Rumoh Aceh merupakan rumah tradisional Aceh yang sudah jarang ditemui. Berbentuk...

Rumoh Aceh merupakan rumah tradisional Aceh yang sudah jarang ditemui. Berbentuk…


Rumoh Aceh merupakan rumah tradisional Aceh yang sudah jarang ditemui - Rumoh Aceh merupakan rumah tradisional Aceh yang sudah jarang ditemui. Berbentuk...

Rumoh Aceh merupakan rumah tradisional Aceh yang sudah jarang ditemui. Berbentuk rumah panggung yang tingginya sekitar 2,5-3 meter dari atas tanah, memiliki tiga atau lima ruangan, dengan 16 tiang untuk 3 ruangan dan 24 tiang untuk rumah 5 ruangan.
.
Di pintu utama terdapat tangga yang tingginya sekitar 120-150 cm yang membuat siapa pun yang masuk harus sedikit merunduk. Hal ini bermakna penghormatan kepada tuan rumah. Selain itu tangga juga bermakna sebagai titik batas, sebagai alat kontrol sosial dalam melakukan interaksi antar masyarakat. Apabila di rumah tidak ada anggota keluarga laki-laki, maka pantang bagi tamu yang bukan keluarga dekat atau muhrim untuk naik ke rumah.
.
Untuk melihat bentuk asli Rumoh Aceh kini memang sudah sangat jarang. Sobat Pesona yang tertarik melihat langsung rumah tradisional khas Aceh yang cantik ini, bisa datang ke Museum Aceh. Banyak peninggalan sejarah yang menarik nan unik, lho!
.
#PesonaWisataAceh
#PesonaIndonesia
#WonderfulIndonesia
#Aceh
#RumohAceh
#MuseumAceh

BACA JUGA :  Gereja St. Fransiskus Asisi, bangunan gereja yang kental dengan Kultur Karo..G...