Situs Purbakala Kompleks Percandian Muara Jambi bisa jadi pilihan destinasi kali...

Situs Purbakala Kompleks Percandian Muara Jambi: Destinasi Wisata Bersejarah Terluas di Asia Tenggara

Situs Purbakala Kompleks Percandian Muara Jambi adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di provinsi Jambi. Kompleks candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan merupakan kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara. Selain keindahan arsitektur candi yang memukau, situs ini juga menyimpan cerita dan peninggalan bersejarah yang menarik untuk digali.

Lokasi dan Luas

Kompleks Candi Muara Jambi terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Terletak di tepian Sungai Batanghari, kompleks candi ini memiliki luas sekitar 3981 hektar. Lokasinya yang berada di tepi sungai memberikan daya tarik tambahan karena pengunjung dapat menikmati wisata alam sekaligus.

Keindahan Arsitektur Candi

Salah satu daya tarik utama dari situs ini adalah keindahan arsitektur candi-candi yang ada. Kompleks candi ini terdiri dari beberapa bangunan candi Hindu dan Buddha yang memiliki arsitektur yang megah dan bernilai seni yang tinggi. Keindahan arsitektur ini dapat dilihat dari ornamen dan relief yang terdapat di dinding maupun atap candi. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mengagumi keindahannya.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Sebagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya, situs candi ini menyimpan berbagai artefak bersejarah yang sangat berharga. Beberapa artefak yang ditemukan di kompleks candi ini antara lain prasasti, arca, dan patung. Artefak-arte

BACA JUGA :  Nikmati Keindahan Bahari Nusa Tenggara Timur: Pulau Komodo, Pantai Pink, dan Lainnya!