Main-main ke Kediri, Jawa Timur, sempatkan waktumu berkunjung ke Desa Puhsarang!...

Jelajahi Keunikannya! Wisata Ke Desa Puhsarang di Kediri, Jawa Timur

Main-main ke Kediri, Jawa Timur, sempatkan waktumu berkunjung ke Desa Puhsarang! Ada destinasi wisata religi yang unik dan menarik, yakni Gereja Puhsarang. Gereja tua ini sangat unik dan menarik. Masih dalam satu kawasan, terdapat Gua Maria Lourdes Puhsarang yang menjadi salah satu tempat ziarah umat Katolik.

Gereja Puhsarang terletak di lereng Gunung Wilis dan berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, tentu saja suasananya sangat sejuk dan asri. Perpaduan kebudayaan Jawa dan Katolik yang sangat kental bisa kita lihat pada konstruksi bangunan serta ukiran-ukiran di sekitar gereja.

Sobat Pesona yang suka berburu foto pasti akan sangat dimanjakan dengan banyaknya spot-spot menarik di gereja yang sarat akan simbolisme ini. Meskipun kebanyakan dikunjungi oleh umat Katolik, namun tak jarang juga didatangi oleh umat lain yang bukan Katolik.

Desa Puhsarang juga menyimpan keindahan alam yang mempesona. Terletak di kaki Gunung Wilis, suasana sekitar desa ini begitu segar dan hijau. Banyak area persawahan dan perkebunan yang mengelilingi desa, menambah keasrian dan keindahan alam di sana. Jika Anda ingin merasakan suasana pedesaan yang tenang dan damai, Desa Puhsarang adalah pilihan yang tepat.

Selain Gereja Puhsarang dan Gua Maria Lourdes, terdapat pula objek wisata lainnya di Desa Puhsarang yang layak dikunjungi. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Air Terjun Kedung Ombo
Air Terjun Kedung Ombo terletak di Desa Cukurgondang, Puhsarang, Kediri. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Air yang jatuh dari ketinggian dan mengalir deras ini membentuk kolam yang indah di bawahnya. Lokasinya yang tersembunyi membuat air terjun ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Namun, bagi pecinta alam dan petualangan, Air Terjun Kedung Ombo adalah surga tersembunyi yang patut untuk dieksplorasi.

BACA JUGA :  Destinasi Wisata Menarik di Nusa Tenggara Timur di Luar Taman Nasional Komodo

2. Hutan Pinus Kediri
Hutan Pinus Kediri terletak di Desa Siman, Puhsarang, Kediri. Dikelilingi oleh pepohonan pinus yang tinggi, tempat ini sangat cocok untuk piknik keluarga atau sekadar bersantai menikmati udara segar. Di tengah hutan pinus ini juga terdapat area bermain anak yang menyenangkan. Jadi, bagi Anda yang ingin melepas penat dan sejenak menghirup udara segar di tengah kota, Hutan Pinus Kediri adalah tempat yang tepat.

3. Goa Shalom
Goa Shalom terletak di Desa Puhsarang, Kediri. Goa ini adalah tempat bersejarah yang menjadi pemakaman untuk umat Yahudi selama Perang Dunia II. Selain sebagai pemakaman, goa ini juga memiliki nilai arsitektur yang menarik. Kini, Goa Shalom menjadi tujuan wisata religi dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

4. Wisata Religi
Selain Gereja Puhsarang, terdapat juga beberapa tempat ziarah dan tempat ibadah lainnya di Desa Puhsarang, antara lain:

– Vihara Amithaba
– Pura Persada Tri Bhuana
– Klenteng Suwarno

Tempat-tempat ibadah tersebut menjadi simbol keberagaman agama yang hidup rukun di Desa Puhsarang. Anda bisa menjelajahi dan merasakan suasana kejutan yang berbeda di setiap tempat ibadah tersebut.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju Desa Puhsarang?
A: Desa Puhsarang terletak di Kediri, Jawa Timur. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau kereta api menuju Kediri. Setelah itu, Anda dapat menggunakan taksi atau ojek online untuk mencapai Desa Puhsarang.

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Desa Puhsarang?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Desa Puhsarang adalah saat cuaca sedang cerah dan tidak terlalu panas. Anda juga dapat mengunjungi selama acara khusus atau perayaan agama yang diadakan di Gereja Puhsarang.

BACA JUGA :  Tahukah Sobat, Sumba memiliki 5 motif tenun yang unik dan sakral!

Q: Apakah ada penginapan di dekat Desa Puhsarang?
A: Ya, terdapat beberapa penginapan di dekat Desa Puhsarang dan di kota Kediri. Anda dapat memilih hotel atau penginapan yang sesuai dengan budget dan preferensi Anda.

Conclusion:

Desa Puhsarang di Kediri, Jawa Timur, adalah destinasi wisata yang unik dan menarik. Dengan keindahan alamnya yang mempesona dan berbagai tempat ibadah yang menjadi simbol keberagaman, Desa Puhsarang merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi oleh siapa pun, baik itu umat Katolik maupun umat agama lainnya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga Anda di Gereja Puhsarang dan menikmati keindahan alam di sekitar Desa Puhsarang. Selamat berlibur!