Location : Pantai Tanjung Kelayang, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Bangka Island,...

Tanjung Kelayang: Surga Tersembunyi di Pulau Belitung

Indonesia adalah negara yang dianugerahi keindahan alam yang luar biasa. Salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan adalah Tanjung Kelayang di Pulau Belitung. Terletak di lepas pantai timur Sumatera, Pulau Belitung memiliki pantai-pantai yang memukau dan pemandangan alam yang luar biasa. Tanjung Kelayang, terletak di bagian utara pulau ini, merupakan salah satu mahakarya alam yang menghadirkan pesona yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Artikel ini akan membawa Anda dalam perjalanan mendalam untuk mengenal lebih jauh tentang Tanjung Kelayang, mengapa ini adalah salah satu destinasi terbaik di Indonesia, dan apa yang membuatnya begitu istimewa.

Keindahan Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Lebih tepatnya, Anda akan menemukannya di Kecamatan Sijuk, sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung. Pantai ini memiliki ciri khas yang sangat istimewa, yaitu puluhan batu granit raksasa yang berjejer di sepanjang pantai.

Batu-batu ini memiliki bentuk yang sangat unik, dan beberapa di antaranya mirip dengan kepala burung garuda. Konon, batu-batu ini memiliki kekuatan mistis, dan masyarakat setempat percaya bahwa mereka adalah penjaga alam. Nama “Kelayang” sendiri diambil dari salah satu jenis burung yang dapat ditemui di pantai ini.

Selain batu-batu granit yang megah, Tanjung Kelayang juga dikenal karena pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang jernih berwarna bening kehijauan. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, berenang, atau sekadar menikmati keindahan alam.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bangka - Masjid At-Taqwa yang berlokasi di lingkungan Polda Bangka Belitung diresmikan pa...

Tanjung Kelayang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Pada tanggal 15 Maret 2016, Tanjung Kelayang mendapatkan pengakuan lebih lanjut sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. Pemerintah menetapkannya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016. KEK Tanjung Kelayang memiliki luas lahan sekitar 324,4 hektare dan berfokus pada pengembangan sektor pariwisata.

Pengakuan KEK ini menunjukkan betapa pentingnya peran Tanjung Kelayang dalam mendukung sektor pariwisata di Indonesia. KEK ini menawarkan peluang investasi dan pengembangan infrastruktur yang dapat menjadikan Tanjung Kelayang sebagai destinasi wisata yang lebih modern dan terintegrasi.

Film Terkenal: Laskar Pelangi

Tanjung Kelayang bukan hanya dikenal sebagai destinasi wisata alam yang menakjubkan, tetapi juga sebagai lokasi syuting film yang terkenal. Salah satu film yang diambil di sini adalah “Laskar Pelangi,” yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata. Film ini dirilis pada tahun 2008 dan menjadi salah satu film Indonesia paling sukses dalam sejarah perfilman Tanah Air.

Pantai Tanjung Kelayang, bersama dengan Pantai Tanjung Tinggi, menjadi latar belakang yang menawan dalam film ini. Keindahan alam dan pesona pantai membuat film ini semakin berkesan. Bagi para penggemar film dan pengunjung, Tanjung Kelayang adalah tempat yang memungkinkan mereka mengikuti jejak para pemeran dalam film ini.

Objek Wisata Terdekat

Selain keindahan Pantai Tanjung Kelayang itu sendiri, ada beberapa objek wisata terdekat yang juga patut dikunjungi saat Anda berada di pulau ini:

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi, yang juga menjadi latar belakang dalam film “Laskar Pelangi,” adalah tempat yang harus dikunjungi. Pantai ini dikenal karena batu-batu besar yang menjulang tinggi di sekitarnya. Keindahan pantai ini akan membuat Anda terpesona.

BACA JUGA :  Wisata Pantai Parai Tenggiri: Keindahan Alam Spektakuler di Pulau Bangka

2. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam adalah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di atas laut adalah pengalaman yang sangat romantis dan akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan.

3. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar adalah objek wisata yang penuh pesona dengan pasir putihnya dan gugusan batu granit raksasa. Pemandangan di pulau ini begitu memukau sehingga membuat pengunjung takjub.

4. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi jika Anda melakukan “island hopping” di sekitar Tanjung Kelayang. Pulau ini terkenal karena mercusuar berlantai 18 yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Dari atas mercusuar, Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan.

5. Pulau Babi

Pulau Babi adalah destinasi yang masih sangat alami dan bersih. Di pulau ini, Anda dapat menikmati ketenangan dan keindahan alam yang masih terjaga dengan baik. Jumlah pengunjung di pulau ini juga relatif sedikit, menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai.

6. Desa Nelayan Tanjung Binga

Jika Anda ingin lebih memahami kehidupan masyarakat lokal, kunjungi Desa Nelayan Tanjung Binga. Desa ini merupakan penghasil ikan asin terbesar di Belitung. Anda dapat melihat proses pengolahan ikan asin dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Cara Menuju Tanjung Kelayang

Ada beberapa cara untuk mencapai Tanjung Kelayang. Salah satunya adalah dengan terbang ke Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bandara ini terhubung dengan berbagai kota besar seperti Jakarta, Palembang, dan Batam.

Setelah Anda tiba di Bandara Tanjung Pandan, Anda dapat menyewa mobil atau taksi untuk mencapai Tanjung Kelayang. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam, tergantung pada lalu lintas dan kondisi jalan. Namun, jangan khawatir, perjalanan ini akan diiringi oleh pemandangan alam yang memukau sepanjang jalan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bangka: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya yang Luar Biasa di Pulau Bangka

Selain menggunakan mobil atau taksi, Anda juga dapat menyewa sepeda motor jika lebih suka menjelajahi pulau ini dengan cara yang lebih sederhana. Namun, jika Anda ingin menjelajahi pulau dari sisi maritimnya, Anda dapat menyewa perahu milik nelayan setempat. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk melakukan “island hopping” di sekitar Tanjung Kelayang dan mengeksplorasi semua keindahan alam yang ditawarkannya.

Kesimpulan

Tanjung Kelayang adalah sebuah surga tersembunyi di Pulau Belitung, Indonesia. Keindahan alamnya yang luar biasa, batu-batu granit megahnya, dan pasir putihnya membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Pengakuan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menunjukkan komitmen pemerintah untuk mengembangkan potensi pariwisata di Tanjung Kelayang.

Jika Anda mencari tempat yang indah untuk berlibur, bersantai, atau bahkan menjalani petualangan, Tanjung Kelayang adalah pilihan yang sempurna. Dari pantai yang menawan hingga pulau-pulau terdekat yang eksotis, Anda akan menemukan berbagai pengalaman yang tak terlupakan di Tanjung Kelayang. Jadi, rencanakan perjalanan Anda dan nikmati pesona alam yang menakjubkan di tempat ini.

Nikmati inspirasi Wisata Bangka hari ini di Liburdulu.com! –