#explorejogja photo today by  taken at Waduk Sermo, Kulon Progo....

Jelajah Keindahan Alam di Wisata Jogja – Waduk Sermo, Kulon Progo

Jogja, atau Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Kota ini memiliki beragam tempat wisata menarik yang menawarkan keindahan alam, budaya, sejarah, dan kuliner yang khas. Salah satu tempat wisata yang layak untuk dikunjungi di Jogja adalah Waduk Sermo di Kulon Progo.

1601472253 903 Jelajah Wisata Jogja Yuk jelajah tempat wisata Jogja ini - Jelajah Keindahan Alam di Wisata Jogja - Waduk Sermo, Kulon Progo

Waduk Sermo adalah sebuah waduk buatan yang terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, sekitar 35 kilometer barat daya kota Yogyakarta. Waduk ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang indah dan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Melati.

Tempat ini menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Saat Anda tiba di Waduk Sermo, Anda akan disambut dengan air yang biru jernih dan udara segar pegunungan. Suasana yang tenang dan hening membuat tempat ini cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Waduk Sermo sangat beragam. Anda dapat menyewa perahu atau kano untuk berkeliling waduk dan menikmati pemandangan yang indah. Anda juga dapat memancing di sini, karena waduk ini memiliki banyak jenis ikan seperti mujair, nila, dan lele. Bagi pecinta olahraga air, Anda dapat mencoba berbagai permainan air seperti jetski dan banana boat yang disediakan di waduk ini.

Selain itu, Waduk Sermo juga terkenal dengan air terjunnya yang menakjubkan. Terdapat beberapa air terjun yang dapat Anda jelajahi di sekitar waduk, seperti Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Kedung Pengilon, dan Air Terjun Kedung Oya. Anda dapat melakukan trekking atau hiking untuk mencapai air terjun ini dan menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

Bagi Anda yang suka camping, Waduk Sermo juga menyediakan area perkemahan yang nyaman dan aman. Anda dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di tempat ini. Menikmati malam di dekat waduk dengan suasana yang tenang dan pemandangan bintang yang indah pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Kangen kan nongkrong gini?Sama, kami juga :) Bosen kan social distancing, kami...

Fasilitas yang disediakan di Waduk Sermo juga cukup lengkap. Terdapat toilet umum, tempat parkir, dan warung makan yang menjual makanan dan minuman ringan. Namun, karena lokasinya yang agak terpencil, disarankan untuk membawa perlengkapan pribadi seperti air minum dan makanan yang cukup.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Waduk Sermo, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, jangan lupa membawa perlengkapan yang sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan, seperti pakaian ganti, perlengkapan memancing, dan perlengkapan camping jika Anda berniat untuk menginap. Kedua, perhatikan keselamatan saat bermain air, terutama jika Anda tidak bisa berenang. Gunakanlah perahu atau pelampung yang disediakan saat Anda ingin bermain di air. Ketiga, jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan. Buanglah sampah pada tempatnya dan jangan merusak alam sekitar.

FAQ:

1. Apakah ada biaya masuk ke Waduk Sermo?
Ya, terdapat biaya masuk ke Waduk Sermo. Biaya masuknya sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang.

2. Apakah ada penginapan di sekitar Waduk Sermo?
Saat ini belum terdapat penginapan di sekitar Waduk Sermo. Namun, Anda dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di tempat tersebut.

3. Apakah ada pemandu wisata di Waduk Sermo?
Tidak ada pemandu wisata resmi di Waduk Sermo. Namun, Anda dapat meminta bantuan petugas yang ada di sana untuk memberikan informasi dan petunjuk.

4. Bagaimana rute menuju Waduk Sermo?
Rute menuju Waduk Sermo bisa melalui dua jalur. Jalur pertama adalah melalui Jembatan Kolan di Jalan Sorogenen, Wates, Kulon Progo. Jalur kedua adalah melalui Jalan Piyungan-Kokap yang melewati Kecamatan Piyungan, Bantul. Anda dapat menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps untuk memudahkan perjalanan.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Menarik di Jogja - Destinasi Wisata Populer di Indonesia

5. Apakah Waduk Sermo aman untuk berenang?
Waduk Sermo belum diizinkan untuk aktivitas berenang karena alirannya yang cukup kuat dan adanya wijaya kusuma alias pusaran air.

Conclusion:

Jadi, jika Anda ingin menikmati keindahan alam Jogja yang tenang dan sejuk, Waduk Sermo adalah pilihan yang tepat. Dengan pemandangan yang indah, aktivitas yang beragam, dan fasilitas yang memadai, tempat ini akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keselamatan selama berada di Waduk Sermo. Selamat berlibur!