"Tendang layang Kendang Penca"

Gendang penca atau kendang penca satu seni yang ...

Jelajah Wisata Sukabumi – Keindahan Alam dan Seni Kendang Penca di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Sukabumi adalah salah satu kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata yang populer di Sukabumi adalah Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Di sini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan sambil menikmati budaya dan seni tradisional yang unik. Salah satu keunikan budaya yang dapat ditemukan di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu adalah seni kendang penca atau gendang penca.

Seni kendang penca merupakan salah satu seni yang tidak terlepas dari seni pencak silat. Seni ini merupakan perpaduan antara gerakan pencak silat dan iringan musik kendang, kecapi, dan terompet. Seni kendang penca memiliki sejarah panjang dan merupakan warisan tak ternilai dari para karuhun atau leluhur sunda.

Sayangnya, seni kendang penca saat ini semakin tersisihkan dan bahkan dianggap langka, terutama di kalangan anak muda. Oleh karena itu, kunjungan ke Geopark Ciletuh-Palabuhanratu adalah kesempatan yang baik untuk mengenal dan mengapresiasi seni kendang penca ini. Biasanya, wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan kendang penca saat ada hajatan atau acara Sabilulungan di Desa Tamanjaya, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, pada bulan Oktober-November.

Tidak hanya seni kendang penca, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu juga menawarkan keindahan alam yang mempesona. Geopark ini terletak di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan memiliki luas sekitar 123.077 hektar. Di Geopark ini, terdapat beragam atraksi wisata alam seperti air terjun, pantai, dan gua. Salah satu atraksi yang cukup terkenal adalah Goa Lalay dan Pantai Batu Nunggal.

Goa Lalay adalah gua yang terletak di Desa Ciparay, Kecamatan Ciemas. Gua ini memiliki panjang sekitar 600 meter dan terkenal dengan stalaktit dan stalagmit yang indah. Di dalam gua ini, pengunjung dapat menjelajah dan menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit yang terbentuk ribuan tahun yang lalu. Selain itu, terdapat pula kolam berair jernih di dalam gua ini.

BACA JUGA :  Menjelajahi Wisata Sukabumi: Pantai, Air Terjun, Gunung, dan Keajaiban Alam Lainnya!

Pantai Batu Nunggal adalah pantai yang terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciemas. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat batu raksasa yang menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil menikmati kegiatan berselancar.

Selain itu, terdapat pula objek wisata lainnya di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu seperti Pantai Ciletuh dan Curug Cigenter. Pantai Ciletuh adalah pantai yang memiliki panorama alam yang indah, dengan ombak yang cukup besar. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati kegiatan berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan. Curug Cigenter merupakan air terjun yang terletak di Desa Cibunar, Kecamatan Ciemas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang.

Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu lebih lanjut, terdapat juga beragam kegiatan outdoor yang bisa dilakukan di sini, seperti hiking, camping, dan memancing. Dengan keindahan alam yang luar biasa, Geopark ini menjadi destinasi yang ideal bagi para pecinta alam dan penggemar aktivitas outdoor.

Frequently Asked Questions (FAQ):

Q: Di mana Geopark Ciletuh-Palabuhanratu berada?
A: Geopark Ciletuh-Palabuhanratu terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Q: Apa yang membuat Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menarik?
A: Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menawarkan kombinasi antara keindahan alam yang mempesona dan keunikan budaya lokal, terutama seni kendang penca.

Q: Apa yang bisa saya lakukan di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu?
A: Di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Anda dapat menikmati keindahan alam seperti air terjun, pantai, dan gua. Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan seni kendang penca dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan outdoor seperti hiking dan camping.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Malam di Wisata Bandung - Destinasi Seru di Kota Paris van Java

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu adalah pada bulan Oktober-November saat ada acara Sabilulungan di Desa Tamanjaya.

Kesimpulan:

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu adalah tempat wisata yang menawarkan kombinasi antara keindahan alam yang mempesona dan keunikan budaya lokal. Di sini, wisatawan dapat menikmati atraksi wisata alam seperti air terjun, pantai, dan gua, serta menikmati pertunjukan seni kendang penca yang unik. Dengan berbagai kegiatan outdoor yang dapat dilakukan, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi destinasi yang ideal bagi pecinta alam dan penggemar aktivitas outdoor. Jadi, jika Anda ingin menjelajahi keindahan alam Sukabumi yang menakjubkan sambil mengenal budaya lokal, jangan lewatkan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dalam daftar destinasi liburan Anda.