Pesona Tempat Wisata Bukit Selong Lombok Si Pemikat Hati

By | February 17, 2020

Pesona tempat wisata Bukit Selong Lombok si pemikat hati. Apakah kamu nggak ingin liburan ke tempat wisata di Lombok ini?

Tak hanya pantai, Pulau Seribu Masjid pun menawarkan keindahan panorama gunung dan perbukitan yang cantik. Salah satunya adalah Bukit Selong Lombok.

Bukit Selong Lombok ini berada di Pusuk Sembalun, Lombok Timur, NTB. Tepatnya berada di kaki Gunung Rinjani. Destinasi satu ini memiliki banyak daya tarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Bukit Selong Memiliki Panorama Alam yang Indah

Hal utama yang ditawarkan oleh tempat wisata satu ini adalah keindahan panorama alamnya. Dijamin kamu bakal merasa jatuh hati saat melihat lanskap Gunung Rinjani dan petak sawah dengan warna berbeda-beda yang membentang di sana.

Sebelum sampai di Bukit Selong, kamu akan menjumpai jejeran pohon bambu yang rimbun. Nuansa alami dan natural bisa kamu rasakan di sana.

Pemandangan hijau nan asri ini tentu tak hanya menyejukkan mata, kamu pun akan merasa tenang dan nyaman berlama-lama di bukit ini.

Pesona Tempat Wisata Bukit Selong Lombok Si Pemikat Hati

Selain untuk dinikmati keelokannya, para turis pun memanfaatkan indahnya lukisan alam ini sebagai latar belakang foto mereka. Baik untuk fotografi alam ataupun sekadar berselfie.

Sebab, pemandangan Bukit Selong Lombok ini diyakini dapat membuat hasil bidikan jadi lebih bagus dan artsy.

Kalau ingin lebih lama menikmati lanskap di sana, kamu bisa kok memasang tenda dan berkemah di area Bukit Selong. Sebab. bukit pun sering digunakan oleh beberapa wisatawan sebagai area camping.

Wisata Budaya Desa Beleq

Pesona Tempat Wisata Bukit Selong Lombok Si Pemikat Hati

Saat ke kawasan Bukit Selong, tak lengkap rasanya jika tak mampir ke Desa Beleq. Desa Beleq ini akan kamu temui saat perjalanan menuju Bukit Selong.

Lokasinya persis di sebelah Bukit Selong Lombok. Dirangkum dari berbagai sumber oleh tim blog reservasi, Desa Beleq ini terhitung sebagai situs peninggalan sejarah masa lampau. Sebab, sudah tidak lagi ditempati sebagai rumah tinggal. Hanya digunakan sebagai salah satu objek wisata di area tersebut.

Pesona Tempat Wisata Bukit Selong Lombok Si Pemikat Hati

Di Desa Beleq ini kamu bisa melihat 7 bangunan rumah adat dengan atap bambu dan lantai terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan kotoran sapi. Tepatnya seperti rumah adat Desa Sade, namun bentuknya berbeda.

Pemandangan alam dari Desa Beleq ini pun tak kalah indah dengan Bukit Selong, lho. Berjalan sedikit ke belakang komplek desa, kamu akan disuguhi panorama gunung, kebun, dan jejeran rumah adat Desa Beleq.

Cara Pergi Ke Bukit Selong Lombok

Pesona Tempat Wisata Bukit Selong Lombok Si Pemikat Hati

Bukit Selong Lombok lokasinya berada di area Taman Wisata Pusuk Sembalun. Untuk dapat mencapai desa ini, kamu bisa melewati dua rute.

  • Jalur Utara: Kota Mataram – Pusuk (Monkey’s Forest) – Pemenang – Bangsal – Tanjung – Gangga – Kayangan – Bayan – Senaru – Desa Biluk Petung – Desa Sembalun Lawang (Bukit Selong).
  • Jalur Timur: Kota Mataram – Narmada – Mantang – Kopang – Terara – Sikur – Masbagik – Aikmel – Suela – Desa Sembalun Bumbung – Desa Sembalun Lawang (Bukit Selong).

Saat sampai kawasan Taman Wisata Pusuk Sembalun, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000,-.

K