Curug Cikanteh, surga tersembunyi yang bikin melongo.
.
‘Curug’ sendiri dalam ba...

Curug Cikanteh, surga tersembunyi yang bikin melongo. . ‘Curug’ sendiri dalam ba…

Curug Cikanteh, surga tersembunyi yang bikin melongo

Curug Cikanteh adalah salah satu air terjun tersembunyi yang memukau di Sukabumi, Jawa Barat. Kata “curug” dalam bahasa Sunda berarti air terjun kecil. Sukabumi sendiri merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya. Salah satu destinasi wisata alam yang sering dikunjungi di Sukabumi adalah Geopark Ciletuh. Di sini, wisatawan dapat menikmati pantai, pemandangan bukit, dan keunikan curugcurug yang tersebar di daerah ini.

Salah satu curug yang menarik perhatian di Geopark Ciletuh adalah Curug Cikanteh yang terletak di atas Curug Sodong. Secara administratif, Curug Cikanteh berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Meskipun volume air Curug Cikanteh tergolong kecil, namun pesona alamnya tetap memukau. Aliran sungai yang mengalir dengan lembut di sela-sela tebing memberikan pemandangan yang indah dan cocok untuk berenang atau berfoto.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Nama “Curug Cikanteh” diambil dari nama sungai yang mengaliri air terjun ini, yaitu Sungai Cikanteh. Namun, untuk mencapai curug ini, wisatawan harus melakukan trekking yang cukup menantang dan melelahkan. Namun, setelah mencapai tujuan, segala rasa lelah akan terbayar dengan keindahan alam yang disuguhkan.

Indonesia memiliki banyak air terjun eksotis dan unik. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang curug-curug lain yang menakjubkan di Indonesia, Anda dapat mengunjungi tautan yang terdapat di bio kami.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Curug Cikanteh?
Untuk menuju Curug Cikanteh, Anda harus pergi ke Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Setelah tiba di desa tersebut, Anda perlu melakukan trekking yang cukup menantang untuk mencapai air terjun ini.

BACA JUGA :  Pulau Komodo: Satwa Langka dan Keajaiban Alam di Indonesia

2. Apakah ada penginapan di sekitar Curug Cikanteh?
Di sekitar Curug Cikanteh, terdapat berbagai penginapan yang dapat Anda pilih, baik hotel maupun homestay. Namun, disarankan untuk membawa tenda dan perlengkapan berkemah jika Anda ingin menginap di sekitar curug ini.

3. Bisakah berenang di Curug Cikanteh?
Ya, Anda dapat berenang di Curug Cikanteh. Namun, tetap perhatikan keamanan dan jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan sekitar.

4. Apakah ada biaya masuk untuk mengunjungi Curug Cikanteh?
Hingga saat ini, belum ada biaya masuk resmi untuk mengunjungi Curug Cikanteh. Namun, disarankan untuk mendapatkan informasi terbaru sebelum berkunjung.

5. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Cikanteh?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Cikanteh adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan Mei hingga Oktober. Pada musim ini, curug ini memiliki aliran air yang lebih stabil dan cuaca yang cerah.

Conclusion:

Curug Cikanteh merupakan salah satu destinasi wisata alam tersembunyi yang mempesona di Sukabumi, Jawa Barat. Terletak di atas Curug Sodong, curug ini menawarkan pemandangan indah dan suasana yang menenangkan. Meskipun untuk mencapainya memerlukan usaha dan stamina, setiap capek yang dirasakan akan terbayar dengan keindahan alam yang luar biasa. Jadi, jika Anda sedang mencari tempat untuk melarikan diri dari kehidupan kota yang sibuk, Curug Cikanteh adalah pilihan yang sempurna untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat mengunjungi curug ini.