Kota Banyuwangi dengan julukan The Sunrise of Java-nya terkenal memiliki deretan...

Pantai Teluk Hijau: Pesona Pantai Hijau di Kota Banyuwangi

Kota Banyuwangi dengan julukan The Sunrise of Java-nya terkenal memiliki deretan pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Teluk Hijau, yang dikenal karena keindahan warna hijau lautnya yang cantik. Ketika kamu mengunjungi pantai ini, kamu akan merasakan pasir putih yang sangat lembut, seolah-olah berjalan di atas tepung. Meskipun terletak di pesisir selatan yang ombaknya tergolong ganas, ombak di Teluk Hijau tidak terlalu besar. Kamu bisa berenang dan bahkan snorkeling di sini. Ditambah lagi, panorama sekitar pantai yang sunyi dengan hutan yang rimbun membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.

Pantai Teluk Hijau, juga dikenal sebagai Green Bay, dulunya hanya bisa dinikmati dari jauh oleh wisatawan yang mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri menuju Pantai Sukamade. Namun sekarang, kamu bisa langsung mengunjungi pantai ini, meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Jika kamu menyukai petualangan, kamu dapat mencoba trekking menuju Pantai Teluk Hijau yang dijamin menyenangkan.

Kota Banyuwangi memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya selain Pantai Teluk Hijau. Berikut beberapa tempat wisata yang patut kamu kunjungi jika berada di Kota Banyuwangi:

1. Kawah Ijen
Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Banyuwangi. Kawah ini terkenal dengan keindahan danau kawah berwarna biru serta fenomena blue fire-nya. Kamu dapat mendaki gunung sekitar 3 kilometer untuk mencapai kawah ini. Di sini, kamu juga bisa melihat penambang belerang yang melakukan aktivitas mereka sehari-hari.

2. Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah juga menjadi salah satu daya tarik wisata di Banyuwangi. Pantai ini terkenal dengan pasir berwarna merah yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati panorama laut yang indah dan melakukan aktivitas seperti bermain air, snorkeling, atau sekedar bersantai di bawah sinar matahari.

BACA JUGA :  Cara Mengambil Foto Orang Menunggu Sunset: Tips dan Destinasi Terbaik di Indonesia

3. Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran merupakan tempat wisata yang sangat cocok bagi para pecinta alam dan satwa liar. Di sini, kamu bisa melihat berbagai macam satwa, seperti kerbau liar, rusa, banteng Jawa, dan burung-burung langka. Taman nasional yang luas ini juga memiliki pemandangan savana yang indah seperti di Afrika.

4. Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil yang terletak di Selat Bali. Pulau ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai kegiatan seperti snorkeling dan diving, karena keindahan bawah lautnya. Kamu bisa melihat terumbu karang, ikan-ikan cantik, dan berbagai jenis biota laut lainnya di sekitar pulau ini.

5. Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu terletak di perbatasan Banyuwangi dengan Lumajang. Air terjun ini memiliki keunikan dengan airnya yang jatuh secara meluap di tebing-seperti tirai air. Kamu bisa melakukan trekking untuk mencapai air terjun ini dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Pantai Teluk Hijau?
Untuk menuju Pantai Teluk Hijau, kamu bisa mengambil rute dari Banyuwangi menuju Taman Nasional Meru Betiri. Setelah sampai di Taman Nasional, kamu harus melakukan trekking sejauh sekitar 3 kilometer untuk mencapai pantai ini.

2. Apakah ada akomodasi di sekitar Pantai Teluk Hijau?
Saat ini, belum ada akomodasi yang tersedia di sekitar Pantai Teluk Hijau. Namun, kamu bisa menginap di Banyuwangi dan melakukan perjalanan harian ke pantai ini.

3. Apakah Pantai Teluk Hijau aman untuk berenang?
Meskipun ombak di Teluk Hijau tidak terlalu besar, tetap dianjurkan untuk berhati-hati saat berenang. Pastikan kamu mengikuti instruksi dari pemandu lokal dan memperhatikan kondisi laut saat itu.

BACA JUGA :  Pantai yang paling berkesan buat Sobat Pesona, ada di mana? Di Pantai Nongsa, ad...

4. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Banyuwangi?
Banyuwangi dapat dikunjungi sepanjang tahun. Namun, jika kamu ingin melihat blue fire di Kawah Ijen, waktu terbaik untuk mengunjungi Banyuwangi adalah antara April hingga Oktober, dan mengunjunginya pada malam hari.

Kesimpulan:
Kota Banyuwangi memiliki banyak destinasi wisata menakjubkan yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pantai Teluk Hijau adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi, dengan pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang hijau. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lain seperti Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, Taman Nasional Baluran, Pulau Tabuhan, dan Air Terjun Tumpak Sewu. Plan dan jelajahi Banyuwangi untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan!

——————————————————————————————————————
Sources:
– https://liburdulu.com