Minggu kemarin teman-teman dari  (Forum Wartawan Pariwisata Indonesia) mencoba m...

Menikmati Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Jawa Timur

Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Terletak di desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo, kabupaten Lumajang, air terjun ini memiliki keindahan yang memukau. Pada minggu kemarin, anggota Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwapar) telah mencoba menjelajahi dan mengabadikan keindahan Air Terjun Tumpak Sewu. Dan hari ini, giliran para travel blogger yang akan melakukannya.

Tumpak Sewu dikenal sebagai “Serpihan Surga Tersembunyi” karena keindahannya yang memang sangat luar biasa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan memiliki formasi batuan yang unik. Menatap ke dalam lembah di bawahnya, kita bisa melihat air terjun dengan berbagai tingkatan. Air yang turun dengan deras membentuk embun-embun yang menambah keindahan pemandangan.

Para wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu akan merasa terpesona dengan keindahannya yang memukau. Tidak hanya air terjunnya yang luar biasa, tetapi juga aliran sungai di bawahnya dan panorama sekitarnya yang menakjubkan. Para pengunjung juga dapat naik perahu bambu untuk menikmati keindahan air terjun dari dekat.

Selain keindahannya yang menarik, Tumpak Sewu juga memiliki sejarah yang menarik. Menurut legenda setempat, air terjun ini merupakan tempat permintaan Jaka Tarub, tokoh dalam legenda Jawa, saat ia mencari air untuk menyembuhkan ibunya yang sakit. Di sekitar air terjun, terdapat pohon randu yang diyakini sebagai tempat Jaka Tarub beristirahat.

Untuk mencapai Air Terjun Tumpak Sewu, wisatawan bisa memulai perjalanan dari kota Lumajang. Dari Lumajang, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum menuju desa Sidomulyo. Setelah itu, mereka harus berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer untuk mencapai air terjun. Selama perjalanan, wisatawan akan melewati hutan dan jalan setapak yang menantang. Namun, ketika tiba di Air Terjun Tumpak Sewu, semua rasa lelah pasti akan terbayarkan dengan pemandangan yang memukau.

BACA JUGA :  Explore Keindahan Air Terjun Suban di Bengkulu | Pesona Liburan di Lubuk Linggau

Air Terjun Tumpak Sewu juga telah menjadi lokasi favorit bagi para pecinta fotografi. Keindahan air terjun dan alam sekitarnya memberikan pemandangan yang menakjubkan untuk diabadikan. Banyak fotografer telah mengambil gambar-gambar spektakuler Air Terjun Tumpak Sewu dan membagikannya di media sosial.

Selama perjalanan ini, teman-teman dari Travel Blogger telah mengunggah foto-foto indah mereka di akun Instagram mereka. Mereka menikmati keindahan alam di sekitar air terjun, berkeliling, dan mengambil foto-foto menakjubkan. Mereka juga berinteraksi dengan penduduk setempat dan mempelajari budaya mereka. Perjalanan ini tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan, tetapi juga edukatif.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Jangan meninggalkan sampah di sekitar air terjun dan ikuti petunjuk yang ada. Kedua, persiapkan fisik dengan baik karena perjalanan menuju air terjun cukup menantang. Jalan setapak yang curam dan berbatu dapat menjadi tantangan. Ketiga, bawa perlengkapan yang diperlukan seperti sepatu yang nyaman, makanan ringan, dan air minum. Terakhir, selalu perhatikan keselamatan dan ikuti instruksi yang diberikan oleh pemandu wisata.

FAQ about Air Terjun Tumpak Sewu:

Q: Apa yang membuat Air Terjun Tumpak Sewu begitu istimewa?
A: Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu terletak pada tingkatan air terjun, formasi batuan yang unik, dan panorama sekitarnya yang menakjubkan. Ini adalah destinasi wisata yang memukau dan cocok untuk para pecinta alam dan fotografi.

Q: Bagaimana cara mencapai Air Terjun Tumpak Sewu?
A: Wisatawan dapat memulai perjalanan dari kota Lumajang. Dari Lumajang, mereka dapat menggunakan angkutan umum menuju desa Sidomulyo. Setelah itu, mereka harus berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer untuk mencapai air terjun.

BACA JUGA :  Ingin mencari tempat menyelam yang tidak jauh dari Jakarta tapi mampu memberikan...

Q: Apakah ada tempat penginapan di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu?
A: Saat ini, belum ada penginapan di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu. Namun, beberapa homestay dan penginapan dapat ditemukan di desa Sidomulyo.

Q: Apakah ada biaya masuk untuk mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu?
A: Ya, wisatawan harus membayar tiket masuk untuk mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu. Tiket masuk ini digunakan untuk menjaga dan memelihara kelestarian alam sekitar air terjun.

Kesimpulan:
Air Terjun Tumpak Sewu adalah destinasi wisata yang menakjubkan di Lumajang, Jawa Timur. Keindahan alamnya yang spektakuler dan panorama sekitarnya yang memukau membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Meskipun perjalanan menuju air terjun ini cukup menantang, tetapi semua kelelahan akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa. Air Terjun Tumpak Sewu adalah tempat yang sempurna bagi para pecinta alam dan fotografi untuk mengabadikan momen indah mereka.