Sudah pernah berkunjung ke desa tercantik di Pulau Bali? Desa Panglipuran namany...

Desa Panglipuran: Desa Terindah di Pulau Bali yang Patut Dikunjungi

Sudah pernah berkunjung ke desa tercantik di Pulau Bali? Jika belum, cobalah mengunjungi Desa Panglipuran. Desa ini merupakan salah satu dari sembilan desa adat yang ada di Bali dan terletak di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. Desa Panglipuran memiliki keunikannya sendiri yang membuatnya menarik untuk dikunjungi.

Salah satu hal yang menonjol dari Desa Panglipuran adalah pola huniannya. Desa ini hanya memiliki satu jalan utama yang membentang dari utara hingga selatan. Di sepanjang jalan ini, terdapat rumah-rumah penduduk yang tertata rapi dan teratur. Keindahan arsitektur desa ini sangatlah mempesona.

Tidak hanya itu, Desa Panglipuran juga dikenal dengan bentuk rumah-rumahnya yang seragam. Semua bangunan di desa ini menggunakan bahan baku tanah liat, termasuk catnya yang terbuat dari bahan alami. Selain itu, atap dan dinding rumah juga dibuat dari anyaman alang-alang dan bambu. Keberadaan bahan-bahan alami ini memberikan kesan alami dan tradisional pada desa ini.

Saat mengunjungi Desa Panglipuran, Anda juga bisa mencicipi minuman khas yang hanya dijual di desa ini, yaitu Loloh Cemcem. Minuman ini terbuat dari daun cemcem yang memiliki rasa segar dan khas. Menikmati minuman ini sambil menikmati keindahan desa tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Desa Panglipuran juga tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur dan budaya tradisional. Desa ini juga memiliki keindahan alam yang memesona. Anda bisa menjelajahi sekitar desa dan menikmati udara segar serta pemandangan indah dari pegunungan yang mengelilingi desa ini.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju ke Desa Panglipuran?
Untuk menuju ke Desa Panglipuran, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa tur. Desa ini berjarak sekitar 56 kilometer dari Bandara Ngurah Rai dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1-2 jam perjalanan.

BACA JUGA :  Keunikan dan Peraturan Menarik saat Berkunjung ke Taman Nasional Komodo di Indonesia

2. Apakah pengunjung diizinkan masuk ke dalam rumah penduduk di Desa Panglipuran?
Ya, pengunjung diizinkan untuk masuk ke dalam rumah penduduk dengan seizin pemilik rumah. Namun, tetaplah menghormati privasi dan adat istiadat yang berlaku di desa tersebut.

3. Apa lagi yang bisa dilakukan selain menjelajahi desa?
Selain menjelajahi desa, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lain di sekitar desa, seperti Air Terjun Tibumana dan Taman Nusa. Selain itu, Anda juga bisa mencoba kegiatan-kegiatan seperti trekking di pegunungan atau bersepeda mengelilingi desa.

4. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Desa Panglipuran?
Anda bisa mengunjungi Desa Panglipuran kapan saja sepanjang tahun. Namun, jika Anda ingin menghindari keramaian, disarankan untuk mengunjungi desa ini di hari kerja dan di luar musim liburan.

5. Apakah ada penginapan di Desa Panglipuran?
Meskipun Desa Panglipuran tidak memiliki penginapan, Anda dapat menemukan berbagai jenis akomodasi di dekat desa, seperti hotel dan villa.

Kesimpulan:
Desa Panglipuran adalah salah satu desa tercantik di Pulau Bali. Keindahan arsitektur dan keberagaman budaya tradisional dalam desa ini membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, keindahan alam di sekitar desa juga tidak kalah menarik. Jangan lupa untuk mencicipi minuman khasnya, Loloh Cemcem, saat mengunjungi desa ini.