Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur menyimpan peninggalan sejarah Kerajaan...

Exlpore Trowulan, Destinasi Wisata Sejarah Kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur merupakan kawasan yang kaya akan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit. Kota ini dahulu merupakan ibu kota Kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Hayam Wuruk dan Gajah Mada pada periode 1350-1389. Berlokasi di sebelah barat daya Surabaya, Trowulan memiliki berbagai candi yang menjadi bukti kejayaan Kerajaan Majapahit dan menyimpan sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu peninggalan terkenal di Trowulan adalah Gapura Bajang Ratu atau dikenal juga dengan sebutan Candi Bajang Ratu. Candi ini memiliki pintu gerbang beratap setinggi 16,5 meter dan berwarna kemerahan. Candi Bajang Ratu didirikan untuk mengenang wafatnya Raja Jayanegara. Di sekitar dinding candi terdapat panel-panel cerita Sri Tanjung, relief Ramayana, relief binatang bertelinga panjang, dan relief naga. Candi ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan yang tertarik dengan sejarah Kerajaan Majapahit.

Tidak hanya Candi Bajang Ratu, masih banyak peninggalan sejarah Majapahit lainnya yang tersebar di Trowulan. Beberapa situs bersejarah yang dapat dikunjungi antara lain:

1. Candi Tikus
Candi ini dulunya merupakan kolam pemandian khusus untuk raja dan keluarganya. Diperkirakan, candi ini dibangun pada abad ke-14. Sekarang, kolam telah hilang, namun struktur bangunan candi masih utuh dan dapat dilihat oleh para pengunjung.

2. Wringin Lawang
Wringin Lawang adalah gerbang masuk ke kompleks keraton Majapahit. Gerbang ini terbuat dari batu dan memiliki relief-relief yang menggambarkan kehidupan pada masa Kerajaan Majapahit. Wringin Lawang juga menjadi simbol dari Kerajaan Majapahit.

3. Candi Brahu
Candi Brahu adalah candi berukuran kecil yang terletak di dekat kompleks keraton Majapahit. Candi ini merupakan tempat pengebumian arwah para raja dan keluarganya. Meski ukurannya kecil, Candi Brahu memiliki arsitektur yang indah dan merupakan destinasi yang populer bagi para pengunjung.

BACA JUGA :  Pantai Ora Maluku: Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

Selain candi-candi tersebut, terdapat juga beberapa situs bersejarah lainnya seperti Kolam Segaran, Museum Majapahit, dan kompleks keraton Majapahit. Kolam Segaran dahulu berfungsi sebagai tempat pemandian umum di Kerajaan Majapahit. Museum Majapahit, seperti namanya, merupakan museum yang menyimpan berbagai artefak dan benda peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit. Sementara itu, kompleks keraton Majapahit adalah tempat tinggal raja dan keluarganya.

Bagi para wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan arkeologi, Trowulan merupakan destinasi yang sangat menarik. Melalui peninggalan-peninggalan sejarahnya, para pengunjung dapat mengenal lebih dekat kejayaan Kerajaan Majapahit dan menghayati nilai-nilai budaya yang ada pada masa itu. Selain itu, dengan berwisata ke Trowulan, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dan kehidupan masyarakat sekitar yang masih sangat terikat dengan warisan sejarah Majapahit.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Trowulan dari Surabaya?
Untuk menuju Trowulan dari Surabaya, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta. Perjalanan dari Surabaya ke Trowulan diperkirakan memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung dari kepadatan lalu lintas.

2. Apakah ada penginapan di sekitar Trowulan?
Ya, di sekitar Trowulan terdapat beberapa hotel dan penginapan yang dapat dijadikan tempat menginap bagi wisatawan. Beberapa hotel tersebut menyediakan berbagai fasilitas dan kenyamanan untuk para pengunjung.

3. Apakah ada harga tiket masuk untuk mengunjungi peninggalan sejarah di Trowulan?
Ya, biasanya terdapat tiket masuk yang harus dibayar untuk masuk ke kompleks peninggalan sejarah di Trowulan. Harga tiket masuk tersebut bervariasi tergantung pada tempat yang dikunjungi dan status sebagai wisatawan lokal atau internasional.

4. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Trowulan?
Trowulan dapat dikunjungi sepanjang tahun, namun ada waktu-waktu tertentu yang lebih baik untuk menghindari cuaca yang terlalu panas atau hujan. Sebaiknya mengunjungi Trowulan pada pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya matahari.

BACA JUGA :  Nikmati Keindahan Alam Liar di Hutan Bakau Nusa Lembongan

Conclusion:

Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur merupakan tempat yang kaya akan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit. Dengan berbagai candi dan situs bersejarah yang tersebar di kawasan ini, Trowulan menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik dan berharga untuk dikunjungi. Wisatawan dapat mengeksplorasi dan menghayati kejayaan Kerajaan Majapahit melalui peninggalan-peninggalan yang ada di Trowulan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dan budaya sekitar yang masih terjaga dengan baik.