Air yang terperangkap oleh karang saat terjadi pasang surut di daerah pantai, me...

Danau Weekuri di Sumba Barat Daya: Laguna Indah dengan Keindahan Alam yang Menakjubkan

Air yang terperangkap oleh karang saat terjadi pasang surut di daerah pantai, membentuk sebuah danau alami yang indah. Inilah dia Weekuri, sebuah laguna tenang nan indah. Meskipun bukan danau sungguhan, namun nama Danau Weekuri sudah menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumba Barat terutama Desa Kalena Rongo, Kodi Utara. Tak hanya laguna cantik, di balik tebing juga terhampar lautan lepas dengan deburan ombak yang sesekali memecah keheningan. Disediakan pula menara untuk melompat langsung ke dalam air. Kita bisa melakukan jump cliff dengan bebas, melepas lelah dari rutinitas yang menjemukan.

Sobat Pesona yang tidak mau repot basah-basahan, bisa hunting foto di sekitar tebing laguna. Jembatan cantik nan instagrammable dibangun untuk pangunjung yang mau foto-foto dengan latar Danau Weekuri.

Ibaratnya Piaynemo di Raja Ampat, liburan ke Sumba belum lengkap kalau tak main air di Danau Weekuri. Selamat datang di surga kecil kebanggaan Sumba Sobat Pesona!

Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), memang menjadi destinasi yang menawarkan keindahan alam yang tak terlupakan. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di sini adalah Danau Weekuri. Meskipun bukan danau sungguhan, tempat ini memberikan pengalaman unik kepada para pengunjungnya. Terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Danau Weekuri merupakan salah satu daya tarik wisata yang harus masuk dalam daftar liburan Anda di Sumba.

Lokasi Danau Weekuri

Danau Weekuri terletak sekitar 75 kilometer di sebelah tenggara Kota Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Anda dapat memilih untuk menggunakan transportasi umum atau menyeberang dengan kendaraan pribadi menuju desa Kalena Rongo. Setelah tiba di desa tersebut, Anda hanya perlu berjalan sekitar 300 meter menuju pantai untuk mencapai Danau Weekuri.

BACA JUGA :  Mengunjungi Talisayan, Kalimantan Timur: Pengalaman Tak Terlupakan Melihat Hiu Paus Terbesar di Dunia

Keindahan Danau Weekuri

Setiba di Danau Weekuri, Anda akan disambut dengan keindahan alami yang memukau. Air jernih dan biru di danau ini memberikan pemandangan yang memesona. Air tersebut terjebak di dalam karang-karang saat terjadi pasang surut, membentuk laguna yang tenang dan indah.

Perpaduan warna air biru dan karang putih yang ada di Danau Weekuri menciptakan kontras yang memukau. Anda dapat berenang atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang masih perawan. Di sekitar laguna, terdapat juga tebing yang indah dengan deburan ombak laut yang menghiasi latar belakang. Anda bisa melakukan aktivitas jump cliff dengan bebas di sini.

Tidak hanya airnya yang indah, tetapi Danau Weekuri juga menawarkan keindahan alam sekitar yang menakjubkan. Terdapat hamparan pasir putih di sekitar danau yang menjadikan tempat ini sempurna untuk bersantai dan menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman. Anda juga dapat berjalan-jalan di sekitar tebing laguna dan menikmati pemandangan yang menakjubkan. Terdapat jembatan cantik nan instagrammable yang dibangun untuk para pengunjung yang ingin mengabadikan momen di Danau Weekuri.

Aktivitas di Danau Weekuri

Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan saat berkunjung ke Danau Weekuri. Berenang dan snorkeling adalah kegiatan yang populer di sini. Dengan air yang jernih, Anda dapat melihat kehidupan bawah laut yang memukau di terumbu karang di sekitar danau. Jika Anda seorang pecinta petualangan, Anda juga dapat mencoba aktivitas jump cliff di tebing sekitar danau. Tidak hanya memberikan adrenalin, tetapi ini juga akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan lebih santai, Anda dapat duduk di tepi danau dan menikmati pemandangan yang indah. Anda juga dapat bersantai di pasir putih sambil menikmati angin dan matahari. Aksesori seperti pelampung dan papan selancar juga tersedia untuk disewa jika Anda ingin bereksperimen dengan berbagai aktivitas air.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Suku Baduy Dalam dan Luar Akan Membanjiri Kota Serang untuk Seba Baduy Tahun Ini

Fasilitas di Danau Weekuri

Meskipun terletak di daerah yang terpencil, Danau Weekuri menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung. Terdapat kamar mandi dan toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung. Terdapat juga warung makan yang menjual makanan dan minuman ringan. Namun, disarankan untuk membawa bekal sendiri jika Anda menginginkan makanan yang lebih lengkap.

FAQ

1. Bagaimana cara menuju Danau Weekuri?
Untuk mencapai Danau Weekuri, Anda perlu menuju Desa Kalena Rongo di Kodi Utara, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

2. Apa aktivitas yang dapat dilakukan di Danau Weekuri?
Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di Danau Weekuri, seperti berenang, snorkeling, dan jump cliff.

3. Apakah ada fasilitas di Danau Weekuri?
Ya, Danau Weekuri menyediakan fasilitas seperti kamar mandi, toilet, dan warung makan.

4. Apakah ada biaya masuk ke Danau Weekuri?
Ya, terdapat biaya masuk yang harus dibayar saat mengunjungi Danau Weekuri.

5. Apakah ada akomodasi di sekitar Danau Weekuri?
Anda dapat mencari akomodasi di sekitar Waikabubak atau desa-desa terdekat di Sumba Barat Daya.

Kesimpulan

Danau Weekuri di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, adalah destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat Anda mengunjungi pulau ini. Laguna indah ini menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan dengan air yang jernih dan biru yang terperangkap oleh karang-karang. Selain berenang dan snorkeling, Anda juga dapat mencoba aktivitas jump cliff yang menantang di tebing laguna. Jangan lupa mencari sutradara foto sempurna di jembatan cantik nan instagrammable di sekitar danau. Dengan fasilitas yang baik dan pemandangan yang memesona, Danau Weekuri akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.