Kenapa kita mesti ke Papua?
. 
Keindahan Papua memang sudah tidak diragukan lagi...

Kenapa kita mesti ke Papua? . Keindahan Papua memang sudah tidak diragukan lagi…

Kenapa kita mesti ke Papua?

Keindahan Papua memang sudah tidak diragukan lagi. Biru dan jernihnya laut berpadu apik dengan terumbu karang yang masih terjaga alami, membuat Papua dianggap sebagai spot diving dan snorkeling paling indah di dunia.

Mengunjungi Bumi Cenderawasih berarti kita akan dimanjakan pemandangan senja yang memukau, terutama di Kota Sorong; menyelami surga bawah laut dunia di Raja Ampat dengan Wayag yang ikonik; mencicipi ragam wisata bahari di Tanjung Kasuari; serta melebur dengan budaya dan tradisi suku asli Papua.

Nah, satu alasan tambahan, pada 9-11 Mei 2019 akan diselenggarakan Festival Crossborder Skou di PLBN Skouw, Jayapura, Papua. Tak hanya ragam hiburan tradisional dan bazar, serangkaian acara menarik sudah menanti, lho!

Yuk, nikmati keindahan di perbatasan Papua dan jelajahi ujung timur Nusantara!

Pesona Wisata Papua

Papua adalah salah satu provinsi yang terletak di ujung timur Indonesia. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alam yang memukau, termasuk laut, pegunungan, dan budaya yang kaya. Ada beberapa alasan mengapa kita mesti ke Papua untuk menjelajahi keindahan ini.

1. Keindahan alam bawah laut

Papua memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi di perairan lautnya. Raja Ampat, salah satu destinasi wisata yang terkenal di Papua, dikenal sebagai spot diving dan snorkeling terbaik di dunia. Terumbu karang yang masih alami dan bermacam-macam spesies ikan yang indah menjadikan pengalaman snorkeling dan diving di sini sangat mengagumkan. Selain itu, terdapat juga berbagai spot diving lainnya seperti Pulau Biak, Pulau Misool, dan Pulau Arborek.

2. Pemandangan pegunungan yang memukau

Selain keindahan laut, Papua juga memiliki pemandangan pegunungan yang spektakuler. Pegunungan Jayawijaya atau lebih dikenal dengan nama Pegunungan Maoke, merupakan salah satu bagian dari Dataran Tinggi Papua. Di sini terdapat gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya yang sering disebut sebagai Carstensz Pyramid. Mendaki gunung ini merupakan impian bagi para pendaki gunung dari berbagai negara.

BACA JUGA :  10 Kutipan Menarik Rousan Fikri tentang Keajaiban Matahari Terbit dan Terbenam

3. Budaya dan tradisi suku asli Papua

Papua juga merupakan tempat tinggal bagi berbagai suku asli yang memiliki budaya dan tradisi yang kaya. Setiap suku memiliki bahasa, adat istiadat, dan seni yang berbeda-beda. Mengunjungi Papua akan memberikan kesempatan bagi kita untuk berinteraksi dengan suku-suku tersebut dan memahami keunikan budaya mereka. Salah satu contohnya adalah suku Asmat yang terkenal dengan seni ukirnya yang indah.

4. Festival Crossborder Skou

Festival Crossborder Skou adalah salah satu acara tahunan yang diselenggarakan di perbatasan Papua. Acara ini menampilkan berbagai hiburan tradisional, bazar, serta serangkaian acara menarik lainnya. Festival ini menjadi ajang untuk menyelami lebih dalam budaya dan tradisi suku-suku di Papua.

Selain keempat alasan tersebut, Papua juga menyediakan berbagai aktivitas wisata lainnya seperti trekking, mengunjungi pulau-pulau terpencil, atau melihat kehidupan burung-burung endemik Papua di Kota Manokwari. Bagi pecinta alam dan petualangan, Papua adalah surga yang wajib untuk dikunjungi.

Tanya Jawab

Q: Apa yang membuat Papua menjadi destinasi diving dan snorkeling terbaik di dunia?
A: Papua memiliki terumbu karang yang masih terjaga alami dan keanekaragaman hayati yang tinggi di perairan lautnya. Hal ini menjadikan Papua sebagai tempat yang ideal untuk diving dan snorkeling.

Q: Apa saja spot-spot diving terbaik di Papua selain Raja Ampat?
A: Selain Raja Ampat, terdapat juga spot-spot diving terbaik di Papua seperti Pulau Biak, Pulau Misool, dan Pulau Arborek.

Q: Apa yang membuat Pegunungan Jayawijaya atau Pegunungan Maoke begitu menarik untuk didaki?
A: Pegunungan Jayawijaya adalah salah satu bagian dari Dataran Tinggi Papua dan terdapat gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid. Mendaki gunung ini merupakan impian bagi para pendaki gunung.

BACA JUGA :  Air Terjun Mata Jitu, Destinasi Wisata Menarik di Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa

Q: Apa saja suku-suku asli yang tinggal di Papua?
A: Papua merupakan tempat tinggal bagi berbagai suku asli seperti suku Asmat, suku Dani, suku Yali, suku Lani, suku Sentani, dan masih banyak lagi.

Q: Kapan Festival Crossborder Skou diselenggarakan?
A: Festival Crossborder Skou biasanya diselenggarakan pada bulan Mei setiap tahunnya.

Kesimpulan

Papua adalah destinasi wisata yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Keindahan bawah lautnya yang masih terjaga alami, pemandangan pegunungannya yang memukau, budaya dan tradisi suku asli Papua yang kaya, serta Festival Crossborder Skou yang menarik menjadikan Papua sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi keindahan Papua dan menikmati segala pesonanya.