Terkenal dengan 'Pulau Sejuta Pantai', Bangka juga layak disebut 'Pulau Seribu K...

Pha Kak Liang: Destinasi Wisata Unik di Pulau Bangka yang Layak Dikunjungi

Bangka, sebuah pulau yang terletak di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terkenal dengan julukan ‘Pulau Sejuta Pantai’. Namun, ada satu destinasi menarik di Bangka yang juga layak disebut ‘Pulau Seribu Kelenteng’, yaitu Pha Kak Liang. Pha Kak Liang merupakan kelenteng bergaya Tiongkok yang bertempat di atas lubang bekas tambang di Kecamatan Belinyu, Bangka Utara.

Salah satu daya tarik utama dari Pha Kak Liang adalah bentuk bangunannya yang unik. Kelenteng ini terdiri dari beberapa bangunan dengan arsitektur khas Tiongkok, yang berpadu harmonis dengan alam sekitarnya. Namun, yang membuat Pha Kak Liang menjadi unik adalah lokasinya yang terletak di atas lubang bekas galian tambang. Lubang-lubang galian tersebut menghasilkan perpaduan warna hijau, biru, atau campuran keduanya, yang menambah keindahan visual dari kelenteng ini. Pemandangan ini sangat sayang untuk dilewatkan saat mengunjungi Pulau Bangka.

Pha Kak Liang juga memiliki sejarah yang menarik. Kelenteng ini didirikan oleh masyarakat Tionghoa di Bangka pada tahun 1957 dan diresmikan oleh Raja Bangka pada tahun 1958. Kelenteng ini menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan bagi masyarakat Tionghoa di Bangka. Selain itu, Pha Kak Liang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Pulau Bangka.

Bagi para pengunjung, Pha Kak Liang menawarkan pengalaman yang unik dan berbeda. Selain dapat mengagumi keindahan arsitektur kelenteng, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar yang menakjubkan. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di sini antara lain berjalan-jalan di sekitar kelenteng untuk menikmati pemandangan dan foto-foto, berdoa atau meditasi di dalam kelenteng, serta menjelajahi lubang-lubang bekas tambang yang menarik. Lokasi kelenteng yang terletak di atas lubang bekas tambang memberikan pengalaman yang unik dan menarik bagi para pengunjung.

BACA JUGA :  Spot Tersembunyi Sejarah di Yogyakarta: Taman Sari dan Sumur Gumuling

Selain Pha Kak Liang, Pulau Bangka juga memiliki banyak destinasi wisata menarik lainnya. Pulau ini memiliki keindahan alam yang memukau, seperti pantai-pantai indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Beberapa pantai yang terkenal di Bangka antara lain Pantai Parai Tenggiri, Pantai Matras, Pantai Pasir Padi, dan masih banyak lagi. Selain itu, Bangka juga memiliki beberapa pulau kecil yang indah, seperti Pulau Lengkuas dan Pulau Penyusuk.

Untuk mencapai Pulau Bangka, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dari Jakarta atau beberapa kota besar lainnya menuju Bandara Depati Amir, yang terletak di Pangkal Pinang, ibu kota provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setelah itu, Anda dapat menggunakan transportasi darat untuk mencapai berbagai destinasi wisata di Pulau Bangka.

Untuk lebih memperkaya pengetahuan Anda tentang berbagai tempat wisata di Indonesia, Anda dapat mengunjungi website kami di https://liburdulu.com. Kami menyediakan berbagai informasi tentang destinasi wisata di Indonesia, tips perjalanan, dan berita terkini seputar pariwisata. Anda juga dapat mengikuti kami di media sosial kami, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube, untuk mendapatkan informasi terbaru dan inspirasi perjalanan.

FAQs:

1. Apa yang membuat Pha Kak Liang unik?
Pha Kak Liang memiliki bentuk bangunan yang unik dan terletak di atas lubang bekas tambang. Lubang-lubang bekas galian menghasilkan perpaduan warna hijau, biru, atau campuran keduanya, yang menambah keindahan visual dari kelenteng ini.

2. Apa kegiatan yang dapat dilakukan di Pha Kak Liang?
Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Pha Kak Liang antara lain berjalan-jalan di sekitar kelenteng untuk menikmati pemandangan dan foto-foto, berdoa atau meditasi di dalam kelenteng, serta menjelajahi lubang-lubang bekas tambang yang menarik.

BACA JUGA :  Nikmati Sensasi Mandi di Tengah Hutan dengan Aroma Bunga Kopi di Air Terjun Tancak

3. Apa pantai terkenal lainnya di Pulau Bangka?
Beberapa pantai terkenal di Pulau Bangka antara lain Pantai Parai Tenggiri, Pantai Matras, Pantai Pasir Padi, dan masih banyak lagi.

Conclusion:
Pha Kak Liang di Pulau Bangka adalah destinasi wisata menarik yang layak dikunjungi. Bangunan kelenteng yang unik, terletak di atas lubang bekas tambang, dan pemandangan alam yang indah membuat pengalaman di Pha Kak Liang menjadi berkesan. Selain itu, Pulau Bangka juga memiliki pantai-pantai indah dan pulau-pulau kecil yang menawan. Jika Anda mencari destinasi wisata yang berbeda di Indonesia, maka Pha Kak Liang dan Pulau Bangka adalah jawabannya.