#es_events

 kembali diselenggarakan oleh  Acara Yang diadakan di Pantai Batu Na...

Acara Jelajah Wisata Sukabumi di Pantai Batu Namprak – Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Sukabumi

Jelajah Wisata Sukabumi – #es_events
Jelajah Wisata Sukabumi adalah acara tahunan yang diadakan di Pantai Batu Namprak, Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi. Acara ini diorganisir oleh ciletuhgeofest dan didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Jelajah Wisata Sukabumi berlangsung selama 2 hari pada tanggal 27-28 Agustus 2016 dan diikuti oleh masyarakat sekitar Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, wisatawan domestik, dan wisatawan mancanegara.

Sebelum acara utama dimulai, ada beberapa kegiatan pre-event yang dilaksanakan seperti sosialisasi, ekspedisi, pelatihan, dan pameran Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival. Acara ini memiliki tema “Nature meets Culture” dan menampilkan berbagai acara utama yang tersebar di kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

Beberapa acara utama yang diadakan selama Jelajah Wisata Sukabumi antara lain:

1. #GeoDive: Acara diving di Pantai Karang Antuk dan Sodong Parat. Peserta dapat menikmati keindahan bawah laut dan kekayaan bio-diversitas di kawasan geopark.

2. #GeoSurf: Acara selancar di Pantai Cipaku dan Pantai Ombak Tujuh. Para peserta dapat menikmati ombak yang cocok untuk olahraga selancar.

3. #GeoBike: Acara bersepeda di Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Peserta diajak untuk menjelajahi wilayah geopark menggunakan sepeda.

4. #GeoKite: Acara terbang layang-layang di Pantai Batu Namprak. Peserta dapat menikmati serunya terbang layang-layang di tepian pantai.

5. #GeoVaganza: Acara bermain pasir di Pantai Kalapa Condong. Peserta dapat bermain pasir dan menikmati suasana pantai yang indah.

Selain acara utama, juga ada kegiatan bakti lingkungan seperti penanaman mangrove dan adopsi penyu oleh wisatawan yang datang ke acara Jelajah Wisata Sukabumi. Selain itu, juga dilakukan kegiatan bersih-bersih pantai yang melibatkan masyarakat sekitar dan wisatawan domestik maupun mancanegara. Selama acara ini juga terdapat penjualan produk-produk unggulan khas Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu seperti kue penyu dan kue punggung naga.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bandung - A little bit of blue sea, passing in a calm wave of space.Photo by #exploreba...

Kesuksesan acara ini tidak lepas dari keterlibatan aktif masyarakat lokal dan dukungan Pemerintah Daerah. Acara Jelajah Wisata Sukabumi juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu dalam menjadi UNESCO GLOBAL GEOPARK pada tahun 2017. Acara ini juga memiliki tujuan untuk memuliakan bumi dan mensejahterakan masyarakat.

Bagi para wisatawan yang tertarik untuk menjelajah tempat-tempat wisata di Sukabumi, kawasan Ujung Genteng Beach merupakan salah satu destinasi yang menarik. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya, pasir putih yang bersih, dan ombak yang cocok untuk berselancar. Selain itu, di sekitar Pantai Ujung Genteng juga terdapat berbagai akomodasi seperti hotel, penginapan, dan restoran yang siap untuk menyambut para wisatawan.

Dengan mengunjungi Sukabumi, Anda dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan, melakukan berbagai aktivitas outdoor seperti selancar, diving, dan bersepeda, serta menikmati kelezatan kuliner lokal. Sukabumi juga memiliki budaya yang kaya dan beragam, dengan adanya acara Jelajah Wisata Sukabumi yang menggabungkan nature dan culture, wisatawan dapat merasakan keunikan dan keindahan kawasan tersebut.

Sukabumi juga memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Curug Cikaso, Danau Situ Gunung, dan masih banyak lagi. Dengan begitu banyak pilihan tempat wisata, Sukabumi merupakan destinasi yang cocok untuk dikunjungi bagi para penggemar alam dan petualangan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Kapan Jelajah Wisata Sukabumi diadakan?
Jelajah Wisata Sukabumi diadakan selama 2 hari pada tanggal 27-28 Agustus 2016.

2. Dimana lokasi Jelajah Wisata Sukabumi?
Jelajah Wisata Sukabumi diadakan di Pantai Batu Namprak, Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi.

3. Apa saja acara utama yang diadakan selama Jelajah Wisata Sukabumi?
Acara utama yang diadakan selama Jelajah Wisata Sukabumi antara lain #GeoDive, #GeoSurf, #GeoBike, #GeoKite, dan #GeoVaganza.

BACA JUGA :  Enam Tempat Wisata Menarik di Sukabumi: Destinasi Liburan yang Tak Terlupakan

4. Apakah ada kegiatan bakti lingkungan yang dilakukan selama acara ini?
Ya, selama Jelajah Wisata Sukabumi juga dilakukan kegiatan bakti lingkungan seperti penanaman mangrove dan adopsi penyu.

5. Bagaimana cara menuju Sukabumi?
Sukabumi dapat diakses melalui jalur darat dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

Conclusion

Jelajah Wisata Sukabumi merupakan acara wisata yang berlangsung selama 2 hari di Pantai Batu Namprak, Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi. Acara ini diadakan oleh ciletuhgeofest bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Jelajah Wisata Sukabumi menawarkan berbagai kegiatan mulai dari diving, selancar, bersepeda, layang-layang, hingga bermain pasir. Selain itu, juga terdapat kegiatan bakti lingkungan seperti penanaman mangrove dan adopsi penyu. Acara ini juga menjadi upaya untuk mendukung Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu dalam menjadi UNESCO GLOBAL GEOPARK pada tahun 2017. Dengan keindahan alamnya dan kegiatan yang menarik, Sukabumi merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.