Jika Sobat Pesona punya kesempatan berkunjung ke Lombok setelah pandemi ini bera...

Kunjungi Desa Sade di Lombok: Pengalaman Budaya yang Unik setelah Pandemi

Jika Sobat Pesona memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Lombok setelah pandemi berakhir, salah satu tempat yang harus Sobat Pesona kunjungi adalah Desa Sade. Desa ini menawarkan pengalaman yang unik dalam mengamati budaya, tradisi, dan aktivitas sehari-hari Suku Sasak.

Salah satu kegiatan sehari-hari yang menarik adalah menenun kain. Kain tenun yang dihasilkan Desa Sade telah dikenal di mancanegara karena keindahannya. Ada dua jenis kain tenun yang diproduksi di Desa Sade, yaitu tenun ikat dan tenun songket. Kain tenun songket ditandai dengan motif geometris yang mencolok dan warna-warna cerah. Sedangkan, kain tenun ikat memiliki warna yang lebih alami.

Selain menyaksikan proses pembuatan kain tenun, Sobat Pesona juga dapat menyaksikan serta terlibat dalam kegiatan tradisional Suku Sasak lainnya. Misalnya, Sobat Pesona dapat belajar membuat kerajinan tangan seperti anyaman bambu atau membuat makanan tradisional seperti plecing kangkung atau ayam taliwang. Juga, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi rumah-rumah tradisional yang merupakan karakteristik khas dari Desa Sade.

Desa Sade juga menawarkan pengalaman mengenakan baju tradisional khas Lombok. Sobat Pesona dapat berfoto dengan latar belakang rumah-rumah tradisional yang khas di desa ini. Hal ini akan menjadi kenang-kenangan yang menarik dari kunjungan Sobat Pesona ke Desa Sade.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Desa Sade?
Untuk menuju Desa Sade, Sobat Pesona dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Desa Sade terletak di Kabupaten Lombok Tengah, sekitar 30 kilometer dari Kota Mataram. Jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari Bandara Internasional Lombok dan sekitar 45 menit perjalanan dari pusat Kota Mataram.

2. Apakah ada biaya masuk ke Desa Sade?
Ya, untuk masuk ke Desa Sade, terdapat biaya masuk yang harus dibayar. Namun, biaya masuk ini sangat terjangkau dan sebanding dengan pengalaman yang Sobat Pesona dapatkan di desa ini.

BACA JUGA :  Kota ini memiliki banyak wisata religi mulai dari masjid, gereja hingga wihara....

3. Apa yang harus dibawa saat berkunjung ke Desa Sade?
Saat berkunjung ke Desa Sade, Sobat Pesona sebaiknya membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di desa ini. Juga, sebaiknya membawa uang tunai secukupnya untuk membeli oleh-oleh atau membeli produk tenun yang dihasilkan oleh warga desa.

4. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Desa Sade?
Desa Sade dapat dikunjungi sepanjang tahun. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi desa ini adalah saat musim kemarau (Maret hingga Oktober) karena cuaca yang cerah dan lebih stabil.

5. Apakah ada akomodasi di dekat Desa Sade?
Ya, terdapat beberapa akomodasi di sekitar Desa Sade. Sobat Pesona dapat memilih dari berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan yang lebih sederhana. Beberapa akomodasi terdekat dengan Desa Sade adalah Kuta Indah Hotel, Sempiak Villas, dan Novotel Lombok.

Kesimpulan:

Desa Sade di Lombok Tengah adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan jika Sobat Pesona berkunjung ke Lombok. Di desa ini, Sobat Pesona dapat mengamati dari dekat budaya, tradisi, dan aktivitas sehari-hari Suku Sasak. Sobat Pesona akan memiliki kesempatan untuk melihat proses pembuatan kain tenun, belajar membuat kerajinan tangan, mencoba makanan tradisional, dan mengenakan baju tradisional khas Lombok. Desa Sade juga menawarkan latar belakang rumah-rumah tradisional yang indah untuk foto-foto. Jadi, pastikan untuk mengunjungi Desa Sade saat Sobat Pesona berada di Lombok.