No 3 Wajib Mampir! Ini Rekomendasi Tempat Wisata Istanbul Terbaik!

By | February 15, 2020

Ini rekomendasi tempat wisata Istanbul terbaik! Turki memiliki destinasi wisata yang menarik. Wisata Turki bahkan menjadi primadona bagi para jamaah umroh asal Indonesia.

Sebagai salah satu negara yang menarik, Turki merupakan negara yang berada di kawasan yang berbeda. Sebagian wilayahnya masuk Eropa dan sebagian lagi masuk kawasan Asia.

Sebagai salah satu dinasti yang paling berkuasa pada zamannya, Turki memiliki berbagai tempat wisata kelas dunia yang bisa kalian pertimbangkan untuk dikunjungi.

No 3 Wajib Mampir! Ini Rekomendasi Tempat Wisata Istanbul Terbaik!

Berikut adalah ulasannya.

1. Cappodocia

No 3 Wajib Mampir! Ini Rekomendasi Tempat Wisata Istanbul Terbaik!
Cappadicia (Liputan6.com)

Salah satu bangunan paling menarik dari Cappodocia adalah seluruhnya terbuat dari batu alam. Bangunan ini merupakan bangunan sejarah yang merupakan salah satu destinasi wisata yang termasuk dalam UNESCO World Heritege Site. Bangunan batu ini merupakan bukti sejarah bahwa peradaban pada masa lalu memiliki arsitektur yang mengagumkan meskipun belum ada teknologi yang memadai.

Kota ini diperkirakan dibangun 3.000 tahun yang lalu oleh kerajaan Hittetes. Didalam bangunan tersebut terdapat gereja dan biara selain rumah penduduk yang ditempati sebagai tempat berlindung.

2. Hadrian Gate

No 3 Wajib Mampir! Ini Rekomendasi Tempat Wisata Istanbul Terbaik!
Hadrian Gate (turkisharchaeonews.net)

Hadrian Gate merupakan salah satu tempat indah dan monumen di Antalya, Turki yang banyak dikunjungi oleh wistawan. Gerbang ini dikenal juga sebagai Triple Gate karena memiliki tiga lengkungan pintu. Hadrian adalah kaisar Romawi yang pernah mengunjungi Antalya pada abad kedua masehi.

Hadrian Gate ini dibangun pada tahun 130 Masehi sebagai tanda bahwa kaisar Hadrian pernah mengunjungi Turki. Hadrian Gate ini berada ditengah-tengah benteng yang dibangun mengelilingi kota. Salah satu akses utama saat itu adalah dengan melewati Hadrian Gate.

3. Hagia Sophia

No 3 Wajib Mampir! Ini Rekomendasi Tempat Wisata Istanbul Terbaik!
Hagia Sophia

Museum yang dikenal dengan nama Aya Sofya atau Hagia Sofa ini dulunya merupakan sebuah gereja katedral yang paling mewah. Kasiar Roma pun menyebutnya dengan Hagia Sophia sebagai Holy Wisdom Church. Sebagai peninggalan Kaisar Justinian, Hagia Sophia saat itu berada di Byantium dan proses pembangunannya memakan waktu hingga 6 tahun pada tahun 537 M.

Wisatawan Rusia banyak yang merasa tercengang dengan keindahan Hagia Sophia saat itu karena Gereja Katedral Hagia Sophia saat itu dihiasi dengan emas permata dan ratusan lukisan mozaik yang sangat menawan. Hingga akhirnya pada tahun 1453 Hagia Sophia jatuh ketangan Sulten Mehmed II yang mampu menembus benteng Konstantinopel yang menandakan runtuhnya kekaisaran Byzantium.

Saat itulah kumandangan adzan bergema di langit Konstantinopel dari Hagia Sophia yang berubah fungsi menjadi masjid Kota. Pada akhirnya saat Mustafa Kemal Ataturk memerintah, Hagia Sophia berubah fungsi menjadi museum yang memiliki ornamen kaligrafi sekaligus arsitektur gereja yang kental.

4. Istana Dolmabache

No 3 Wajib Mampir! Ini Rekomendasi Tempat Wisata Istanbul Terbaik!
Dolmabache Palace

Istana yang dibangun pada masa Sultan Abdul Mecid I ini memiliki gaya bangunan Eropa. Awalnya pusat pemerintahan berada di Istana Topkapi. Kemudian dipindahkan setelah Istana Dolmabache berdiri dengan megah.

Istana ini berada di tepi selat Bosphorus. Dari lautan Istana ini akan terlihat sangat indah. Salah satu bangunan menarik di Istana ini adalah Dolmabache Clock Tower yang berdiri sangat megah. Istana ini juga yang menjadi tempat tinggal Mustafa Kemal Attaturk hingga wafat. Kini istana ini berfungsi sebagai Museum.

5. Istana Topkapi

No 3 Wajib Mampir! Ini Rekomendasi Tempat Wisata Istanbul Terbaik!
Istana Topkapi

Warga Turki mengenal Istana ini dengan sebutan Topkapi Sarayi. Istana ini merupakan peninggalan Sultan Mehmed II saat menaklukkan Konstantinopel. Saat itu nama Konstantinopel dirubah menjadi Istanbul hingga kini. Pada tahun 1459 Sultan juga membangun sebuah bangunan istana yang menjorok kelautan dan diberi nama Istana Topkapi. Inilah salah satu bangunan peradaban Islam di Turki yang dirawat hingga saat ini.

Istana Topkapi merupakan Istana Kekhalifahan Ottoman yang berkuasa selama 400 tahun lamanya. Istana ini berdekatan dengan Hagia Sophia dan Blue Mosque. Tidak sedikit barang-barang Nabi Muhammad SAW dan para sahabat kini bisa disaksikan di Istana Topkapi. Istana Topkapi peniggalan kekhalifahan Ottoman Turki akhirnya dipastikan sebagai destinasi wisata UNESCO World Heritage Site pada tahun 1985.