#explorejogja photo today by  taken at Candi Sewu, Kalasan, Sleman....

Jelajah Wisata Jogja – Temukan Keunikan Candi Sewu yang Menakjubkan di Kota Jogja

Jogja atau yang lebih dikenal dengan sebutan Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Kota yang terletak di Pulau Jawa ini menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik dan unik. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu jelajahi di Jogja adalah Candi Sewu, yang terletak di Kalasan, Sleman.

Candi Sewu adalah kompleks candi Hindu yang berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Sleman. Candi ini terdiri dari seribu candi kecil yang tersebar di area seluas 8.000 meter persegi. Nama “Sewu” sendiri dalam bahasa Jawa berarti “seribu”.

Candi Sewu merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang memiliki keunikan tersendiri. Bangunannya terbuat dari batu andesit dan mengusung arsitektur Hindu klasik. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Kerajaan Mataram Kuno dan dipersembahkan untuk Dewa Siwa.

Selama berabad-abad, Candi Sewu mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempa bumi dan erosi. Namun, seiring dengan upaya restorasi dan konservasi yang dilakukan oleh pemerintah, candi ini berhasil dipugar dan menjadi salah satu daya tarik wisata di Jogja.

Saat mengunjungi Candi Sewu, kamu dapat mengeksplorasi area candi yang luas dan menikmati suasana sejarah yang begitu kental. Kamu dapat melihat bangunan candi yang memiliki arsitektur yang indah dengan ukiran dan relief yang rumit.

Selain itu, kamu juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Candi Sewu melalui berbagai informasi yang tersedia di sana. Banyak papan informasi dan petunjuk yang menggambarkan bagaimana candi ini dulu digunakan untuk upacara agama dan kehidupan sehari-hari.

Jika kamu memiliki minat dalam arkeologi, kamu juga dapat mengikuti tur arkeologi yang disediakan oleh pihak pengelola candi. Tur ini akan membawa kamu untuk melihat proses ekskavasi dan pemugaran candi serta memberikan penjelasan tentang sejarah dan arti penting dari Candi Sewu.

BACA JUGA :  Jelajahi Keunikan Wisata Jogja - Canoeing Seru di Kali Suci Cave Tubing

Tidak hanya memiliki keindahan arsitektur, Candi Sewu juga memiliki pesona alam yang memukau. Di sekitar candi terdapat area hijau yang asri dan rimbun, sehingga membuat suasana menjadi lebih sejuk dan nyaman. Kamu dapat duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang disajikan.

Untuk menuju ke Candi Sewu, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil. Candi ini terletak sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Jogja. Ada juga angkutan umum seperti Trans Jogja yang bisa digunakan untuk menuju ke sana. Setibanya di Candi Sewu, kamu akan dikenakan tiket masuk dengan harga terjangkau.

FAQ:

1. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Sewu?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Sewu adalah pada pagi atau sore hari, ketika cuaca tidak terlalu panas. Hindari mengunjungi candi pada saat siang hari karena suhu udara sangat tinggi.

2. Apakah ada fasilitas di sekitar Candi Sewu?
Ya, di sekitar Candi Sewu terdapat beberapa fasilitas seperti kios makanan dan minuman, toilet umum, dan tempat parkir.

3. Apa saja tempat wisata lain yang dapat dikunjungi di sekitar Candi Sewu?
Di sekitar Candi Sewu terdapat beberapa tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi, antara lain Candi Prambanan, Taman Sari, Keraton Yogyakarta, dan Malioboro.

4. Berapa harga tiket masuk ke Candi Sewu?
Harga tiket masuk ke Candi Sewu adalah sekitar Rp. 10.000,- untuk dewasa dan Rp. 5.000,- untuk anak-anak.

5. Apakah ada panduan atau tur yang disediakan di Candi Sewu?
Ya, di Candi Sewu terdapat tur arkeologi yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail tentang candi ini.

Conclusion:

Candi Sewu merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik di Jogja. Dengan keindahan arsitektur, pesona alam, dan keunikan sejarahnya, tempat ini pantas untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Dengan mengeksplorasi Candi Sewu, kamu dapat merasakan atmosfer sejarah yang begitu kental dan mempelajari lebih lanjut tentang kekayaan budaya Indonesia. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi tempat wisata Jogja yang menakjubkan ini!

BACA JUGA :  Jelajah Keindahan Alam di Bukit Klangon, Sleman, Jogja - Destinasi Wisata yang Menarik dan Patut Dikunjungi di Jogja