#exploresukabumi photo by  taken at Curug Cigangsa, #Surade...

Jelajah Wisata Sukabumi – Nikmati Keindahan Alam dan Sejarahnya yang Menakjubkan!

Sukabumi adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat yang menawarkan berbagai tempat wisata menarik bagi para pengunjung. Dari gunung indah hingga pantai yang menakjubkan, Sukabumi memiliki segalanya untuk memenuhi kebutuhan liburan Anda. Di artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa tempat wisata terbaik di Sukabumi.

![Curug Cigangsa](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2020/11/1604317908_399_Jelajah-Wisata-Sukabumi-Yuk-jelajah-tempat-wisata-Sukabumi.jpg)

Curug Cigangsa adalah salah satu tempat wisata populer di Sukabumi. Curug ini terletak di Desa Surade dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 70 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil mendengar suara gemericik air yang jatuh ke dalam kolamnya.

Selain itu, Sukabumi juga memiliki Gunung Gede Pangrango, salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler serta jalur pendakian yang menantang bagi para pendaki. Gunung Gede Pangrango juga memiliki sejumlah air terjun yang indah, seperti Curug Putri dan Curug Ngumpet, yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Selain alam yang mempesona, Sukabumi juga memiliki beberapa objek wisata sejarah yang menarik. Salah satunya adalah Situs Megalitikum Gunung Padang. Situs ini merupakan salah satu peninggalan megalitikum terbesar di dunia dan diyakini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pengunjung dapat menjelajahi situs ini dan melihat reruntuhan bangunan kuno serta desain batu batuan yang menarik.

Bagi mereka yang mencari pengalaman menginap yang nyaman, Sukabumi juga memiliki sejumlah resort dan hotel berkualitas tinggi. Hotel dan resort ini menawarkan fasilitas modern dan pemandangan alam yang menakjubkan. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan kolam renang pribadi dan spa termasuk juga fasilitas olahraga seperti golf dan tenis.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Sukabumi dengan Akses Mudah Melalui Tol Bocimi

Dalam hal kuliner, Sukabumi juga memiliki banyak makanan enak yang patut dicoba. Salah satu hidangan tradisional yang terkenal di Sukabumi adalah sate maranggi. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipanggang dengan bumbu khusus dan disajikan dengan ketupat atau lontong. Rasanya sangat lezat dan menjadi favorit di kalangan warga lokal maupun wisatawan.

FAQ:

1. Bagaimana cara mencapai Curug Cigangsa?
Untuk mencapai Curug Cigangsa, Anda dapat mengikuti petunjuk arah ke Desa Surade, Sukabumi. Curug ini terletak di sekitar 4 jam perjalanan dari Jakarta.

2. Apakah ada jalur pendakian yang tersedia di Gunung Gede Pangrango?
Ya, terdapat beberapa jalur pendakian yang tersedia di Gunung Gede Pangrango. Beberapa di antaranya adalah jalur Cibodas, jalur Gunung Putri, dan jalur Selabintana.

3. Bagaimana cara menuju Situs Megalitikum Gunung Padang?
Situs Megalitikum Gunung Padang terletak di Desa Karyamukti, Sukabumi. Anda dapat mengikuti petunjuk arah ke sana dan mengikuti jalan raya hingga mencapai situs tersebut.

4. Apakah Sukabumi memiliki pantai yang indah?
Ya, Sukabumi juga memiliki beberapa pantai yang indah, seperti Pantai Cimaja dan Pantai Pelabuhan Ratu. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai ini serta melakukan berbagai kegiatan seperti berselancar dan memancing.

5. Apa lagi makanan khas dari Sukabumi selain sate maranggi?
Selain sate maranggi, Sukabumi juga terkenal dengan makanan seperti nasi liwet dan keripik tempe. Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas, sementara keripik tempe adalah camilan yang terbuat dari tempe yang digoreng renyah.

Conclusion:
Sukabumi menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang cocok untuk liburan Anda. Dari alam yang memukau hingga situs sejarah yang menarik, Sukabumi memiliki segalanya. Dengan makanan lezat dan akomodasi berkualitas tinggi, kunjungan Anda ke Sukabumi pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jadi, rencanakan perjalanan Anda dan jelajahi keindahan Sukabumi sekarang juga!

BACA JUGA :  Rekomendasi Tempat Wisata Lembang Bandung Wajib Kunjung!