#explorejogja photo today by  taken at Kebun Buah Mangunan, Dlingo, Bantul....

Panduan Wisata Ke Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

Ketika Anda merencanakan liburan di Yogyakarta, ada begitu banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang patut Anda pertimbangkan adalah Kebun Buah Mangunan. Terletak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, Kebun Buah Mangunan merupakan destinasi yang menawarkan pengalaman alam yang memukau dan udara segar di daerah pegunungan. Artikel ini akan menjadi panduan lengkap bagi Anda yang ingin menjelajahi keindahan dan pesona Kebun Buah Mangunan.

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Sebelum Anda memulai perjalanan menuju Kebun Buah Mangunan, penting untuk mengetahui rute yang tepat. Dari pusat kota Yogyakarta, berikut adalah rute yang dapat Anda ikuti:

  1. Dari Jalan Malioboro: Mulailah dari Jalan Malioboro, yang merupakan salah satu jalan utama di Yogyakarta.
  2. Menuju Selatan: Arahkan kendaraan Anda ke selatan dan lanjutkan perjalanan melewati Pasar Beringharjo dan Museum Benteng Vrederburg.
  3. Ke Jalan Panembahan Senopati: Setelah melewati Museum Benteng Vrederburg, belok ke arah Jalan Panembahan Senopati.
  4. Menuju Jalan Brigjen Katamso: Dari Jalan Panembahan Senopati, belok kanan ke arah Jalan Brigjen Katamso.
  5. Ke Jalan Kolonel Sugiyono: Lanjutkan perjalanan ke arah kiri menuju Jalan Kolonel Sugiyono.
  6. Belok ke Jalan Sisingamangaraja: Setelahnya, belok kanan ke Jalan Sisingamangaraja.
  7. Menuju Jalan Imogiri Barat: Teruslah mengikuti Jalan Sisingamangaraja hingga Anda sampai di Jalan Imogiri Barat.
  8. Susuri Jalan ke Pasar Barongan: Dari Jalan Imogiri Barat, teruslah menjalani perjalanan hingga Anda tiba di pertigaan Pasar Barongan.
  9. Belok ke Jalan Bakulan Imogiri: Dari pertigaan Pasar Barongan, ambil arah kiri ke Jalan Bakulan Imogiri.
  10. Ke Jalan Makam Raja: Lalu, lanjutkan perjalanan hingga Anda sampai di pertigaan dan ambil arah kiri ke Jalan Makam Raja.
  11. Ke Jalan Imogiri-Dlingo: Setelahnya, ambil arah kanan di pertigaan dekat Kantor Polisi Imogiri, ke Jalan Imogiri-Dlingo.
  12. Sampai di Kebun Buah Mangunan: Dari Jalan Imogiri-Dlingo, Anda hanya perlu menyusuri jalan sampai tiba di pertigaan dekat Desa Wisata Kaki Langit. Belok kanan, lalu terus hingga sampai kawasan Kebun Buah Mangunan.

Catatan: Meskipun rute ini sebagian besar adalah jalan yang bagus, untuk bus besar, Anda disarankan untuk menghubungi pengelola Kebun Buah Mangunan terlebih dahulu untuk reservasi karena ada sebagian jalan yang mungkin agak sempit. Pengelola dapat membantu sterilisasi jalan agar bus besar dapat masuk dengan nyaman. Nomor kontak pengelola: +6281904115762.

Kondisi Jalan Menuju Kebun Buah Mangunan

Menurut pengelola Kebun Buah Mangunan, kondisi jalan menuju destinasi ini sudah sangat baik. Dari arah kota Yogyakarta, jalannya dalam kondisi bagus dan cocok untuk segala jenis kendaraan, termasuk bus besar. Hanya ada sebagian kecil jalan yang agak sempit, tetapi bus besar masih dapat melaluinya dengan hati-hati.

Jika Anda memutuskan untuk membawa bus besar, disarankan untuk menghubungi pengelola terlebih dahulu untuk reservasi dan sterilisasi jalan. Namun, beberapa bus besar mungkin enggan masuk karena keterbatasan pengalaman pengemudi. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan jeep atau menyewa mobil shuttle dari Rumah Hobbit hingga Kebun Buah Mangunan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Temukan Keindahan dan Budaya yang Menakjubkan di Jogja!

Jika bus besar Anda berani masuk ke kawasan Kebun Buah Mangunan, ada area khusus parkir yang terletak sekitar 600 meter dari gardu pandang Kebun Buah Mangunan. Dari sana, Anda dapat berjalan kaki atau menyewa mobil shuttle untuk mencapai gardu pandang.

Untuk jenis kendaraan lain seperti motor, mobil, bus kecil, atau elf, masih dapat masuk dengan nyaman ke kawasan Kebun Buah Mangunan. Area parkir tersedia di Area 3 atau dekat lokasi gardu pandang.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada kendaraan umum yang melalui kawasan Kebun Buah Mangunan, jadi wisatawan biasanya harus menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke sana.

Jam Buka dan Harga Tiket Kebun Buah Mangunan

Saat ini, Kebun Buah Mangunan telah dibuka kembali untuk pengunjung seperti sebelum pandemi. Menurut pengelola wisata, harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan adalah sebagai berikut:

  • Rp 7.000 per orang untuk hari biasa.
  • Rp 8.000 per orang untuk hari libur.

Catatan: Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memeriksa harga tiket terbaru sebelum Anda berkunjung.

Spot Menarik di Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan menawarkan berbagai spot menarik yang dapat Anda nikmati selama kunjungan Anda. Berikut beberapa di antaranya:

1. Hutan Pinus

Hutan Pinus di Mangunan adalah salah satu daya tarik utama. Terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, hutan pinus ini memiliki pemandangan yang spektakuler. Jalan menuju hutan ini, walaupun berkelok-kelok, memberikan pengalaman perjalanan yang menarik. Pohon pinus yang menjulang tinggi, terutama Pinus Merkusii, memberikan nuansa yang sangat eksotis dan romantis. Hutan Pinus Mangunan adalah tempat yang ideal untuk berjalan-jalan, berfoto, atau sekadar bersantai sambil menikmati keindahan alam.

2. Puncak Becici

Puncak Becici adalah salah satu spot populer di Kebun Buah Mangunan. Terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, puncak ini menawarkan pemandangan alam yang memesona. Lokasinya yang tinggi membuat Anda dapat melihat keindahan alam sekitar dengan lebih jelas. Keberadaan Puncak Becici di atas awan memberikan pengalaman unik dan magis, terutama saat matahari terbit. Inilah tempat yang sempurna untuk menikmati matahari terbit dengan lapisan kabut yang tipis.

3. Negeri di Atas Awan (Puncak Akar Langit)

Puncak Akar Langit, yang juga dikenal sebagai Negeri di Atas Awan, adalah salah satu destinasi terbaik di Kebun Buah Mangunan. Puncak ini terkenal karena pemandangan matahari terbitnya yang luar biasa. Saat matahari terbit di atas kabut tipis, Anda akan merasa seolah-olah berada di negeri di atas awan. Suasana yang tenang dan indah membuat tempat ini sangat cocok untuk bermeditasi, berfoto, atau sekadar menikmati kedamaian alam.

4. Pembibitan Sapi

Salah satu hal yang unik di Kebun Buah Mangunan adalah keberadaan pembibitan sapi. Pengelola wisata telah menyediakan area khusus yang berfungsi sebagai tempat pembibitan sapi dan sebagai sarana edukasi. Wisatawan dapat melihat dan belajar tentang pemeliharaan sapi serta memahami pentingnya peternakan bagi masyarakat setempat. Selain itu, ada sejumlah wahana hiburan lain yang disediakan di Kebun Buah Mangunan.

5. Tanaman Hias dan Buah

Kebun Buah Mangunan sesuai namanya, menawarkan berbagai macam tanaman hias dan buah-buahan. Area yang luas ini ditanami dengan berbagai jenis tanaman yang menciptakan lanskap yang indah dan hijau. Salah satu hal yang menarik adalah Anda dapat memetik buah-buahan langsung dari pohonnya (tergantung pada musim panen). Harga untuk memetik buah biasanya sangat terjangkau, seperti Rp 5.000 per kilogram untuk mangga, Rp 4.000 per kilogram untuk rambutan, dan sebagainya.

6. Berkemah atau Camping

Bagi mereka yang suka petualangan dan ingin merasakan sensasi berkemah di alam, Kebun Buah Mangunan menawarkan fasilitas berkemah. Anda dapat membawa perlengkapan berkemah sendiri dan menikmati malam di tengah keindahan alam Kebun Buah Mangunan. Biaya berkemah sangat terjangkau, biasanya sekitar Rp 5.000 per orang.

7. Memancing

Bagi para penggemar memancing, Kebun Buah Mangunan juga memiliki kolam pemancingan yang luas. Anda dapat menikmati berjam-jam bermain memancing dengan latar belakang pemandangan yang indah. Biaya memancing biasanya hanya sekitar Rp 2.000 per orang.

8. Bersepeda

Kebun Buah Mangunan dikelilingi oleh pepohonan, menciptakan suasana yang mirip hutan. Inilah alasan mengapa bersepeda di sekitar tempat wisata ini sangat menarik. Anda dapat menyewa sepeda di sini dengan biaya sekitar Rp 50.000 per sepeda. Nikmati rute menurun yang menarik untuk berolahraga dan merasakan alam dengan cara yang unik.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Jogja yang Menakjubkan! - Yuk Temukan Destinasi Seru di Jogja!

9. Jembatan Gantung

Jika Anda mencari sensasi yang lebih ekstrem, cobalah wahana jembatan gantung di Kebun Buah Mangunan. Wahana ini menawarkan pengalaman berjalan di atas lembah dengan jembatan yang menggantung di atasnya. Ini adalah tempat yang sempurna bagi para petualang yang mencari sensasi tinggi.

10. Outbound

Kebun Buah Mangunan juga menyediakan wahana outbound yang menarik. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda datang dengan kelompok besar atau rombongan. Beberapa wahana outbound yang tersedia termasuk flying fox, jembatan goyang, dan berbagai permainan lainnya. Anda dapat berpartisipasi dalam aktivitas ini dengan membayar biaya tertentu, biasanya sekitar Rp 200.000 untuk kelompok sepuluh orang.

11. Berenang

Bagi yang ingin menikmati kesegaran air, Kebun Buah Mangunan memiliki kolam renang. Kolam renang ini menggunakan air dari sumber alami di perkebunan, memberikan pengalaman berenang yang segar dan alami. Harganya sangat terjangkau, sekitar Rp 2.000 per jam.

12. Hunting Foto

Kebun Buah Mangunan juga merupakan surga bagi para pecinta fotografi. Dengan latar belakang pemandangan alam yang menakjubkan, ini adalah tempat yang sempurna untuk melakukan sesi foto. Pemandangan matahari terbit di atas awan, hutan pinus yang indah, dan pemandangan alam lainnya akan memberikan hasil foto yang luar biasa. Jadi, pastikan untuk membawa kamera Anda dan siap-siap untuk mengabadikan momen-momen indah ini.

Jam Buka Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan biasanya buka dari pagi hingga sore. Jam operasionalnya berkisar antara pukul 04.30 hingga 18.00 WIB. Disarankan untuk datang lebih awal, terutama jika Anda ingin menikmati matahari terbit yang indah di puncak.

Selain itu, Kebun Buah Mangunan buka setiap hari, jadi Anda dapat mengunjunginya kapan saja sesuai dengan rencana Anda. Pastikan untuk memeriksa jam buka terbaru sebelum Anda pergi, karena dapat berubah tergantung pada situasi dan kondisi.

Penginapan di Sekitar Kebun Buah Mangunan

Jika Anda berasal dari luar kota atau ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Kebun Buah Mangunan, ada beberapa pilihan penginapan di sekitar area wisata ini. Berikut beberapa hotel dan penginapan yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Tembi Rumah Budaya

Terletak dekat dengan Kebun Buah Mangunan, Tembi Rumah Budaya adalah penginapan yang nyaman dengan beragam fasilitas. Fasilitas yang disediakan mencakup kamar dengan penyejuk udara, TV LCD, akses internet nirkabel gratis, kamar mandi dengan shower, dan layanan laundry. Harga kamar dimulai dari sekitar Rp 762.000 per malam.

2. d’Omah Hotel Yogyakarta

Hotel ini terletak di daerah pedesaan yang dekat dengan Kebun Buah Mangunan. Hotel berbintang 4 ini menawarkan fasilitas seperti spa pijat, perawatan tubuh, kolam renang outdoor, sauna, dan pusat kebugaran. Harga kamar dimulai dari sekitar Rp 1.067.491 per malam.

3. ROS-IN HOTEL Yogyakarta

Hotel bintang 4 ini juga tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Fasilitas yang disediakan termasuk kamar dengan penyejuk udara, akses internet gratis, TV kabel, kamar mandi pribadi, shower, dan pengering rambut. Harga kamar dimulai dari sekitar Rp 499.001 per malam.

Pastikan untuk memesan penginapan Anda sebelumnya, terutama jika Anda berkunjung pada musim liburan atau akhir pekan, karena penginapan bisa menjadi penuh cepat.

Tips Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan

Agar kunjungan Anda ke Kebun Buah Mangunan berjalan lancar dan nyaman, berikut beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Menyiapkan Kamera yang Siap Pakai

Kebun Buah Mangunan adalah surga bagi para fotografer dan pecinta selfie. Pastikan untuk membawa kamera dengan baterai yang terisi penuh dan ruang penyimpanan yang cukup untuk mengabadikan momen-momen indah selama kunjungan Anda. Sunrise di atas awan, hutan pinus yang megah, dan pemandangan alam lainnya pasti akan membuat Anda ingin mengambil banyak foto.

2. Memperhatikan Waktu Kunjungan

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kebun Buah Mangunan adalah pagi hari. Pada pagi hari, Anda akan memiliki kesempatan terbaik untuk menikmati matahari terbit yang indah dan pemandangan kabut yang memukau. Selain itu, cuaca biasanya lebih sejuk pada pagi hari, sehingga Anda dapat menjelajahi area wisata dengan lebih nyaman.

3. Menyiapkan Tenaga Ekstra

Kebun Buah Mangunan memiliki area yang luas, dan Anda mungkin perlu berjalan cukup jauh untuk mencapai beberapa spot menarik. Pastikan Anda memiliki sepatu yang nyaman dan cukup minum untuk menjaga energi Anda selama perjalanan. Juga, bersiaplah untuk berjalan kaki, karena pengelola wisata tidak menyediakan fasilitas kendaraan di dalam kawasan ini.

BACA JUGA :  Explore Wisata Jogja - Jelajahi Tempat Wisata Jogja yang Menarik

4. Datang Bersama Keluarga atau Teman

Kebun Buah Mangunan adalah tempat yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Pemandangan yang memukau dan beragam aktivitas yang ditawarkan akan membuat kunjungan Anda lebih seru jika Anda datang bersama orang-orang yang Anda cintai. Juga, ini bisa menjadi pengalaman berharga untuk berbagi bersama.

5. Menghormati Lingkungan

Selama kunjungan Anda, pastikan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu gunakan tempat sampah yang disediakan. Kebun Buah Mangunan adalah aset alam yang perlu dilestarikan, jadi mari kita semua berperan aktif dalam menjaganya agar tetap indah.

FAQ – Kebun Buah Mangunan: Keindahan dan Kenikmatan di Pelukan Alam

1. Ada Buah Apa Saja di Kebun Buah Mangunan?

Kebun Buah Mangunan adalah surga bagi para pecinta buah-buahan. Berbagai jenis pohon buah ditanam di area ini, yang menjadikannya destinasi yang menarik bagi siapa saja yang ingin menikmati kekayaan alam yang lezat. Saat ini, Anda bisa menemukan berbagai macam buah di sini, termasuk:

a. Durian

Dikenal sebagai “raja buah,” durian adalah buah yang sangat dihargai di Asia Tenggara. Rasanya yang unik, manis, dan sedikit berbau kuat menjadikannya favorit banyak orang.

b. Jeruk

Jeruk yang segar dan lezat dapat ditemukan di Kebun Buah Mangunan. Ini adalah pilihan yang sempurna untuk segelas jus jeruk yang menyegarkan.

c. Rambutan

Buah berambut ini memiliki daging yang manis dan lezat. Ini adalah camilan ideal saat berkunjung ke kebun buah.

d. Mangga

Mangga adalah salah satu buah tropis yang paling dicari. Manis, segar, dan begitu memuaskan saat dimakan.

e. Jambu Air

Jambu air adalah buah yang kaya akan air dan rasa manis. Ini adalah pilihan yang bagus untuk melepaskan dahaga saat cuaca panas.

f. Jambu Dersono

Jambu dersono adalah varietas jambu yang memiliki rasa manis khas. Anda pasti akan menikmati rasa unik buah ini.

g. Matoa

Matoa adalah buah yang kurang dikenal, tetapi memiliki rasa yang lezat. Rasanya manis dengan sedikit rasa asam, menciptakan perpaduan yang sempurna.

h. Klenkeng

Klenkeng, atau salak, adalah buah yang memiliki kulit cokelat dan daging manis yang terasa garing. Ini adalah camilan yang nikmat.

i. Blimbing

Blimbing adalah buah yang memiliki rasa asam dan segar. Ini bisa digunakan dalam berbagai hidangan, atau Anda bisa menikmatinya sebagai camilan.

j. Cempedak

Cempedak adalah buah yang mirip dengan nangka, tetapi memiliki rasa yang berbeda. Rasanya manis dan sangat nikmat.

k. Sirsak

Buah sirsak memiliki daging putih yang lembut dan rasa yang unik. Ini adalah buah yang sering digunakan untuk jus atau makanan penutup.

l. Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat sehat dan memiliki rasa manis. Ini adalah camilan yang sempurna untuk menjaga kesehatan Anda.

m. Nangka

Nangka adalah buah tropis yang memiliki daging manis dan aroma yang menggoda. Ini adalah buah yang sangat populer di seluruh Asia Tenggara.

2. Apa yang Disebut dengan Kebun Buah Mangunan?

Kebun Buah Mangunan adalah sebuah tempat yang menggabungkan keindahan alam dengan kekayaan buah-buahan. Tanah di area ini adalah milik kas desa dan masyarakat, yang disewakan oleh Pemerintah Daerah selama 30 tahun. Tempat wisata ini dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat, dan hasilnya dibagi secara adil. Kebun Buah Mangunan terkenal dengan keindahannya, terutama saat pagi dan sore hari ketika matahari terbit atau terbenam.

3. Kebun Buah Mangunan Bagusnya Jam Berapa?

Kebun Buah Mangunan memiliki pesona yang unik pada berbagai waktu sepanjang hari. Namun, untuk merasakan pengalaman yang paling indah, pagi hari adalah saat yang paling tepat untuk berkunjung. Anda dapat datang antara pukul 05.00 hingga 06.00 pagi. Saat matahari terbit, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dan udara segar yang memukau.

4. Apa Hal Unik yang Dapat Ditemukan di Kebun Buah Mangunan?

Kebun Buah Mangunan tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga memiliki elemen-elemen unik yang membuatnya istimewa:

a. Lokasi Swafoto yang Keren

Dengan latar belakang pegunungan yang indah, Kebun Buah Mangunan adalah tempat yang sempurna untuk swafoto yang mengesankan. Anda dapat mengabadikan momen berharga Anda di sini dan berbagi dengan teman-teman Anda.

b. Keberagaman Satwa Liar

Selain buah-buahan yang lezat, Anda juga dapat melihat berbagai jenis satwa liar di area ini. Rusa dan monyet adalah beberapa contohnya. Mereka menambahkan sentuhan alami yang istimewa di Kebun Buah Mangunan.

c. Wahana Hiburan Air

Jika Anda datang dengan keluarga, tempat ini memiliki banyak wahana hiburan air yang cocok untuk anak-anak. Anda dapat menikmati kolam renang atau berlayar di kolam rekreasi dengan perahu bebek. Ada juga sepeda air yang menyenangkan untuk dinikmati.

Kunjungan ke Kebun Buah Mangunan adalah pengalaman yang tak terlupakan. Anda dapat menikmati kekayaan alam, mengeksplorasi kebun buah yang indah, dan berinteraksi dengan satwa liar. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan semua momen istimewa Anda.

Kesimpulan

Kebun Buah Mangunan adalah destinasi wisata yang memukau di Yogyakarta yang menawarkan pengalaman alam yang luar biasa. Dengan pemandangan matahari terbit di atas awan, hutan pinus yang megah, dan berbagai aktivitas menarik, tempat ini cocok untuk dikunjungi oleh semua jenis wisatawan. Pastikan untuk mengikuti panduan ini, dan Anda akan menikmati kunjungan Anda ke Kebun Buah Mangunan dengan maksimal. Selamat menikmati keindahan alam dan pesona Yogyakarta!

Nikmati inspirasi Wisata Jogja hari ini di Liburdulu.com! – Kebun Buah Mangunan