#explorejogja photo today by  taken at Taman Sari Yogyakarta....

Jelajah Wisata Jogja di Taman Sari – Bangunan Istana, Kolam Renang, dan Spot Instagramable!

Yogyakarta (Jogja) adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Dikenal dengan budaya yang kaya, keindahan alamnya, dan warisan sejarahnya yang mencengangkan, Jogja menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Jogja adalah Taman Sari Yogyakarta.

Taman Sari Yogyakarta merupakan kompleks bangunan istana yang dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi dan kegiatan pribadi bagi keluarga kerajaan. Kini, Taman Sari menjadi salah satu objek wisata yang paling terkenal di Jogja.

Luasnya kawasan Taman Sari mencakup area seluas 10 hektar, dengan beberapa bangunan yang menarik seperti gedung-gedung istana, kolam renang, dan jalan-jalan bawah tanah yang menghubungkan berbagai bagian kompleks.

Ada beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Taman Sari Yogyakarta:

1. Mengunjungi Sumur Gumuling

Sumur Gumuling adalah salah satu atraksi utama di Taman Sari Yogyakarta. Sumur ini dulunya digunakan sebagai tempat mandi oleh keluarga kerajaan. Anda bisa mengeksplorasi terowongan bawah tanah yang menghubungkan sumur-sumur dengan satu sama lainnya. Terowongan ini menyajikan pemandangan yang indah dengan kolam dan jembatan yang menghubungkannya.

2. Menjelajahi Bangunan Istana

Di dalam Taman Sari terdapat beberapa bangunan istana yang bisa Anda jelajahi, seperti Istana Kencana, Istana Panggung, dan Bangsal Kencono. Setiap bangunan memiliki arsitektur yang khas dan menarik untuk diobservasi. Anda juga bisa melihat berbagai artefak dan peninggalan sejarah di dalam bangunan-bangunan ini.

3. Bersantai di Kolam Renang

Selain bangunan istana, Taman Sari juga memiliki kolam renang yang menjadi tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan dulu. Kolam renang ini memiliki arsitektur yang menarik, dengan beberapa area yang terhubung oleh terowongan bawah tanah. Anda bisa menyewa perahu dan berkeliling kolam renang yang indah ini.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan Bukit Panguk Kediwung di Jogja

4. Menyaksikan Wayang Kulit

Taman Sari juga sering menjadi tempat pertunjukan wayang kulit yang diadakan oleh pemerintah setempat. Anda bisa menyaksikan pertunjukan ini dan mengenal budaya Jawa yang kaya akan seni tradisional. Pertunjukan ini biasanya diadakan di malam hari, sehingga memberikan pengalaman yang unik bagi para pengunjung.

5. Berfoto di Instagramable Spot

Taman Sari Yogyakarta juga merupakan surganya para pecinta fotografi. Ada banyak spot-spot menarik yang bisa Anda temui di dalam kompleks ini. Misalnya, terowongan bawah tanah yang indah, kolam renang yang eksotis, dan bangunan-bangunan istana yang megah. Pastikan Anda membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen indah di Taman Sari ini.

Taman Sari Yogyakarta merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berlibur ke Jogja. Selain keindahan bangunan dan pemandangan alamnya yang luar biasa, Anda juga bisa belajar tentang sejarah dan budaya Jawa yang kaya di tempat ini. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Jogja yang lezat di sekitar Taman Sari.

FAQ:

Q: Apakah Tiket Masuk ke Taman Sari Yogyakarta?
A: Tiket masuk ke Taman Sari Yogyakarta adalah Rp 15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing.

Q: Apa jam operasional Taman Sari Yogyakarta?
A: Taman Sari Yogyakarta buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Q: Apa yang harus saya bawa ketika mengunjungi Taman Sari Yogyakarta?
A: Sebaiknya Anda membawa kamera, topi, kacamata hitam, dan alas kaki yang nyaman untuk berjalan.

Q: Apakah ada restoran di dalam Taman Sari Yogyakarta?
A: Tidak ada restoran di dalam kompleks Taman Sari, tetapi Anda bisa mencari restoran dan warung makan di sekitar area.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Jogja - Temukan Destinasi Wisata Terbaik di Jogja

Conclusion:

Jogja adalah destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur di Indonesia. Taman Sari Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata terkenal di Jogja yang memukau dengan bangunan istana, kolam renang, dan terowongan bawah tanah yang indah. Jelajahi kekayaan sejarah dan budaya Jawa yang terkandung dalam Taman Sari ini dan abadikan momen indah Anda di spot-spot menakjubkan di tempat ini. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini saat Anda berkunjung ke Jogja!