Tips Liburan Hemat Untuk Traveler Pemula

Tips Liburan Hemat Untuk Traveler Pemula

Liburan sudah merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan lagi saat ini, apalagi setelah seminggu penuh berkutat dengan pekerjaan. Liburan menjadi hal yang paling dinanti oleh setiap orang.

Tak ada yang tak menanti waktu liburan datang, karena setiap orang pasti butuh liburan. Liburan memang selalu identik dengan pergi ketempat yang jauh dari keramaian dan bersantai.

Hal ini tentu saja selalu berkaitan dengan budget yang harus dikeluarkan. Tak heran banyak orang yang rela mengeluarkan budget yang tidak sedikit hanya untuk berlibur. Pernahkah berpikir bagaimana caranya untuk menyiasati biaya liburan?

Tips Liburan Hemat Untuk Traveler Pemula

tips liburan hemat untuk traveler pemula1566959237 - Tips Liburan Hemat Untuk Traveler Pemula

Nah, berikut ini 5 cara jitu liburan hemat. Simak ya.

Rencanakan Tujuan Liburan Kalian

tips liburan hemat untuk traveler pemula1566959211 - Tips Liburan Hemat Untuk Traveler Pemula

Merencanakan tujuan liburan adalah hal yang harus kalian lakukan pertama. Karena dari merencanakan dan menentukan inilah kalian bisa memperkirakan biaya pengeluaran selama liburan nanti. Kalian harus memilih tujuan yang benar-benar ingin kalian kunjungi. Jadi bukan karena alasan sedang trending atau ajakan teman. Selain itu kalan pun harus menentukan jadwal keberangkatan serta berapa lama waktu yang akan kalian habiskan. Dengan begini, kalian bisa menyesuaikan anggaran dengan penghasilan.

Selalu Sisihkan Dana untuk Liburan Secara Rutin

tips liburan hemat untuk traveler pemula1566959212 - Tips Liburan Hemat Untuk Traveler Pemula

Setelah kalian merencanakan dengan matang tempat apa yang akan kalian ingin tuju ketika liburan nati. Mulailah menyisihkan dana dari penghasilan kalian setiap bulannya sampai waktu liburan itu tiba. Semakin jauh lokasi dan lama waktu liburan, maka semakin banyak juga dana yang harus kalian persiapkan. Cara menyisihkannya tentu disesuaikan dengan kemampuan dan budget bulanan. Bisa juga dengan menabung tanpa terencana. Saat terkumpul bisa tetap liburan.

BACA JUGA :  Manfaat Solo Traveling Atau Jalan Sendirian!

Berburu Tiket dan Hotel Murah

tips liburan hemat untuk traveler pemula1566959213 - Tips Liburan Hemat Untuk Traveler Pemula

Jika kalian sudah memilih tanggal keberangkatan, waktunya berburu  tiket serta penginapan jauh hari sebelum keberangkatan. Kalian bisa terhindar dari kehabisan tiket dan kamar hotel, serta kalian bisa mendapatkan promo-promo yang biasanya tak akan kalian dapatkan ketika musim liburan tiba. Ini bisa menghemat pengeluaran kalian, kalian juga bisa mengombinasikan jalur perjalanan. Seperti pergi menggunakan pesawat dan pulang menggunakan kereta. Selain liburan menjadi hemat, kalian juga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih seru dalam perjalanan.

Persiapkan Perbekalan Dengan Baik

tips liburan hemat untuk traveler pemula1566959213 1 - Tips Liburan Hemat Untuk Traveler Pemula

Jika tempat penginapan yang kalian pilih menyediakan tempat memasak, maka gunakanlah sebaik-baiknya. Ini bisa menghemat pengeluaran kalian selama liburan, dan kalian bisa mengalokasikan dana tersebut untuk mencicipi makanan khas dari daerah tersebut saja. Untuk menghemat, kalian juga bisa membawa bekal sendiri, seperti makanan instan atau camilan. Yang penting harus tetap sehat agar tidak jatuh sakit saat travelling. Akan lebih repot kalau saat liburan malah jatuh sakit.

Atur Biaya Belanja Oleh-Oleh

tips liburan hemat untuk traveler pemula1566959214 - Tips Liburan Hemat Untuk Traveler Pemula

Hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang adalah gelap mata saat berbelanja. Untuk menghindari hal tersebut, maka kalian harus benar-benar membuat daftar oleh-oleh apa saja yang akan dibeli. Membeli oleh-oleh secara grosiran akan membuat dana belanja oleh-oleh semakin hemat. Terlebih saat tiba di rumah, oleh-oleh bisa dibagi lagi buat keluarga dan teman kantor. Jadi kalian tidak perlu repot dan mengeluarkan biaya lebih untuk membeli oleh-oleh, serta menghemat waktu untuk berbelaja saat di tempat wisata.

Nah, bagaimana? Semoga cara di atas bisa menginspirasi kalian untuk berlibur tanpa perlu mengeluarkan banyak uang ya. Liburan tak mesti mahal, yang terpenting pada waktu liburan kalian bisa menikmatinya dengan santai dan nyaman. Jadi segala sesuatu yang bisa menimbulkan masalah setelah liburan usai, sebaiknya diantisipasi sejak awal. Selamat berlibur!

BACA JUGA :  Perbedaan Baju Imlek Cowok dan Cewek