Hai, Sobat Pesona! Liburan ke Lombok pastinya kalian sudah punya banyak pilihan ...

Air Terjun Tiu Kelep: Pesona Surga Tersembunyi di Lombok Utara

Liburan ke Lombok pastinya kalian sudah punya banyak pilihan destinasi khan! Pantai-pantainya yang indah dan Gunung Rinjani yang jadi favorite para pendaki, tentu saja sudah masuk dalam list perjalanan kalian. Tapi kalian juga harus cobain sensasi angin berhembus di Air Terjun Tiu Kelep!

Tiu Kelep berasal dari bahasa Bayan-Lombok Utara, yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘Angin Berhembus’. Karena, pada saat berada di lokasi air terjun kalian akan merasakan angin tidak pernah berhenti berhembus dan membuat air terjun meliuk-liuk di tiup angin. Hal ini disebabkan oleh posisi air terjun yang berupa tebing tinggi dengan letak hutan yang lebih rendah.

Air Terjun Tiu Kelep berada di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Tidak hanya air terjunnya yang terlihat gagah dan menyejukkan, tapi juga pemandangan di sekitarnya yang rimbun menjadikan alasan para wisatawan betah berlama-lama disini. Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan bertingkat-tingkat. Meski arus sungai cukup lemah, tapi arus air terjunnya cukup deras. Di bawahnya terbentuk sebuah kolam yang tidak terlalu dalam sekitar sepinggang orang dewasa.

Untuk menuju Air Terjun Tiu Kelep dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Selama 15-20 menit, kalian bisa mampir dulu ke Air Terjun Sendang Gile dengan melewati tangga yang tersedia. Tangganya cukup rapi dan terdapat beberapa pondok untuk beristirahat.

Lombok, destinasi wisata yang penuh pesona

Lombok, salah satu pulau yang terletak di sebelah timur Bali, telah menjadi tujuan wisata yang populer di Indonesia. Dengan keindahan alamnya yang memukau, Lombok menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang bisa membuat liburan Anda menjadi tak terlupakan. Mulai dari pantai-pantai yang menakjubkan, gunung-gunung yang menantang, hingga air terjun yang menakjubkan seperti Air Terjun Tiu Kelep.

BACA JUGA :  Desa Pariangan: Keindahan Alam, Kebudayaan Kaya, dan Kedamaian Menakjubkan

Air Terjun Tiu Kelep: Surga yang Tersembunyi di Lombok Utara

Air Terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Desa ini dikenal sebagai pintu gerbang menuju Gunung Rinjani dan berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari Bandara Internasional Lombok. Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan serta udara segar yang sejuk.

Sensasi menikmati angin berhembus di Air Terjun Tiu Kelep

Salah satu hal yang membuat Air Terjun Tiu Kelep begitu istimewa adalah sensasi angin berhembus yang terus menerus. Ketika Anda berada di lokasi air terjun, Anda akan merasakan angin yang tidak pernah berhenti berhembus. Hal ini diakibatkan oleh posisi air terjun yang berupa tebing tinggi dengan hutan yang lebih rendah. Angin yang menerpa air terjun membuat airnya meliuk-liuk dengan indah. Sensasi ini membuat pengunjung merasa segar dan tenang.

Hutan rimbun di sekitar Air Terjun Tiu Kelep

Tidak hanya air terjunnya yang indah, tapi juga pemandangan di sekitarnya yang rimbun dan alami. Setelah menikmati keindahan Air Terjun Tiu Kelep, Anda dapat menjelajahi hutan di sekitarnya yang mempesona. Hutan ini dipenuhi dengan pepohonan yang lebat dan berbagai macam spesies flora dan fauna. Jalan-jalan kecil yang terbentang di tengah hutan memberikan pengalaman yang menenangkan dan menenangkan.

Kolam yang menyejukkan di bawah air terjun

Di bawah air terjun Tiu Kelep terdapat kolam yang tidak terlalu dalam. Kolam ini menjadi tempat yang sempurna untuk berenang dan bermain air. Airnya yang jernih dan segar akan membuat Anda merasa segar dan menyegarkan. Selain itu, kolam ini juga menjadi spot foto yang populer, karena latar belakangnya yang indah dan alami.

BACA JUGA :  4 Kompetisi Surfing Terkenal di Indonesia yang Menarik Perhatian Peselancar di Seluruh Dunia

Perjalanan menuju Air Terjun Tiu Kelep

Untuk menuju Air Terjun Tiu Kelep, Anda perlu melakukan perjalanan sekitar 45 menit dari pusat Desa Senaru. Selama perjalanan, Anda akan melewati jalan dengan pemandangan yang indah. Setelah tiba di lokasi parkir, Anda harus turun ke bawah menggunakan tangga yang tersedia. Ketika Anda turun, Anda akan melewati Air Terjun Sendang Gile terlebih dahulu. Air Terjun Sendang Gile adalah air terjun kecil yang juga patut dikunjungi.

Tips untuk mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep

– Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk, karena pasti ingin berenang di kolam di bawah air terjun.
– Siapkan sepatu yang nyaman dan tahan air, karena Anda akan melewati sungai dan kolam selama perjalanan.
– Jangan lupa membawa perlengkapan makanan dan minuman yang cukup, karena tidak ada warung di sekitar air terjun.
– Hindari mengunjungi air terjun saat musim hujan, karena debit air bisa sangat tinggi dan berbahaya.
– Pastikan untuk menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah di sekitar air terjun, agar tempat ini tetap indah dan alami.

FAQ

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke Air Terjun Tiu Kelep?
A: Waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke Air Terjun Tiu Kelep sekitar 45 menit dari pusat Desa Senaru.

Q: Apa yang membuat Air Terjun Tiu Kelep istimewa?
A: Air Terjun Tiu Kelep istimewa karena sensasi angin berhembus yang terus menerus dan pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya.

Q: Apakah ada kolam di bawah air terjun?
A: Ya, di bawah air terjun Tiu Kelep terdapat kolam yang tidak terlalu dalam dan cocok untuk berenang.

BACA JUGA :  Danau Weekuri di Sumba Barat Daya: Laguna Indah dengan Keindahan Alam yang Menakjubkan

Q: Apa tips yang harus diikuti ketika mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep?
A: Beberapa tips yang harus diikuti ketika mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep antara lain membawa pakaian ganti dan handuk, menggunakan sepatu yang nyaman dan tahan air, membawa perlengkapan makanan dan minuman yang cukup, menghindari musim hujan, dan menjaga kebersihan.

Kesimpulan

Air Terjun Tiu Kelep adalah destinasi wisata yang menakjubkan di Lombok. Dengan sensasi angin berhembus yang terus menerus, pemandangan alam yang menakjubkan, dan kolam yang menyejukkan, tidak heran jika air terjun ini menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi saat berlibur ke Lombok. Jangan lupa untuk mengikuti tips dan menjaga kebersihan saat mengunjungi air terjun ini, sehingga tempat ini tetap indah dan alami untuk dinikmati oleh generasi mendatang.