#explorejogja photo today by  taken at Taman Sari, Yogyakarta....

Jelajahi Keindahan Sejarah di Taman Sari, Tempat Wisata Populer di Jogja

Yogyakarta, atau yang sering disebut Jogja, merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Kota ini memiliki beragam tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner. Salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi di Jogja adalah Taman Sari.

Taman Sari merupakan situs sejarah yang menjadi bagian dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, kompleks istana resmi Sultan Hamengkubuwono. Dahulu, Taman Sari digunakan sebagai tempat rekreasi dan relaksasi para bangsawan, serta sebagai tempat mandi para putri keraton.

Taman Sari terletak di Jalan Taman, Kota Yogyakarta. Tempat ini dapat dicapai dengan mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Setelah membayar tiket masuk yang terjangkau, pengunjung bisa menikmati keindahan dan sejarah yang tersembunyi di dalamnya.

Ketika memasuki Taman Sari, pengunjung akan disambut oleh kolam mandi yang luas dengan bangunan-bangunan kuno di sekitarnya. Bangunan-bangunan ini terbuat dari batu andesit dengan ornamen-ornamen khas Jawa yang indah. Suasana yang tenang dan sejuk langsung terasa ketika memasuki area Taman Sari.

Salah satu daya tarik utama Taman Sari adalah kompleks Kanoman, yaitu sebuah kawasan air yang terdiri dari kolam-kolam dan terowongan bawah tanah. Kolam-kolam di Kanoman dulunya digunakan untuk mandi dan rekreasi para putri keraton. Pengunjung dapat menaiki perahu tradisional yang tersedia untuk menjelajahi kolam-kolam ini.

Selain itu, terowongan-terowongan bawah tanah di Taman Sari juga menawarkan pengalaman menarik bagi pengunjung. Terowongan ini digunakan sebagai jalur rahasia oleh Sultan dan keluarganya. Pengunjung dapat menjelajahi terowongan-terowongan ini yang dipenuhi dengan jalan sempit dan ruangan-ruangan kecil yang menarik.

Selama menjelajahi Taman Sari, pengunjung juga bisa melihat berbagai fasilitas dan bangunan bersejarah lainnya, seperti bekas pemandian para putri keraton, kompleks pemakaman keluarga keraton, serta bangunan istana yang dulunya menjadi tempat tinggal sultan dan keluarganya.

BACA JUGA :  Jelajahi keindahan Jembatan Kretek di Bantul, Jogja - Yuk jelajah tempat wisata Jogja ini!

Selain dapat menikmati keindahan sejarah, pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh di area sekitar Taman Sari. Terdapat berbagai toko souvenir yang menjual berbagai macam barang unik dan khas Jogja, seperti batik, kerajinan tangan, dan makanan khas.

Taman Sari buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 – Rp15.000 per orang, tergantung pada jenis tiket yang dipilih. Pengunjung juga dapat menyewa pemandu lokal yang ramah dan berpengetahuan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang sejarah dan keindahan Taman Sari.

Tidak ada batasan waktu untuk menikmati Taman Sari, tetapi sebaiknya kunjungan dilakukan pada hari kerja atau di pagi hari untuk menghindari keramaian. Mengingat popularitasnya sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Jogja, Taman Sari dapat menjadi cukup ramai terutama saat akhir pekan dan liburan.

FAQ

1. Apa saja fasilitas yang tersedia di Taman Sari?
Taman Sari dilengkapi dengan toilet, area parkir, dan area istirahat untuk pengunjung. Ada juga pedagang makanan dan minuman di dalam kompleks untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

2. Apa yang sebaiknya dibawa ketika berkunjung ke Taman Sari?
Sebaiknya pengunjung membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Taman Sari. Selain itu, sebaiknya juga membawa topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik.

3. Bagaimana cara mencapai Taman Sari jika menggunakan angkutan umum?
Pengunjung dapat naik angkutan umum seperti Trans Jogja dan turun di halte yang berada dekat dengan Taman Sari. Dari sana, pengunjung hanya perlu berjalan beberapa menit untuk mencapai lokasi.

4. Apakah ada restoran di dalam kompleks Taman Sari?
Tidak ada restoran di dalam kompleks Taman Sari, tetapi pengunjung dapat mencari makanan di area sekitar atau membawa bekal untuk piknik.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja: Destinasi Menakjubkan yang Wajib Dikunjungi

5. Apakah ada panduan wisata yang disediakan di Taman Sari?
Ya, terdapat pemandu wisata yang dapat disewa di Taman Sari. Pemandu akan memberikan informasi yang lebih mendalam tentang sejarah dan keindahan Taman Sari.

Kesimpulan

Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Dengan bangunan-bangunan kuno yang indah, kolam-kolam yang menarik, dan terowongan bawah tanah yang misterius, tempat tersebut menawarkan pengalaman sejarah yang unik.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana Jogja yang khas dengan berbelanja oleh-oleh di sekitar Taman Sari. Harga tiket masuk yang terjangkau membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan dengan anggaran terbatas.

Taman Sari buka setiap hari dan siap menyambut pengunjung dengan sambutan hangat. Jadi, jika Anda berencana melakukan perjalanan ke Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Taman Sari.