Pesona Wisata Danau Sipin Jambi

Pesona Wisata Danau Sipin Jambi

Danau Sipin Jambi memang belum begitu dikenal oleh traveler di luar Jambi. Namun, pesona keindahannya tak jauh berbeda dengan pesona keindahan Danau lainnya.

Danau Sipin Jambi berada di tepian Universitas Jambi. Mengingatkan pada Danau UI juga Situ Gintung yang berada di pinggir Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kawasan Danau Sipin bukan hanya dijadikan sebagai obyek wisata melainkan juga merupakan tempat pembudidayaan ikan dengan menggunakan keramba.

Pesona Keindahan Wisata Danau Sipin Jambi

Tak heran jika dilihat dari atas, keramba-keramba terlihat memenuhi Danau Sipin Jambi.

Warga Jambi menyebut Danau Sipin dengan Solok Sipin. Salah satu keistimewaan Danau Sipin salah satunya adalah pesona matahari terbenam dan pemandangan di sekeliling Danau Sipin.

Alamat Danau Sipin berada di Simpang Buluran Kenali, Telanaipura, Jambi. Patokan paling mudah Danau ini juga berada di belakang kantor Gubernur Provinsi Jambi.

pesona wisata danau sipin jambi1567048786 - Pesona Wisata Danau Sipin Jambi

A photo posted by Muhammad Mujtahid Hakim (@mujtahidhakim) on 

Sebagai destinasi wisata, Danau Sipin sudah memiliki berbagai fasilitas yang memadai terutama penjual kelapa muda yang bisa dinikmati sambil memandang perairan Danau Sipin yang tenang.

Jika tertarik untuk beriwsata air, ada fasilitas penyewaan perahu dan juga fasilitas pemancingan di Danau Sipin. Penyewaan perahu cukup membayar Rp5.000/orang yang bisa menapung maksimal 4 orang per-perahu.

Salah satu kearifan lokal yang masih dipertahakan di Danau Sipin Jambi adalah keberadaan rumah panggung di tengah-tengah danau.

Rumah Panggung inilah yang menjadi tempat peristirahatan warga yang memiliki kolam-kolam keramba di tengah Danau Sipin.

pesona wisata danau sipin jambi1567048787 - Pesona Wisata Danau Sipin Jambi
Masjid Agung Al-Falah Jambi/shutterstock

Rumah Panggung ini juga yang menjadikan inspirasi bagi warung-warung makan di pinggir Danau Sipin. Sangat nikmat rasanya menikmati hidangan lezat di atas Rumah Panggung dengan hamparan pemandangan Danau Sipin saat sore hari.

BACA JUGA :  Keindahan Wisata Pulau Kaledupa Di Wakatobi National Park!

Danau Sipin sangat berdekatan dengan Sungai Batanghari jika dilihat dari pencitraan Google Maps. Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi.

Warga sekitar pun tak pelak kerap datang untuk berwisata ke Danau Sipin Jambi. Danau ini memang dijadikan pelepas penat bagi warga yang seharian telah bekerja.

Selain itu juga Danau ini selalu dijadikan tempat anak muda nongkrong dan menghabiskan waktu hingga Senja tiba.

Tempat Wisata dekat Danau Sipin

  • Musuem Negeri Jambi
  • Masjid Agung Al-Falah Jambi
  • Menara Air Jambi
  • Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Nikmati Juga Kuliner Khas Jambi

  • Nasi Gemuk
  • Tempoyak
  • Kue Burgo
  • Gulai Tepek Ikan