Dibangun sekitar abad ke-8, Candi Kalasan merupakan satu-satunya peninggalan Bud...

Eksplorasi Candi Kalasan: Peninggalan Budha Tertua di Pulau Jawa

Dibangun sekitar abad ke-8, Candi Kalasan merupakan satu-satunya peninggalan Buddha tertua di pulau Jawa. Candi ini terletak di Desa Kalasan, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini memiliki keunikan dan pesona sendiri yang menarik perhatian wisatawan dari dalam dan luar negeri. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam mengenai Candi Kalasan dan mengapa tempat ini layak untuk dikunjungi.

## Sejarah Candi Kalasan

Candi Kalasan dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Sailendra, pada sekitar abad ke-8. Candi ini didedikasikan untuk Dewi Tara, salah satu bentuk perlambangan Bodhisattva. Sebagai salah satu candi Buddha terbesar di Jawa Tengah, Candi Kalasan pernah menjadi tempat peribadatan agama Buddha yang aktif.

Candi Kalasan ditemukan dalam keadaan yang cukup rusak dan tersembunyi oleh rimbunnya tumbuhan. Namun, melalui proses restorasi yang dilakukan oleh pemerintah, candi ini berhasil dihidupkan kembali dan menjadi salah satu situs warisan budaya yang berharga di Indonesia.

## Arsitektur Candi Kalasan

Candi Kalasan memiliki arsitektur yang indah dan khas. Candi ini terdiri dari balairung atau ruangan utama yang dikelilingi oleh ruangan tambahan. Balairung utama memiliki atap berbentuk ganda dengan ukiran dan hiasan yang cantik. Di bagian dalam balairung terdapat sebuah patung Buddha setinggi 6 meter yang terbuat dari perunggu. Patung ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengunjung yang datang ke Candi Kalasan.

Selain itu, Candi Kalasan juga memiliki relief-relief yang menggambarkan cerita dan ajaran agama Buddha. Relief-relief ini menggambarkan scene dari kitab-kitab sutra Buddha seperti Jataka dan Avadana. Keindahan dan keunikan relief-relief ini menunjukkan keterampilan seni dan kehalusan rasa estetika pada masa itu.

## Keunikan Candi Kalasan

BACA JUGA :  Sobat Pesona pernah mengunjungi objek wisata monkey forest? Nah, selain di Ubu...

Salah satu keunikan Candi Kalasan adalah perpaduan antara gaya arsitektur Buddha dan Hindu. Meskipun merupakan candi Buddha, Candi Kalasan memiliki banyak elemen arsitektur Hindu yang terlihat jelas, seperti bentuk atap ganda yang mirip dengan candi Hindu di India. Ini menunjukkan adanya toleransi dan saling pengaruh antara agama-agama pada masa tersebut.

Selain itu, patung Buddha yang terdapat di dalam candi ini juga memiliki keunikan tersendiri. Patung Buddha ini merupakan salah satu patung Buddha terbesar dan tertua di Indonesia. Patung ini tidak hanya menjadi objek pemujaan, tetapi juga menjadi contoh seni rupa Budha yang sangat berarti.

## Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Candi Kalasan

Kunjungan ke Candi Kalasan tidak hanya akan memberikan pengalaman spiritual yang mendalam, tetapi juga kesempatan untuk menikmati keindahan arsitektur kuno. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar candi dan menikmati pemandangan yang indah, mengambil foto-foto yang menakjubkan, atau bahkan duduk-duduk di salah satu sudut candi untuk bersantai dan menikmati suasana.

Selain itu, candi ini juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan dan acara budaya. Anda mungkin beruntung jika mengunjungi candi saat digelar acara budaya seperti tari-tarian atau pertunjukan musik tradisional.

## Bagaimana Cara Menuju Candi Kalasan?

Candi Kalasan terletak sekitar 13 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat dicapai dengan berbagai cara. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti Jalan Solo lalu belok ke arah timur di Pertigaan Boyongan. Ikuti jalan tersebut dan Anda akan sampai di Desa Kalasan.

Alternatif lain adalah menggunakan angkutan umum seperti angkot atau bus kota. Anda dapat naik angkot Kaliurang atau Trans Jogja dengan mengarah ke arah Kaliurang. Turun di pertigaan Kalasan dan lanjutkan perjalanan menggunakan becak atau jalan kaki.

BACA JUGA :  Kedai Kopi Melegenda di Belitung: Rasakan Sensasi Kopi Khas dan Keindahan Pulau Ini!

## FAQ

#### 1. Apa yang membuat Candi Kalasan istimewa?

Candi Kalasan adalah satu-satunya candi Buddha tertua di pulau Jawa. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan unik, serta patung Buddha setinggi 6 meter.

#### 2. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Candi Kalasan?

Anda dapat menikmati keindahan arsitektur kuno candi, mengambil foto-foto, atau duduk-duduk bersantai di sekitar candi. Selain itu, ada juga sering digelar acara budaya di candi ini.

#### 3. Bagaimana cara menuju Candi Kalasan?

Candi Kalasan terletak di Desa Kalasan, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti angkot atau Trans Jogja.

## Kesimpulan

Candi Kalasan adalah salah satu peninggalan bersejarah yang sangat berharga di Indonesia. Sebagai satu-satunya candi Buddha tertua di pulau Jawa, candi ini memiliki arsitektur yang indah, patung Buddha yang megah, dan keunikan sejarah yang menarik. Kunjungan ke Candi Kalasan akan memberikan pengalaman spiritual dan keindahan arsitektur yang luar biasa. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Kalasan saat berada di Yogyakarta!