Holyday is here.
Photo by  #exploresukabumi...

Jelajah Wisata Sukabumi – Liburanmu di Sini

Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, Sukabumi menawarkan berbagai pilihan destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan liburan yang seru dan menyenangkan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata Sukabumi yang menarik untuk dikunjungi.

1. Wana Wisata Situ Cipiit
Salah satu tempat wisata menarik di Sukabumi adalah Wana Wisata Situ Cipiit. Tempat ini terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Gunungguruh, sekitar 30 km dari pusat kota Sukabumi. Letaknya yang berada di kawasan pegunungan membuat Situ Cipiit memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Di Wana Wisata Situ Cipiit, pengunjung bisa menikmati keindahan dan keasrian alam dengan berjalan-jalan di sekitar danau, bersepeda, atau berkeliling dengan perahu. Selain itu, ada juga fasilitas camping ground untuk menginap semalam di bawah tenda di tengah alam yang asri.

2. Gunung Gede Pangrango National Park
Gunung Gede Pangrango National Park adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Sukabumi. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 24,270 hektar dan dikelilingi oleh kota-kota seperti Sukabumi, Bogor, dan Cianjur.

Di Gunung Gede Pangrango National Park, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, camping, atau sekadar menikmati keindahan alam di sekitar. Ada banyak jalur pendakian yang bisa dipilih sesuai dengan tingkat kesulitan dan pengalaman, sehingga cocok bagi pemula maupun pendaki yang berpengalaman.

3. Curug Cipamingkis
Jika Anda ingin menikmati keindahan air terjun, maka Curug Cipamingkis bisa menjadi pilihan. Air terjun ini terletak di Kampung Lio, Desa Kalong I, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melakukan trekking selama sekitar 1 jam dari pintu masuk.

BACA JUGA :  Jelajah Keindahan Wisata Bandung - Gedung De Majestic Tetap Memukau Setelah Satu Abad

Sesampainya di Curug Cipamingkis, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah, air terjun yang mempesona, dan kolam alami yang mengundang untuk berenang atau berendam. Tempat ini cocok bagi pecinta alam dan penggemar fotografi alam.

4. Gunung Selaksa
Gunung Selaksa adalah salah satu gunung yang terkenal di Sukabumi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.050 meter di atas permukaan laut. Gunung Selaksa menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan hutan yang hijau dan udara segar yang menghampiri.

Untuk mendaki Gunung Selaksa, sebaiknya pengunjung memiliki pengalaman mendaki gunung sebelumnya atau disertai dengan pemandu lokal yang berpengalaman. Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman mendaki, Anda masih bisa menikmati pemandangan indah dengan melakukan kegiatan trekking di sekitar kaki Gunung Selaksa.

5. Pantai Cimaja
Sukabumi juga memiliki pantai yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Cimaja. Pantai ini terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, dan merupakan salah satu destinasi surfing populer di Jawa Barat.

Pantai Cimaja menawarkan pasir putih yang lembut, ombak yang cocok untuk berselancar, dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Selain berselancar, pengunjung juga bisa menikmati panorama pantai sambil duduk santai di tepi pantai atau berfoto dengan latar belakang panorama yang indah.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Sukabumi?
Untuk menuju Sukabumi, dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, dapat menggunakan transportasi umum seperti bus dari terminal atau stasiun terdekat. Sukabumi juga dapat dicapai dengan kereta api dari Jakarta atau kota-kota besar lainnya.

2. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Sukabumi?
Sukabumi dapat dikunjungi sepanjang tahun, namun waktu terbaik untuk mengunjungi Sukabumi adalah pada musim kemarau, sekitar bulan Mei hingga September. Pada waktu tersebut, cuaca biasanya cerah dan kering, sehingga memudahkan aktivitas wisata di luar ruangan.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Sukabumi: Destinasi Wisata Menarik di Jawa Barat

3. Apa makanan khas Sukabumi?
Salah satu makanan khas Sukabumi yang terkenal adalah nasi liwet. Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam, empal, atau ikan asin. Selain itu, Sukabumi juga terkenal dengan kerupuk oncom, sebuah kerupuk yang terbuat dari campuran oncom dan tepung beras.

4. Apa penginapan terdekat di Sukabumi?
Sukabumi memiliki berbagai pilihan penginapan, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan budget. Beberapa penginapan terdekat di Sukabumi antara lain The Highland Park Resort, Horison Hotel Sukabumi, dan Sensa Hotel.

Kesimpulan:
Sukabumi adalah kota dengan banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan alamnya yang masih asri dan udara yang sejuk, Sukabumi adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman-teman. Mulai dari danau, gunung, air terjun, hingga pantai, Sukabumi menawarkan berbagai macam pilihan destinasi wisata yang dapat memenuhi berbagai minat dan kesukaan pengunjung.