Sobat Pesona tau nggak kalau Desa Waerebo punya rumah adat dengan bentuk seperti...

Desa Waerebo: Keunikan Rumah Adat Mbaru Niang dan Pesona Alamnya

Desa Waerebo adalah sebuah desa yang terletak di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Desa Waerebo terkenal karena rumah-rumah adatnya yang unik dan masih dijaga keasliannya hingga saat ini. Salah satu rumah adat yang menjadi ikon Desa Waerebo adalah rumah adat Mbaru Niang.

Rumah adat Mbaru Niang memiliki bentuk seperti lumbung kerucut yang sangat khas. Desainnya yang unik menarik perhatian banyak wisatawan yang datang ke Desa Waerebo. Rumah adat ini memiliki tujuh unit rumah yang terletak berjejer dalam satu kompleks.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan rumah adat Mbaru Niang adalah kayu dengan atap rumah yang ditutupi daun lontar yang kemudian dilapisi dengan ijuk. Rumah ini juga dilengkapi dengan beberapa ruangan di dalamnya, seperti ruang tamu dan dapur. Di dalam rumah adat Mbaru Niang, turis akan merasakan suasana adat dan budaya yang masih dijaga dengan baik oleh masyarakat Desa Waerebo.

Selain keunikan bentuk rumah adat Mbaru Niang, Desa Waerebo juga memiliki pesona alam yang menakjubkan. Terletak di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut, desa ini dikelilingi oleh perbukitan dan hutan yang hijau. Pemandangan indah ini membuat Desa Waerebo sebagai destinasi wisata yang menarik bagi para pecinta alam dan fotografi.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Waerebo, perjalanan menuju desa ini tidaklah mudah. Wisatawan harus melakukan perjalanan sekitar 4-5 jam dari Labuan Bajo menggunakan mobil atau motor untuk mencapai desa ini. Setelah itu, mereka harus melakukan pendakian selama sekitar 3-4 jam untuk mencapai Desa Waerebo.

Namun, setelah sampai di Desa Waerebo, perjalanan dan usaha yang telah dilakukan akan terbayar dengan keindahan alam dan pengalaman bertemu dengan masyarakat yang ramah. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat kegiatan sehari-hari masyarakat Desa Waerebo, seperti pertanian dan kerajinan tangan.

BACA JUGA :  Cantik dan Memikat.Mungkin kedua kata ini bisa menggambarkan pemandangan yang m...

FAQ (Pertanyaan Umum):
1. Apa arti kata “Mbaru Niang”?
– Mbaru Niang adalah nama rumah adat di Desa Waerebo yang memiliki bentuk seperti lumbung kerucut.

2. Bagaimana cara menuju Desa Waerebo?
– Wisatawan dapat menuju Desa Waerebo dengan melakukan perjalanan sekitar 4-5 jam dari Labuan Bajo menggunakan mobil atau motor. Setelah itu, mereka harus melakukan pendakian selama sekitar 3-4 jam untuk mencapai desa ini.

3. Apa saja yang dapat ditemui di Desa Waerebo?
– Di Desa Waerebo, wisatawan dapat melihat rumah adat Mbaru Niang, pemandangan alam yang indah, melakukan pendakian, dan melihat kegiatan sehari-hari masyarakat Desa Waerebo seperti pertanian dan kerajinan tangan.

4. Apakah ada fasilitas akomodasi di Desa Waerebo?
– Saat ini, Desa Waerebo telah memiliki homestay untuk para wisatawan yang ingin menginap. Namun, fasilitasnya masih sederhana dan terbatas, jadi disarankan untuk membawa perlengkapan pribadi yang diperlukan selama tinggal di desa ini.

5. Bagaimana dengan makanan di Desa Waerebo?
– Di Desa Waerebo, wisatawan dapat mencicipi makanan tradisional Nusa Tenggara Timur yang disediakan oleh masyarakat setempat. Makanan tersebut umumnya terbuat dari bahan-bahan alami dan segar.

Kesimpulan:
Desa Waerebo adalah destinasi wisata yang menarik di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Keunikan rumah adat Mbaru Niang dan keindahan alamnya membuat Desa Waerebo menjadi tempat yang layak dikunjungi bagi para wisatawan yang mencari pengalaman budaya dan alam yang autentik. Namun, wisatawan harus siap dengan perjalanan yang cukup menantang untuk mencapai Desa Waerebo. Selama di sana, wisatawan dapat menikmati keindahan alam, berinteraksi dengan masyarakat setempat, serta mencicipi makanan tradisional Nusa Tenggara Timur.