, sejarah, dan keindahan alam yang memikat. Salah satu tempat yang dapat kamu jelajahi di Jogja adalah Candi Sewu, yang terletak di Kompleks Prambanan.

Candi Sewu merupakan salah satu situs arkeologi abad ke-8 yang masih terawat dengan baik di Jogja. Dibangun pada masa kerajaan Mataram Kuno, candi ini memiliki arsitektur yang megah dan dipercaya sebagai salah satu bukti kemegahan kerajaan tersebut. Bangunan candi yang besar dan kompleks ini menunjukkan kejayaan agama Hindu pada masa itu.

Dengan luas sekitar 2,4 hektar, Candi Sewu terdiri dari banyak candi kecil yang dikelilingi oleh tembok pelindung. Struktur candi yang paling menonjol adalah candi utama yang dikelilingi oleh 240 candi perwara. Meskipun telah mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu, bangunan candi ini tetap mengesankan dan indah.

Selain menikmati keindahan arsitektur candi, kamu juga bisa menjelajahi kompleks Prambanan yang menakjubkan. Kompleks ini terdiri dari Candi Roro Jonggrang yang merupakan candi utama, tiga candi Agung, dan beberapa candi perwara. Candi-candi ini merupakan warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO.

Bagi kamu yang ingin menjelajahi Candi Sewu dan kompleks Prambanan, berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui:

1. Bukaan dan Jam Operasional
Candi Sewu dan kompleks Prambanan buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00. Namun, untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan candi di sore hari, ada juga tiket khusus yang memungkinkan kamu masuk hingga pukul 18.00.

2. Tiket Masuk
Harga tiket masuk ke Candi Sewu dan kompleks Prambanan cukup terjangkau. Tiket masuk untuk warga lokal dewasa sebesar Rp30.000 sementara untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp350.000. Jika kamu ingin menikmati sunset di kompleks Prambanan, terdapat tiket khusus dengan harga Rp75.000 untuk warga lokal dan Rp400.000 untuk turis asing.

BACA JUGA :  Temukan Hidden Gem di Jogja - Yata, Tempat Makan yang Menyajikan Froyo Enak!

3. Rute dan Transportasi
Untuk mencapai Candi Sewu dan kompleks Prambanan, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan layanan transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti petunjuk arah menuju Prambanan yang cukup jelas. Jika menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik trans Jogja dengan tujuan Prambanan.

4. Persiapan dan Perlengkapan
Sebelum pergi ke Candi Sewu dan kompleks Prambanan, pastikan kamu membawa perlengkapan yang cukup seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya karena kompleks ini terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Kamu juga disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang nyaman untuk berjalan.

FAQ tentang Candi Sewu dan Kompleks Prambanan:

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menjelajahi Candi Sewu dan kompleks Prambanan?
A: Waktu yang diperlukan untuk menjelajahi Candi Sewu dan kompleks Prambanan dapat bervariasi tergantung pada minat dan tingkat kunjunganmu. Namun, secara umum, sekitar 2-3 jam sudah cukup untuk menjelajahi kedua tempat ini.

Q: Apakah ada pemandu wisata yang tersedia di Candi Sewu dan kompleks Prambanan?
A: Ya, terdapat pemandu wisata yang tersedia di Candi Sewu dan kompleks Prambanan. Pemandu ini akan memberikan penjelasan tentang sejarah dan keindahan candi kepada pengunjung. Jika kamu tertarik, kamu bisa meminta bantuan pemandu wisata di pintu masuk.

Q: Bisakah saya membeli oleh-oleh di sekitar Candi Sewu dan kompleks Prambanan?
A: Ya, di sekitar Candi Sewu dan kompleks Prambanan terdapat banyak toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam souvenir dan makanan khas Jogja. Kamu bisa membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan setelah menjelajahi tempat ini.

Q: Apakah ada restoran atau warung makan di area Candi Sewu dan kompleks Prambanan?
A: Ya, di sekitar Candi Sewu dan kompleks Prambanan terdapat beberapa restoran dan warung makan yang menyajikan makanan lokal dan internasional. Kamu bisa menikmati hidangan lezat setelah berkeliling dan menjelajahi tempat ini.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Yuk jelajah tempat wisata Jogja ini!! - photo today by taken at Embung Nglanggeran,Patuk,Gunungkidul....

Q: Apa yang membuat Candi Sewu dan kompleks Prambanan layak untuk dikunjungi?
A: Candi Sewu dan kompleks Prambanan adalah dua tempat wisata yang memiliki nilai sejarah dan keindahan yang luar biasa. Keindahan arsitektur candi yang megah dan kompleks Prambanan yang luas akan membuat kamu terpesona dan terkesima. Selain itu, tempat ini juga memiliki nilai budaya yang tinggi dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Kesimpulan

Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia, dan Candi Sewu serta kompleks Prambanan adalah tempat yang patut kamu jelajahi saat berada di Jogja. Keindahan arsitektur candi dan kompleks yang luas akan memberikan pengalaman menarik dan berkesan. Selain itu, kamu juga dapat menikmati suasana budaya dan sejarah yang kental di tempat ini. Jika kamu merencanakan perjalanan ke Jogja, pastikan untuk memasukkan Candi Sewu dan kompleks Prambanan dalam daftar destinasi wisatamu.