Masih ingat dengan 'Sun Go Kong' dalam serial 'Kera Sakti'? Kamu generasi '90 pa...

Masih ingat dengan ‘Sun Go Kong’ dalam serial ‘Kera Sakti’? Kamu generasi ’90 pa…

Masih ingat dengan ‘Sun Go Kong’ dalam serial ‘Kera Sakti’? Kamu generasi ’90 pasti pernah mengidolakannya, kan! Nah, di Kelenteng Senggarang, Bintan, Kepulauan Riau, kita bisa bertemu Sun Go Kong dan banyak patung dewa lainnya. Kelenteng ini merupakan tempat ibadah, namun wisatawan juga boleh masuk melihat-lihat ke seluruh area kelenteng. Asalkan ikuti peraturan yang ada dan jangan sekali-kali mencoba merusak patung-patung di sana, ya!

Kelenteng Senggarang: Tempat Wisata Unik di Bintan

Kelenteng Senggarang terletak di daerah Senggarang, Bintan, Kepulauan Riau. Kelenteng ini memiliki ciri khas arsitektur Tionghoa yang klasik dan memukau. Bagi kamu yang menyukai sejarah dan budaya Tionghoa, tempat ini sangat cocok untuk kamu kunjungi.

Daya tarik utama Kelenteng Senggarang adalah patung-patung dewa yang bertebaran di halaman kelenteng. Salah satu patung yang paling terkenal adalah patung Sun Go Kong atau biasa dikenal juga sebagai Monkey King. Patung ini dijadikan ikon wisata Kelenteng Senggarang dan selalu menjadi daya tarik utama bagi pengunjung.

Tidak hanya Sun Go Kong, kamu juga akan menemukan patung-patung dewa lainnya seperti Dewi Kwan Im, Dewi Guan Yin, Dewa Kwan Kong, Dewa Thian Siang Tee, dan masih banyak lagi. Setiap patung dewa dipahat dengan detail yang indah dan memiliki makna serta kepercayaan yang dalam bagi komunitas Tionghoa.

Selain patung-patung dewa, Kelenteng Senggarang juga memiliki area yang indah dan terjaga kebersihannya. Udara sejuk dan tenang di dalam kelenteng membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Kamu juga bisa menikmati keindahan lampion-lampion yang bergelantungan sebagai spot berburu foto yang cantik.

Warna kuning emas dan merah yang menjadi ciri khas kelenteng Tionghoa juga turut menambah kesan yang indah. Suasana yang tenang dan damai di dalam kelenteng akan memberikan pengalaman spiritual dan kebersamaan yang berharga.

BACA JUGA :  Danau Labuan Cermin: Keunikan Air Tawar dan Asin nan Menakjubkan di Kalimantan Timur

Kelenteng Unik dan Menarik di Daerah Bintan

Bintan memiliki banyak kelenteng lainnya yang juga unik dan menarik untuk dikunjungi. Selain Kelenteng Senggarang, beberapa kelenteng lainnya di Bintan yang patut kamu kunjungi antara lain:

1. Kelenteng Tri Hek Ling: Kelenteng ini terletak di Kota Tanjungpinang, Bintan. Kelenteng ini memiliki arsitektur yang indah dengan tiga patung dewa utama di dalamnya. Berada di sini akan memberikan pengalaman spiritual yang mendalam.

2. Kelenteng Vihara Avalokitesvara Graha: Kelenteng ini terletak di Tanjung Berakit, Bintan. Kelenteng ini memiliki patung Dewi Kwan Im yang sangat besar dan indah. Kamu bisa berdoa dan merenung di dalam kelenteng ini untuk mencari kedamaian.

3. Kelenteng Banteay Kdei: Kelenteng ini terletak di dekat Pantai Lagoi, Bintan. Kelenteng ini membawa nuansa spiritual yang kental dan memiliki arsitektur yang indah. Kamu bisa mengunjungi kelenteng ini setelah beristirahat di pantai dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Setiap kelenteng di Bintan memiliki pesonanya masing-masing dan memberikan pengalaman yang berbeda. Selain mengunjungi kelenteng, kamu juga bisa menjelajahi keindahan alam, pantai-pantai indah, dan kegiatan wisata lainnya yang ditawarkan oleh Bintan.

Tips Berkunjung ke Kelenteng Senggarang dan Kelenteng Lainnya

Sebelum berkunjung ke Kelenteng Senggarang atau kelenteng lainnya di Bintan, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:

1. Berpakaian sopan: Karena kelenteng adalah tempat ibadah, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan dan tidak terlalu mencolok. Hindari pakaian yang terlalu terbuka atau terlalu ketat.

2. Jaga kebersihan: Kelenteng adalah tempat yang harus dijaga kebersihannya. Pastikan kamu tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak patung-patung yang ada di kelenteng.

3. Ikuti aturan: Patuhi aturan yang berlaku di kelenteng. Hindari melakukan hal-hal yang mengganggu kedamaian dan suasana kemantan.

BACA JUGA :  Wisata Sejarah dan Alam Terbaik di Ternate: Menikmati Keindahan Pulau dengan Destinasi Menarik

4. Hormati kepercayaan: Kelenteng adalah tempat ibadah bagi umat Tionghoa. Hargai dan hormati kepercayaan yang ada di kelenteng tersebut.

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Apa yang membuat Kelenteng Senggarang unik?

Kelenteng Senggarang memiliki ciri khas arsitektur Tionghoa yang klasik dan memukau. Patung-patung dewa yang bertebaran di halaman kelenteng menjadi daya tarik utama. Salah satu patung yang paling terkenal adalah patung Sun Go Kong atau Monkey King.

2. Apakah Kelenteng Senggarang hanya digunakan sebagai tempat ibadah?

Kelenteng Senggarang memang merupakan tempat ibadah, namun wisatawan juga diperbolehkan masuk dan melihat-lihat seluruh area kelenteng. Tetapi, pastikan untuk mengikuti peraturan yang ada dan tidak merusak patung-patung di sana.

3. Selain Kelenteng Senggarang, apa kelenteng lain yang menarik di Bintan?

Beberapa kelenteng lain yang menarik di Bintan antara lain Kelenteng Tri Hek Ling, Kelenteng Vihara Avalokitesvara Graha, dan Kelenteng Banteay Kdei.

4. Apa tips berkunjung ke kelenteng di Bintan?

Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke kelenteng di Bintan antara lain mengenakan pakaian sopan, menjaga kebersihan, mengikuti aturan, dan menghormati kepercayaan yang ada.

Kesimpulan

Kelenteng Senggarang di Bintan, Kepulauan Riau, adalah tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Dengan ciri khas arsitektur Tionghoa dan patung-patung dewa yang indah, kelenteng ini menawarkan pengalaman spiritual dan keindahan alam yang menakjubkan.

Tidak hanya Kelenteng Senggarang, Bintan juga memiliki kelenteng lainnya yang tak kalah menarik seperti Kelenteng Tri Hek Ling, Kelenteng Vihara Avalokitesvara Graha, dan Kelenteng Banteay Kdei. Setiap kelenteng memiliki pesonanya masing-masing dan memberikan pengalaman yang berbeda.

Sebelum mengunjungi kelenteng, pastikan untuk mengenakan pakaian sopan, menjaga kebersihan, mengikuti aturan, dan menghormati kepercayaan yang ada. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu dapat menikmati pengalaman yang menyenangkan dan bermakna di kelenteng-kelenteng di Bintan.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan dan Mitos Danau Waibelen, Destinasi Wisata yang Menakjubkan di Indonesia